fbpx

10+ Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan 2022

Menjalankan bisnis jadi alternatif pekerjaan saat ini. Terutama bagi orang-orang yang terdampak pandemi beberapa tahun terakhir. juga jadi salah satu bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan. Bahkan beberapa ide peluang bisnis online yang disarankan, tidak memerlukan modal yang besar saat pertama kali memulai. Sehingga memudahkan siapa saja untuk mencobanya.

Meski kondisi sudah berangsur nomal, ternyata banyak orang yang mulai nyaman dengan beraktivitas dari rumah, termasuk menjalankan bisnis. Ada banyak kemudahan yang bisa dirasakan, salah satunya mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk transportasi.

Kemudahan yang ditawarkan lewat bekerja dari rumah, membuat banyak orang ingin mencoba menjalankan usaha rumahan dengan hasil yang menjanjikan.

Peluang Bisnis Online di 2022

Apabila kita telusuri lebih jauh, sebenarnya ada banyak ide peluang bisnis online yang menjanjikan. Terutama untuk peluang bisnis di tahun 2022 ini. Kita tinggal memilih mana ide bisnis yang sesuai dengan keinginan.

Tentunya kita tidak bisa asal dalam memilih, apalagi ini menyangkut penghasilan dan masa depan. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, mulai dari modal, strategi bisnis, produksi dan lain-lain.

Untuk itu kami mencoba memberikan rekomendasi peluang bisnis yang mungkin saja sesuai dengan kebutuhan saat ini. Dengan rekomendasi yang kami berikan, semoga dapat memudahkan Anda dalam mengambil keputusan, juga membantu Anda menemukan peluang bisnis online yang tepat.

Ide Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan

Agar Anda tidak bingung dalam menemukan ide peluang bisnis online 2022, berikut kami rangkum beberapa ide peluang bisnis online yang bisa dicoba. Rekomendasi ini kami himpun berdasarkan pengamatan pribadi dan riset dari berbagai pelaku bisnis di Indonesia.

1. Menulis di Blog

Belum terlambat untuk menulis saat ini. Bahkan masih banyak orang yang meluangkan waktunya untuk membagikan tulisan mereka di blog. Justru ketika pandemi peminat dan pekerjaan untuk para blogger bisa dibilang meningkat, khususnya untuk perempuan dan mom blogger.

Layaknya di YouTube, tulisan di blog juga bisa dimonetisasi. Paling umum lewat penayangan iklan, seperti yang ditawarkan Google AdSense.

Selain itu kita juga bisa menerima partnership dengan brand tertentu untuk melakukan review atau liputan event. Namun tentunya kita harus membangun blog yang memiliki tulisan berkualitas terlebih dahulu, baru kemudian akan ada penawaran kerjasama.

2. Freelance Content Writer

Tulisan yang Anda baca saat ini merupakan contoh dari pekerjaan freelance content writer. Apabila Anda menguasai bidang tertentu dan mampu membuatnya menjadi tulisan yang menarik, Anda bisa memulai karir sebagai freelance content writer.

Baca Juga :  Apa itu Marketing? Pengertian dan Tugasnya

Ada banyak platform untuk freelancer yang bisa dipakai untuk menawarkan tulisan Anda.

Nantinya klien akan meminta Anda menulis sejumlah sesuai dengan keahlian Anda. Tulisan tersebut kemudian akan digunakan oleh klien untuk atau konten media sosial mereka lainnya.

Tulisan-tulisan yang sudah dibuat bisa dijadikan sebagai portfolio guna mendapatkan lebih banyak klien.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau program afiliasi merupakan strategi yang bisa memberikan Anda penghasilan tambahan. Bermodalkan media sosial yang Anda miliki, sudah cukup sebagai modal untuk melakukan bisnis ini. Anda bisa memilih produk yang sesuai dengan kesukaan atau kebutuhan Anda.

Anda juga bisa memasarkan produk seperti dan hosting dari DewaBiz jika menjalankan bisnis di bidang digital. Nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan dari setiap penjualan yang berhasil dilakukan. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin besar pendapatan Anda.

4. Desain Grafis

Maraknya penggunaan media sosial membuat banyak orang juga merasakan manfaatnya. Termasuk mendapatkan peluang bisnis bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis. Banyak influencer, artis dan brand yang membutuhkan jasa desain grafis untuk konten di media sosial mereka.

Tidak jarang sebuah perusahaan juga menawarkan pekerjaan tetap untuk seorang desainer grafis. Kalau sudah begitu, gaji yang diberikan tentunya juga lebih besar jika dibandingkan bekerja sendiri sebagai seorang freelancer.

Untuk permulaan, Anda bisa memamerkan karya Anda di media sosial pribadi. Lebih baik lagi jika mampu membangun akun publik agar semakin menarik perhatian klien.

5. Streamer di Platform Online

Saat ini live jadi salah satu konten yang paling banyak diminati. Tidak heran banyak konten kreator atau streamer yang terkenal dari platform tertentu, seperti YouTube dan Twitch.

Jika Anda memiliki kemampuan bermain game dan memiliki perangkat untuk live streaming, peluang ini bisa jadi bisnis online yang menjanjikan.

Selain mendapatkan reward dari jumlah views saat live streaming, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan lewat brand deals, penjualan voucher game dan lain-lain. Tidak harus memiliki perangkat yang mahal untuk memulai. Anda bisa menggunakan handphone untuk memulai karir sebagai seorang streamer.

6. Jasa Pembuatan Web atau Aplikasi

Selain desain grafis, jasa pembuatan website dan aplikasi juga sangat dibutuhkan saat ini. Bahkan ada banyak perusahaan dan startup yang membuka lowongan ini. Tentunya dengan besaran gaji yang menggiurkan, sesuai dengan level pekerjaan atau keahlian yang Anda miliki.

Selain itu ada banyak pula pegiat UMKM atau pengusaha di bidang tertentu yang memerlukan jasa ini. Jangan malu untuk menampilkan website atau aplikasi yang telah dibuat ke media sosial. Karena itu bisa jadi perantara Anda untuk bertemu dengan klien atau perusahaan impian.

7. Mengelola Media Sosial

Apabila Anda memiliki kemampuan mengelola media sosial, pekerjaan seperti strategist bisa jadi peluang bisnis online yang menjanjikan untuk dicoba. Lewat pekerjaan tersebut, Anda bisa menglola, merencanakan dan memproduksi konten untuk media sosial klien sesuai dengan kebutuhan yang telah ditentukan.

Baca Juga :  7 Cara Agar Instagram Bisnis Lebih Efektif

Anda juga bisa mengajukan ide konten atau strategi media sosial terbaru yang bisa dicoba oleh klien. Biasanya akan ada jenjang karir atau bonus tententu jika Anda bisa memberikan performa terbaik. Lebih dari itu, Anda juga bisa mendapatkan lebih banyak klien nantinya.

8. Penerjemah Bahasa

Memiliki kemampuan berbahasa asing sangat memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Contohnya dengan menjadi seorang penerjemah Bahasa. Bahkan jika Anda mengerti menggunakan bahasa isyarat, Anda bisa mencoba peluang sebagai penerjemah bahasa isyarat. Biasanya untuk membantu berkomunikasi dan berinteraksi dengan difabel.

Beberapa perusahaan, brand hingga media biasanya sangat memerlukan seorang penerjemah bahasa isyarat. Jika belum menguasainya, Anda bisa mempelajarinya dari sekarang.

9. Menawarkan Kursus Online

Jika Anda termasuk orang yang memiliki keinginan untuk mengajar, memiliki pengetahuan yang baik di pelajaran atau keahlian tertentu, cobalah untuk mempertimbangan kursus online.

Ada banyak platform baik di Indonesia maupun di luar negeri yang memungkinkan kita untuk membuka kelas online. Meski beberapa platform memberikan fasilitas kelas gratis, kita juga bisa membuat pelatihan atau kursus berbayar.

10. Content Creator TikTok

Ide dan kepercyaan diri yang tinggi bisa jadi modal untuk membangun bisnis. Contohnya dengan menjadi content creator di TikTok. Walau masih mendapat stigma yang kurang baik di kalangan pengguna, nyatanya masih orang yang menghabiskan banyak waktu mereka di aplikasi tersebut.

Tak jarang konten yang dibagikan lewat TikTok menjadi viral dan tersebar di berbagai media sosial yang lain.

Tidak melulu harus joget atau mengikuti tren yang ada di TikTok, selama konten yang kita buat memiliki nilai dan dianggap bermanfaat, maka orang akan dengan senang hati meramaikan konten tersebut. Efeknya Anda berpeluang untuk mendapat penghasilan dari membuat konten di TikTok.

11. Animator

Seperti desain grafis, keberadaan animator juga sangat dibutuhkan saat ini. Terutama di tengah konten-konten bebrbasis video yang kian digandrungi. Ada banyak media hingga brand perusahaan yang siap merekrut Anda yang memiliki keahlian di bidang ini.

Terutama bagi Anda yang mampu menyajikan konten-konten berbentuk iklan, menjadi sebuah konten yang menarik untuk dinimati oleh target market klien.

12. Voice Over Talent

Walau masih belum begitu dikenal, ternyata menurut sejumlah voice over talent yang ada di Indonesia, kebutuhan brand akan seorang pengisi suara sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang olah suaran, ini tentu bisa menjadi peluang yang sangat bagus.

Menurut yang sudah berpengalaman di bidang ini, suara kita bisa dibayar per kata. Bisa dibayangkan berapa banyak penghasilan yang bisa didapatkan.

Bagaiaman? Sudah menemukan ide bisnis online yang sesuai? Semoga saja sudah. Sebab semua ide yang telah dijelaskan tersebut masih sangat bisa jika Anda mulai sekarang. Tidak ada kata terlambat selama Anda mau berusaha, mencoba hingga menemukan bisnis atau pekerjaan yang paling sesuai dengan Anda.