fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEO

Inilah 5 Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Wiliam

Untuk bisa mendapatkan peringkat pertama di mesin pencarian Google diperlukan beberapa strategi SEO yang harus dilakukan. Selain membuat artikel berkualitas dan bermanfaat, ada banyak juga yang membutuhkan backlink.

Backlink menjadi salah satu hal penting untuk sebuah website, karena backlink akan memberitahu Google bahwa konten di dalam website adalah konten yang berkualitas dan relevan. Jika banyak situs yang memberikan tautan link, maka Google akan menampilkan website tersebut di halaman pertama mesin pencarian.

Dapat dikatakan, bahwa backlink mempunyai peran yang penting di dalam kesuksesan website atau blog milik Bizzie, baik itu di dalam hal posisi website pada mesin pencarian atau meningkatkan trafik. Dibawah ini akan dibahas mengenai contoh backlink berkualitas dan hal penting lainnya.

Apa Itu Backlink?

Backlink merupakan link yang dipasang pada website atau blog guna mengarah ke website atau blog Bizzie. Misalnya, website A adalah website Bizzie dan sedangkan website B adalah website orang lain. Selanjutnya website B akan memberikan tautan pada salah satu halaman di dalam website A.

Pada saat proses backlink terdapat pemberi dan penerima backlink. Bizzie adalah pemberi backlink, ketika meletakkan link di website ataupun blog orang lain. Sedangkan penerima backlink merupakan website ataupun blog yang mendapatkan link dari pihak pemberi backlink.

Semakin banyak link website lain yang mengarahkan pada website Bizzie. Maka dari itu, website yang Bizzie miliki akan semakin berkualitas.

Kriteria dan Contoh Backlink Berkualitas

Pada saat melakukan backlink, tentu Bizzie tidak sembarangan membuat tautan ke website lain. Karena Google tidak hanya sekedar menilai backlink dari kuantitas saja, tapi juga mempertimbangkan kualitas agar tidak merugikan di masing-masing website. Ada 6 kriteria dan contoh backlink berkualitas yang harus Bizzie pahami, yaitu :

1. Terindeks Google

Kriteria paling penting adalah website harus terindeks oleh Google. Bizzie harus membuat backlink pada website yang sudah terindeks oleh Google, karena jika tidak  backlink Bizzie akan menjadi suatu hal sia-sia.

Cara mudah untuk mengecek website sudah terindeks atau belum adalah mengetikkan  “site:namawebsite.com”. Apabila Google menampilkan halaman website, artinya website tersebut sudah terindeks oleh Google.

2. Trafik Website

Kamu juga harus mempertimbangkan jumlah trafik yang dihasilkan oleh sebuah website sebelum melakukan backlink.  Untuk mengetahui trafik sebuah website, ada beberapa tools yang bisa digunakan, seperti Alexa.

3. Mempunyai Otoritas yang Baik

Website yang ingin Bizzie gunakan untuk backlink juga harus mempunyai otoritas bagus. Karena website yang bagus biasanya memiliki kredibilitas yang baik pula. Untuk mengetahui otoritas website, Bizzie bisa menggunakan Small SEO Tools.

4. Kualitas Outbound Link

Kriteria dan contoh backlink berkualita berikutnya adalah kualitas outbound link. Outbound link merupakan link yang diberikan oleh website Bizzie menuju ke website lainnya yang dianggap terpercaya dan mempunyai otoritas baik. Selain itu, Outbound link juga menjadi hal yang perlu Bizzie perhatikan sebelum melakukan backlink.

5. Relevansi

Seperti diketahui sebelumnya, Bizzie harus mendapatkan backlink yang relevan agar mendapatkan dampak positif dari backlink tersebut. Untuk mengetahui website relevan dengan website, Bizzie bisa melihat berdasarkan konten produk atau jasa yang ditawarkan lewat kontak mereka hanya untuk bertanya beberapa hal penting mengenai website mereka.

Manfaat Menggunakan Backlink yang Berkualitas

Ada beberapa manfaat di saat Bizzie menggunakan backlink yang berkualitas, yaitu :

1. Menjaga Reputasi Website

Ketika seorang user melakukan pencarian di mesin pencarian, mereka akan memasukkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya Google juga akan menampilkan hasil pencarian di halaman website yang populer.

2. Meningkatkan Kredibilitas Website

Selain meningkatkan reputasi, Google juga akan menilai backlink di dalam website Bizzie berdasarkan dengan relevansinya. Backlink yang relevan merupakan backlink yang didapatkan dari website ataupun blog dari niche website relevan.

3. Google Menemukan Website Melalui Backlink

Pada saat melakukan crawling, Google akan lebih memprioritaskan website yang mempunyai banyak backlink untuk bisa ditampilkan pada halaman pencarian. Semakin banyak backlink yang Bizzie dapatkan, maka semakin mudah juga Google menemukan halaman website.

4. Meningkatkan Trafik Website

Backlink juga bisa membantu Bizzie di dalam meningkatkan jumlah trafik yang datang ke website. Terlebih, jika website yang memberikan backlink tersebut sudah mempunyai reputasi bagus di Google dan mempunyai banyak trafik.

5. Menciptakan Relationship

Manfaat berikutnya adalah menciptakan relationship dengan banyak pihak. Hal ini biasanya berawal dari mereka yang mulai bergabung dengan newsletter atau melakukan beberapa aksi di dalam website.

6. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu hal yang masih sering dilupakan oleh para pengguna jasa SEO adalah brand awareness. Dengan seringnya audiens membaca website, maka hal tersebut bisa meningkatkan brand awareness meskipun audience tidak langsung melakukan pembelian

Strategi Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Setelah memahami perihal kriteria dan contoh backlink berkualitas, maka untuk hal penting lain yang juga harus Bizzie pahami adalah strategi mendapatkannya. Ada beberapa strategi untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, yaitu :

●  Menempatkan backlink di website dengan nilai otoritas yang tinggi.

●  Menggunakan backlink dengan anchor text keyword yang sudah ditargetkan.

●  Menambah backlink dengan beberapa konten yang informatif.

●  Memantau sumber backlink dari pihak kompetitor.

●  Mencari sumber backlink dari letak geografis yang tidak sama atau berbeda.

●  Backlink dofollow dan nofollow.

●  Jangan menggunakan backlink generator atau sejenisnya.

●  Mereview atau membahas seseorang.

Sekian penjelasan mengenai beberapa hal penting mengenai kriteria dan contoh backlink berkualitas. Semoga informasi diatas bisa membantu, ya.

Baca Juga