fbpx

Cara Kerja Web Hosting untuk Optimalkan Website Bisnis Anda

Cara web hosting saat ini telah memberikan banyak manfaat terutama untuk pengembangan bisnis atau usaha di seluruh dunia secara digital.

Saat ini pelanggan lebih menyukai website yang sehat dan memberikan banyak informasi kepada mereka. Untuk meningkatkan performa website, Anda dapat mendaftarkan situs Anda ke jasa penyedia komputasi web.

Untuk memahami cara kerja hosting berbasis web ini, Anda dapat mengikuti penjelasannya pada berikut ini.

Mengenal Web Hosting

web hosting adalah

Pengertian Web hosting adalah perangkat yang tersambung dengan jaringan dan berfungsi untuk menyimpan serta menyajikan -data di website kepada pelanggan.

Komputasi web memiliki fungsi yang vital yakni menjaga agar server tetap aktif, mengamankan dari kemungkinan serangan cyber, dan memindahkan seluruh konten dari server ke website milik Anda.  

Fungsi web hosting lainnya adalah sebagai tempat penyimpanan data. Hosting akan membantu pemilik website untuk melakukan aktivitas transfer file pada FTP dan pusat data email.  

Alhasil pemilik website pun lebih memilih untuk menyewa jasa komputasi web daripada mengelolanya sendiri karena hasil kerja yang lebih optimal, aman, dan memuaskan.

Cara Kerja Web Hosting

Cara Kerja web hosting

Informasi di website bisa muncul karena bantuan hosting berbasis web ini. Berikut ini akan dijelaskan mengenai cara kerja web hosting dalam menghasilkan informasi kepada pelanggan.

  1. Di tahap awal, Anda perlu mendaftarkan website dan berlangganan kepada perusahaan hosting yang menyediakan space server yang cukup. Space server adalah server yang berfungsi untuk menyimpan seluruh data website Anda.
  2. Anda perlu membayarkan sejumlah biaya sewa kepada penyedia jasa komputasi web untuk mengoptimalkan pengelolaan website.
  3. Penyedia jasa hosting akan memberikan paket sesuai dengan kebutuhan Anda. Paket ini memungkinkan Anda untuk mengunggah file atau data ke server yang tersedia.
  4. Server kemudian akan menyimpan seluruh data tersebut untuk selanjutnya diberikan kepada pelanggan yang mengakses informasi pada situs Anda.
  5. Ketika pelanggan mengetikkan suatu alamat website, misalkan Anda, pada atau , internet akan mengirimkan permintaan akses tersebut kepada server hosting.

Kemudian server tersebut akan merespons dengan mengirimkan kembali data-data kepada pelanggan baik berbentuk teks, gambar maupun video sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga :  5 Teknik SEO yang Wajib Diperhatikan Untuk Tingkatkan Rangking Blog

Cara kerja web hosting di atas tidak akan terjadi jika bukan karena sejumlah fitur yang tersedia di hosting berbasis web ini.

Sejumlah fitur yang tersedia seperti jaringan internet berkecepatan tinggi dan mampu beroperasi selama 24 jam nonstop. Hal itu dapat mendukung kecepatan pelanggan mengakses website Anda.

Cara Menentukan Paket Web Hosting yang Tepat

paket web hosting

Untuk mendukung cara kerja komputasi web di atas, Anda perlu dengan tepat memilih paket web hosting. Terdapat beberapa pertanyaan yang perlu Anda renungi sebelum memilih paket tersebut.

  1. Apa tujuan situs web Anda? Apakah untuk berbisnis, web berita, atau tujuan lainnya?
  2. Seberapa cepat Anda ingin mengembangkan bisnis atau informasi produk Anda sampai ke pelanggan?
  3. Berapa besar control yang Anda butuhkan terhadap server?

Setelah Anda mengetahui jawaban tersebut, selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi seperti ruang penyimpanan, bandwidth, kontrol Anda terhadap server, dan besaran biaya yang Anda akan keluarkan saat memilih provider hosting.

Jika Anda tepat memilih paket komputasi web yang sesuai dengan kebutuhan website Anda, maka website Anda akan bekerja lebih optimal.

Untuk mengoptimalkan cara kerja web hosting, Anda dapat memilih paket web hosting yang tersedia di Dewabiz.com. Mumpung sedang banyak , yuk segera berlangganan!