7 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Situs Anda

7 Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Situs Anda

Ada banyak cara agar dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada situs Anda. Jumlah pengunjung pada situs tentunya cukup berpengaruh untuk meningkatkan nilai jual sebuah situs, baik itu digunakan untuk sebuah brand bisnis maupun personal.

Banyaknya pengunjung berpengaruh ketika situs kita tampil di mesin pencari yang populer seperti Google, Bing atau Yahoo. Kali ini kami akan memberikan 7 tips SEO untuk meningkatkan pengunjung situs Anda dengan mudah dan efisien dan tentunya bisa meningkatkan peluang tampil pada halaman mesin pencari yang akan berdampak pada kunjungan website.

Gunakan Plugin SEO

Bagi Anda yang menggunakan wordpress maka bisa menggunakan plugin SEO gratis seperti Yoast misalnya. Plugin SEO Yoast bisa membantu dalam melakukan beberapa hal seperti kontrol title, meta description, menetapkan keyword yang Anda, preview snippet dan masih banyak lagi.

Tutorial tentang plugin ini juga cukup banyak dapat Anda temukan agar semakin meningkatkan situs Anda menjadi lebih maksimal.

Memaksimalkan Gambar

Gambar merupakan hal yang perlu diperhatikan karena gambar bisa menjadi nilai tambah agar situs kita lebih menarik lagi. Resolusi gambar yang jelas tentunya bisa menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung, apalagi artikel yang kita buat berkaitan dengan gambar sebagai alat bantunya.

Akan tetapi, meski gambar yang kita gunakan berkualitas baik, namun jangan sampai menggunakan gambar yang terlalu berat, karena akan berpengaruh pada tampilan halaman yang akan memuat lebih lama. Untuk mengoptimasi gambar pada situs kita, bisa juga menggunakan plugin khusus seperti SEO Friendly Image.

Konten yang Menarik

Pengguna akan lebih tertarik jika mereka menemukan sebuah artikel atau konten yang berkualitas baik. Ini akan meningkatkan jumlah interaksi yang mengakibatkan semakin banyaknya orang yang membaca dan akan berdampak positif juga kepada hasil dari mesin pencari.

Isi konten yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami, singkat dan sederhana akan lebih nyaman untuk dibaca dan dipahami oleh para pengunjung.

Kata Kunci yang Tepat

Gunakan kata kunci di judul artikel. Penggunaan kata kunci akan mempengaruhi urutan konten di mesin pencari. Kata kunci yang digunakan pun harus yang tepat dan efisien.

Semakin banyak orang-orang yang mencari sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan, maka akan semakin besar kemungkinan website dikunjungi.

Anda juga dapat memanfaatkan tool seperti Keyword Planner untuk mengetahui kata kunci yang terkait pencarian yang paling sering dicari pengguna mesin pencari.

Gunakan Google Analytics

Google Analytics bisa Anda gunakan untuk menganalisa kinerja situs Anda secara detail. Informasi terkait dengan penunjung dan juga aktivitasnya pada situs Anda akan lebih mudah diketahui. Pasang kodenya pada website dan Anda akan melihat jumlah kunjungan, asal kunjungan, hingga halaman mana saja yang sering diakses oleh para pengguna.

Google Analytics juga menyediakan data mengenai kinerja Search Engine Optimization (SEO) situs Anda pada mesin pencarian Google.

Manfaatkan Meta Description

Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu Meta Description, yang merupakan deskripsi singkat tentang sebuah halaman yang biasanya kita tentukan pada pengaturan plugin SEO ketika ingin menerbitkan

Kami sangat merekomendasikan penggunaan deskripsi lengkap untuk menjelaskan suatu halaman. Namun ingat, deskripsi ini harus selalu relevan dengan konten yang Anda miliki. Semakin meta description konten Anda relevan & berkualitas, (ditandai dengan adanya kata kunci terkait), semakin besar kemungkinan website Anda ditampilkan pada peringkat pertama Google.

Plugin Social Sharing

Ketika pengunjung sudah berada di situs Anda terkadang mereka ingin membagikan artikel tersebut melalui media sosial. Nah, media sosial merupakan salah satu sumber potensial untuk menaikkan jumlah pengunjung situs Anda. Apalagi jika konten pada situs Anda dikemas dengan menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk memudahkan mereka dalam membagikan konten, Anda dapat menginstal plugin Social Sharing. WordPress menyediakan lebih dari 55 ribu plugin untuk memudahkan penggunanya menambahkan fitur tambahan di blog atau websitenya.

Dalam hal ini, salah satu plugin yang tersedia untuk sosial sharing adalah plugin Floating Social Bar.

Kesimpulan

Sebenarnya masih banyak sekali tips SEO untuk meningkatkan jumlah pengujung pada situs Anda. Anda bisa memanfaatkan beberapa tips yang sudah dibahas pada artikel ini.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mengembangkan situs yang lebih baik lagi kedepannya.  Jangan lupa subscribe blog Dewabiz untuk mendapatkan informasi terbaru tentang berbagai hal menarik lainnya.

Related Posts