10 Cara SEO WordPress Agar Bisa Page One di Google

10 Cara SEO WordPress Agar Bisa Page One di Google

Hai Bizzie apa kabar? Kali ini DewaBiz akan share cara SEO WordPress agar website bisa berada di halaman satu Google. Ada banyak sekali CMS, namun tak dapat dipungkiri bahwa yang paling standout yaitu WordPress! WordPress bisa dibilang merupakan rajanya CMS.

Kenapa sih WordPress begitu populer? Jawabannya karena CMS satu ini cocok untuk semua kalangan, baik untuk newbie ataupun kalangan mastah sekalipun.

Ya betul sekali, bahkan bagi pemula sekalipun, CMS WordPress sangat direkomendasikan. Bagi Anda yang baru membeli paket cloud hosting di DewaBiz dan ingin meng-install WordPress, Anda bisa membaca artikel Cara Instal WordPress Secara Singkat Dengan Menggunakan Softaculous.

Selain itu, WordPress ini juga sangat layak pakai untuk developer yang ingin membuat website profesional.  Bayangkan saja, website sekelas Forbes, Mashable, dan CNN masih menggunakan WordPress loh!

Nama WordPress memang sudah sangat populer, namun apakah WordPress ini recommended untuk SEO? Sudah jelas, jawabannya sangat recommended! Jika ingin website Anda nangkring di page one Google, ada baiknya memakai WordPress. Ada beberapa alasan mengapa WordPress sangat worth it untuk SEO.

WordPress memungkinkan penggunanya untuk melakukan optimasi website, khususnya dengan editor yang bisa dikostumisasi. Selain itu, pengguna juga bisa memasang berbagai plugin SEO. Nah agar semakin jelas, coba deh cek cara SEO WordPress di bawah ini!

 

Cara SEO WordPress Paling Efektif

Cara SEO WordPress Agar Bisa Page One di Google

Membuat website atau blog dengan WordPress memang bisa dibilang relatif mudah. Dengan bantuan plugin Elementor, siapapun bisa membuat website dengan mudah. Namun setelah membuat website, tugas Anda selanjutnya yaitu membawa website menuju puncak kemenangan yaitu ranking 1 di Google! Nah optimasi WordPress bukanlah perkara sederhana.

Baca juga: 7 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Situs Anda

Ada beberapa aspek dan tugas yang mesti Anda pahami agar website bisa teroptimasi dengan baik. SEO bukan hanya soal menumpuk kata kunci, spamming komentar, beli backlink tak berkualitas, dan lainnya. Oke langsung saja, berikut ini kami akan share beberapa cara SEO WordPress paling powerful!

Riset Kata Kunci

Cara SEO WordPress Agar Bisa Page One di Google

Cara SEO WordPress yang pertama yaitu riset kata kunci. Apapun CMS yang digunakan, teknik optimasi fundamental yang mesti dilakukan yaitu riset kata kunci. Bagi Bizzie yang belum paham, riset kata kunci berarti menemukan kata kunci yang paling tepat untuk optimasi website.

Riset kata kunci ini merupakan pondasi dari SEO-onpage (SEO didalam website) dan SEO-offpage (SEO diluar website). Untuk memudahkan Anda dalam melakukan keyword research, Anda bisa menggunakan bantuan tool.

Salah satu tool yang paling sering digunakan untuk riset kata kunci yaitu Google Keyword Planner. Tool riset kata kunci ini bisa Anda temukan di Google Ads. Selain Google Keyword Planner, ada beberapa tool lain yang bisa Anda manfaatkan KWFinder, Moz Keyword Explorer, Keyword.io, dan lainnya.

Nah setelah Anda mendapatkan kumpulan kata kunci yang Anda inginkan, maka langkah selanjutnya yaitu mengaplikasikannya di WordPress. Bagaimana caranya? Nah kata kunci mesti terdistribusikan di konten, halaman, postingan, tagline, heading, metadeskripsi, permalink, dan lainnya.

Pastikan bahwa Anda fokus dengan satu kata kunci utama di satu halaman. Jangan menumpuk beberapa kata kunci berbeda dalam satu halaman website.

Tentukan Domain Yang Tetap

Cara SEO WordPress selanjutnya memang terdengar simpel, namun efeknya sangat massive. Website bisa diakses lewat dua cara yaitu dibuka dengan awalan ‘www’ dan tanpa ‘www’ atau disebut juga dengan prefered domain. Misalnya Anda membuka website DewaBiz, bisa muncul https://www.dewabiz.com dan bisa juga muncul https://dewabiz.com.

Nah pastikan Anda setting prefered domain ini menjadi satu domain permanen saja. Redirect domain Anda menjadi satu domain, misalnya https://www.dewabiz.com. Ya betul sekali, akses dua jenis domain sangat buruk untuk SEO.

 

Gunakan Tema dan Plugin yang SEO-friendly

Cara SEO WordPress Agar Bisa Page One di Google

Meskipun pada dasarnya WordPress didesain dengan fitur-fitur yang dapat mendukung SEO, namun tetap saja Anda mesti memaksimalkannya dengan tema dan plugin yang SEO-friendly. Terkait tema website, pemilihan tema tak hanya memaksimalkan dalam hal desain, namun juga loading website.

Baca juga: 6 Plugin WordPress Gratis yang Wajib Anda Gunakan

Website dengan loading cepat sangat bagus untuk SEO. Anda bisa mengecek kecepatan website di Gtmetrix. Nah terkait pemilihan tema yang bagus untuk SEO WordPress bisa Anda cek kisi-kisinya di bawah ini:

  • Desain Responsif

Agar website lebih mudah mencapai page one, pastikan bahwa Anda memasang tema yang SEO-friendly. Pastikan tema website memiliki desain responsif, baik itu untuk layar desktop, mobile, tablet, dan lainnya. Jangan sampai Anda memilih tema yang berisikan kode-kode yang tidak responsif, karena sangat mengganggu untuk SEO.

  • Mendukung Micro-Data

Selain itu Anda ‘pun sebaiknya memilih tema yang mendukung micro-data. Micro-data disini berarti bahwa tema menggunakan Schema. Tema yang menggunakan markup Schema dapat mempermudah search eninge dalam memahami berbagai semantik yang ada didalam konten. Jadi sebaiknya Anda mencari tema yang responsif dan juga menggunakan Schema markup.

Memilih plugin WordPress untuk SEO itu susah-susah gampang. Dibilang susah karena ada banyak sekali plugin SEO di luar sana. Dibilang mudah karena sebenarnya Anda tidak memerlukan terlalu banyak plugin SEO untuk WordPress. Nah agar Anda tak salah pilih, Anda mesti cek beberapa tips berikut ini!

  • Pilih Plugin yang Mendukung SEO

Tentu untuk optimasi website, pastikan bahwa Anda memilih plugin yang memang didesain untuk SEO. Salah satu plugin SEO terpopuler yaitu Yoast SEO. Plugin WordPress satu ini menawarkan fungsi optimasi yang sangat lengkap dan detail. Dengan adanya Yoast, Anda bisa mengukur kadar SEO yang ada pada artikel sebelum dipublikasi.

Plugin lain yang bisa dipercaya untuk optimasi website yaitu All in One SEO Pack. Sesuai namanya, plugin satu ini menawarkan seperangkat fungsi yang lengkap. Beberapa fungsi keren dari All in One SEO Pack yaitu bisa mengatur open graph, meta tags, image sitemaps, XML sitemaps, dan lainnya. Selain itu, plugin satu ini support dengan WooCommerce, jadi wajib dimiliki bagi Anda yang punya website toko online.

  • Kompatibilitas

Meskipun Anda sudah mendapatkan plugin SEO paling powerful, namun jika tidak compatible dengan tema, maka sia-sia belaka! Jika tidak compatible, maka banyak error yang terjadi, baik itu dari .htaccess, robot.txt, sitemap, dan lainnya.

 

Elemen lain yang dapat menentukan SEO yaitu permalink. Struktur permalink merupakan format URL yang tampil di browser. Permalink menjadi SEO-friendly jika bisa dibaca dengan mudah oleh manusia dan juga crawler mesin pencari. Struktur permalink yang SEO-friendly memiliki bentuk /%postname% or /%category%/%postname%/.

Misalnya, struktur permalink yang SEO-friendly yaitu https://www.dewabiz.com/hosting/cloudvps. Struktur permalink yang tidak SEO-friendly misalnya seperti https://www.dewabiz.com/?p=N/. Selain itu, pastikan bahwa permalink berisikan kata kunci yang Anda bidik.

 

Blok Halaman Dengan Menggunakan Robots.txt

Cara SEO WordPress selanjutnya yaitu memblok halaman dengan robots.txt. Tak semua halaman yang ada pada website mesti di-crawling oleh search engine. Beberapa halaman yang tidak boleh di-crawling oleh spider yaitu halaman admin, tag, arsip, payment, dan lainnya. Selain itu halaman yang berpotensi menghasilkan duplikat konten juga mest diblok.

Nah disinilah robots.txt berperan. Anda bisa menambahkan halaman/URL tertentu pada robots.txt, untuk memastikan bahwa search engine tidak mengindeksnya. Sepanjang Anda tidak menyalahgunakannya, robots.txt ini sangat berguna untuk optimasi website.

 

Install Plugin Sitemap

Teknik lain yang bisa digunakan untuk optimasi SEO yaitu install plugin sitemap. Fungsinya sangat jelas yaitu agar search engine lebih mudah bagi Google untuk melakukan crawling data. Nah plugin terbaik untuk membuat sitemap yaitu Google XML.

 

Gunakan Plugin Caching

Agar performa website semakin maksimal, ada baiknya Anda ‘pun meng-install plugin caching. Nah plugin caching ini memiliki dua fungsi. Pertama yaitu membuat website WordPress Anda semakin kencang performanya. Kedua yaitu dapat menurunkan loading website. Ada banyak opsi plugin caching yang dapat Anda install di WordPress, salah satunya yait W3 Total Cache.

 

Gunakan CDN

Jika traffic website WordPress Anda sudah membludak, maka sudah saatnya Anda menggunakan CDN. CDN (Content Delivery Network) merupakan software yang dipasang di server hosting. Fungsinya yaitu untuk memaksimalkan pengiriman data dan memastikan bahwa konten terdistribusi di lokasi yang tepat dalam waktu yang cepat. CDN ini pada dasarnya merupakan sekumpulan server di seluruh dunia, dimana konten bisa terdistribusi lebih cepat dan tepat.

Baca juga: Cara Setting CloudFlare di WordPress

Ada banyak opsi CDN yang bisa Anda gunakan, dimana ada yang berbayar dan free. Nah salah satu CDN free yang bisa Anda gunakan yaitu CloudFlare. CloudFlare ini dapat melakukan caching keseluruhan website yang ada di server dan mentransfer data dalam kecepatan super kencang. Jadi pastikan Anda menerapkan cara SEO WordPress satu ini ya!

 

Blok Komentar Spam

Agar semakin SEO-friendly, pastikan Anda memblok komentar spam yang mengarah ke WordPress Anda. Komentar spam ini sangat buruk untuk WordPress. Pertama, komentar spam ini tidak berarti apap-apa untuk website dan mengganggu visitor. Kedua, jika komentar spam berisikan kata kunci yang diblok oleh search engine, maka website Anda ‘pun akan terkena imbasnya.

Jadi daripada WordPress Anda terkena penalti, pastikan Anda memblok komentar spam. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan meng-install plugin seperti Akismet, Cookies for Comments, dan Ultimate Nofollow.

 

Buat Konten yang SEO-friendly

Cara SEO WordPress Agar Bisa Page One di Google

Cara SEO WordPress terakhir dan yang paling penting yaitu buatlah konten yang SEO-friendly. Konten merupakan ‘senjata utama’ agar WordPress Anda bisa standout di mesin pencari. Nah DewaBiz akan membantu Anda dalam membuat konten yang SEO-friendly, langsung cek poin-poinnya di bawah ini!

  • Mulai Dengan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci sudah dibahas di awal, mari kita bahas lebih lanjut lagi. Jika Anda membuat konten tanpa riset kata kunci terlebih dahulu, maka hal tersebut sama saja seperti gambling. Anda bisa menggunakan beberapa tool riset kata kunci seperti yang dibahas sebelumnya untuk riset kata kunci.

  • Analisa Kata Kunci

Setelah Anda mendapatkan kata kunci yang akan ditargetkan, maka analisa lebih dalam. Coba masukan kata kunci di mesin pencari. Analisa oleh Anda artikel yang ada di halaman satu Google. Dengan menganalisa lebih jauh, Anda dapat mengetahui apa yang diinginkan Google.

  • Tentukan Panjang Artikel

Setelah Anda mengetahui model artikel yang disukai Google berdasarkan kata kunci tertentu, maka saatnya Anda menentukan panjang artikel. Anda bisa menggunakan tool seperti Semrush untuk mengetahui panjang artikel yang mesti dibuat.

  • Distribusi Kata Kunci

Setelah itu baru deh Anda bisa mulai membuat artikel. Nah pastikan kata kunci terdapat di bagian judul, paragraf pertama, heading 2 (opsional), dan ujung artikel. Untuk distribusi kata kunci didalam artikel, ada baiknya kadar kata kunci utama 1-1.5% dari total kata yang ada dalam artikel. Selain itu, kata kunci juga mesti dimasukan di gambar dan meta deskripsi.

  • Buat Artikel Original, Fresh, dan Enak Dibaca

Salah satu aspek terpenting dari pembuatan artikel SEO yaitu originalitas. Pastikan Anda membuat artikel yang original 100%. Selain itu sebaiknya Anda membuat artikel yang fresh, dalam artian Anda membuat artikel dengan tema dan gaya menulis yang fresh.

Untuk meningkatkan engagement dan menurunkan bounce rate, pastikan artikel enak dibaca. Jangan terlalu formal dan jangan terlalu kasual, pastikan seimbang ya!

 

Nah Bizzie, itulah beberapa cara SEO WordPress agar bisa page one di Google. Memang jika kita berbicara mengenai SEO, ada banyak sekali teknik yang mesti diterapkan. Anda tidak harus menjadi seorang ‘mastah SEO’ agar bisa mengaplikasikan beberapa cara SEO WordPress di atas. Jika Anda punya website WordPress dan ingin agar website Anda nangkring di page one Google, maka praktekan beberapa cara di atas!

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan beberapa poin di atas, kirim komentar Anda di bawah ini! Atau Anda punya cara SEO WordPress yang lebih joss? Share juga ya di kolom komentar!

 

Related Posts