fbpx

SSD Hosting VS Cloud Hosting, Apa Bedanya?

Dalam ranah , ada berbagai istilah yang kerap kali digunakan. Salah satu istilah yang cukup membuat banyak orang bertanya-tanya adalah hosting vs . Kedua istilah tersebut memang merupakan pilihan atau konfigurasi hosting yang kerap kali ditawarkan.

Bagi kamu yang masih belum mengetahuinya, tidak perlu khawatir. ini akan membahas kedua istilah tersebut. Jadi, simak sampai selesai ya!

Apa itu Hosting?

SSD hosting vs cloud hosting

Sebelum mulai melangkah lebih jauh, mari kita kenali dulu apa itu definisi dari hosting. Kata yang mengawali kedua istilah yang akan kita bahas. Bila kita lihat dari segi bahasa, kata ini berasal dari istilah “host” dalam bahasa Inggris yang berarti rumah atau tuan rumah.

Namun bila dalam konteks web, istilah ini memiliki makna dengan fungsi serupa. Hosting sendiri adalah sebuah layanan yang memungkinkan para pengguna dapat menjalankan sebuah situs web secara optimal.

Jadi,  hosting atau hosting web ini adalah sebuah rumah bagi para pengguna untuk menaruh berbagai data untuk situs web miliknya, sehingga dapat diakses oleh para pengunjung. Begitulah definisi singkatnya. Lalu apakah yang dimaksud dengan SSD hosting dan hosting? Mana yang lebih baik?

Perbedaan SSD Hosting dan Cloud Hosting

perbedaan SSD hosting dan cloud hosting

Setelah tadi Anda sudah memahami definisi sederhana dari hosting, sekarang kita membahas mengenai dua istilah yang kerap muncul dalam dunia hosting. Yaitu SSD hosting dan cloud hosting.

Sebenarnya, SSD hosting adalah sebuah atau hardware yang digunakan dalam menjalankan . Sementara cloud hosting adalah sistem dari operasional server yang menggunakan cloud. Jadi, cukup jelas ya, bahwa keduanya berbeda?

Baca Juga :  Cara Membuat Halaman Disclaimer Secara Mudah dan Cepat 

Biasanya kedua hal tersebut jadi paket yang diberikan para penyedia layanan hosting. Namun ada pula yang menyatukan kedua hal tersebut menjadi layanan “SSD Cloud Hosting”.

Keunggulan SSD Hosting 

Keunggulan SSD Hosting 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, SSD merupakan teknologi atau alat yang diaplikasikan pada perangkat server. Lalu apa keunggulannya?

1. Teknologi yang Lebih Baru

Dalam perangkat , SSD atau Solid State Drive adalah sebuah media penyimpanan dengan teknologi terbaru. Dari segi kecepatan dan durabilitas, alat yang satu ini jauh lebih baik daripada HDD atau harddisk yang menggunakan teknologi lama. Sehingga bila diterapkan dalam server maka kinerjanya lebih baik

2. Kecepatan dan Durability yang Lebih Baik

Kecepatan SSD pada server bisa 8 hingga 20 kali lebih cepat dari HDD. Ketika beroperasi, SSD juga tidak mengeluarkan panas dan lebih awet. Kelebihan-kelebihan ini membuat SSD hosting dapat membuat loading web lebih cepat dan stabil. Tak heran kalau harganya agak lebih mahal.

Kelebihan Cloud Hosting 

Kelebihan Cloud Hosting 

Secara sederhana, cloud hosting adalah sebuah hosting yang mengandalkan media penyimpanan berbasis atau cloud. Apa saja keunggulannya?

1. Lebih Praktis

Karena menggunakan sistem cloud, maka pengoperasiannya bisa berjalan dengan lebih praktis karena tidak menggunakan penyimpanan fisik lagi. Lalu, Anda bisa mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja. Bahkan hanya melalui smartphone. Anda juga bisa secara bebas mengatur segala kebutuhan web secara bebas.

2. Lebih Hemat

Karena sistemnya menggunakan cloud secara virtual ini, maka pengoperasiannya lebih hemat biaya. 

Itulah penjelasan mengenai penjelasan dari SSD hosting vs Cloud hosting. Memang ada banyak sekali istilah-istilah yang agak rumit dalam dunia hosting. Setidaknya Anda harus memahami berbagai istilah tersebut. Minimal mengenai hal-hal yang menjadi dasar.

Baca Juga :  5+ Cara Membuka Situs yang Diblokir di Laptop dan Smartphone

Anda ingin menggunakan layanan? Jangan ragu menggunakan layanan hosting terbaik dengan harga murah namun berkualitas dari DewaBiz.