6 Plugin WordPress Gratis yang Wajib Anda Gunakan

6 Plugin WordPress Gratis yang Wajib Anda Gunakan

Ketika Anda memiliki situs menggunakan wordpress bisa dikatakan memiliki keunggulan karena terdapat banyak sekali tersedia plugin gratis yang jumlahnya lebih dari 40.000 plugin dan bisa Anda gunakan secara gratis. Ada banyak kategori plugin wordpress yang dapat Anda temukan seperti dari SEO, widget, galeri, keamanan, cache dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu mengaplikasikan semua plugin tersebut pada website. Instal plugin wordpress sesuai dengan kebutuhan dan yang nyaman Anda gunakan. Biasanya, pengguna pemula memilih plugin yang sederhana dan banyak tutorialnya agar lebih mudah dipahami.

Plugin itu sendiri adalah sebuah aplikasi tambahan berfungsi untuk menambah fungsi dan fitur pada sebuah website WordPress. Karena pada awalnya sebuah website WordPress tampil hanya dengan fitur yang masih sangat sederhana. Maka dari itu, kita perlu menambahkan plugin untuk membuat situs yang kita kelola menjadi semakin banyak fiturnya.

Pada artikel ini, kami ingin memberikan informasi daftar plugin WordPress terbaik yang bisa Anda pasang ketika baru memulai website. Berikut 6 plugin wordpress gratis yang wajib anda gunakan agar website Anda lebih maksimal lagi.

Wordfence

Wordfence adalah sebuah plugin security atau keamanan pada wordpress dengan reputasi yang cukup baik dan banyak digunakan oleh pengguna. Wordfence menawarkan sebuah keamanan enterprise secara gratis dan juga sebuah memiliki mekanisme caching yang bisa membuat wordpress Anda menjadi 50 kali lebih cepat dibandingkan tidak menggunakan plugin ini. Wordfence juga akan memeriksa dan melindungi website Anda dari serangan virus dan malware serta menghilangkannya.

Jika ada upaya pembobolan situs kita, maka Anda akan menerima sebuah pesan notifikasi secara langsung melalui email Anda.

adalah salah satu plugin favorit untuk keamanan WordPress dan telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna.

Yoast SEO

Yoast SEO merupakan sebuah plugin WordPress yang paling populer terkait seputar SEO dan menurut kebanyakan pengguna sangat mudah untuk dimengerti karena Anda bisa mengelola blog atau website Anda selayaknya orang profesional dalam bidang SEO. Yoast SEO juga berfungsi agar kinerja situs Anda lebih maksimal.

Plugin ini juga menawarkan beberapa kemudahan untuk penerapan SEO dasar misalnya membuat sitemap XML, pemeriksaan keyword, pembuatan meta description website, dan membantu melakukan koreksi dan optimalisasi SEO agar artikel dan website Anda lebih baik lagi kinerjanya pada mesin pencarian.

Berikut cara setting Yoast SEO terbaik yang bisa Anda gunakan sebagai panduan.

W3 Total Cache

W3 Total Cache ini merupakan sebuah plugin WordPress yang banyak digunakan dalam mengelola cache. Pengguna plugin ini tercatat sudah lebih dari 1 juta instalasi yang aktif digunakan.

Kecepatan akses pada sebuah web merupakan salah satu hal terpenting untuk kenyamanan pengunjung. Nah, W3 Total Cache yang akan meringankan beban kinerja dan menjadikan website Anda lebih cepat.

Plugin ini populer digunakan karena bisa menghemat penggunaan bandwidth dengan melakukan minify cache, page cache, db cache dan browser chace sehingga membuat speed web Anda akan meningkat dengan cara menyederhanakan file pada web tersebut.

Contact Form 7

Contact Form 7 salah satu plugin yang populer dalam membuat contact form atau lebih dikenal sebagai formulir kontak. Menggunakan plugin ini Anda dapat menikmati berbagai jenis fungsi formulir isian yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda dengan mudah dan efektif.

Selain itu dapat terintegrasi dengan Google Mail, dan Anda bisa membuat formulir pemesanan, formulir pendaftaran, maupun formulir konfirmasi.

Plugin ini juga mendukung CAPTCHA dan Akismet untuk melakukan filter spam. Contact form 7 ini sudah digunakan lebih dari 5 juta website WordPress karena cukup mudah digunakan.

WP Social Sharing

Plugin WP Social Sharing merupakan plugin yang digunakan agar pengguna dapat membagikan artikel atau tulisan Anda pada sosial media. Aplikasi ini telah mendukung lebih dari 6 top sosial media dengan pengguna yang sangat banyak. Plugin ini dapat diinstal pada post, page, media dan custom page. Dan lebih menariknya lagi, Anda dapat menggunakan plugin ini secara gratis.

Media sosial menjadi salah satu media promosi yang baik agar website Anda semakin dikenal, apalagi konten atau berita yang ditawarkan menarik perhatian pengguna sosial media, maka akan semakin besar peluang website Anda dalam mendapatkan banyak kunjungan.

Disini WP Social Sharing mempermudah pengunjung web untuk membagikan konten melalui akun media sosial mereka hanya dengan klik tombol share di setiap postingan maupun halaman.

Proses instalasi plugin ini juga terbilang mudah dengan cara masuk ke halaman Dashboard WP dan mencari WP Social Sharing dan bisa langsung diinstal dengan mudah.

BackUpWordpress

Ketika memiliki sebuah situs yang besar maka permasalahan yang kerap terjadi adalah semakin banyaknya data yang akan kita lindungi. Biasanya dilakukan dengan cara Backup data website. Backup data merupakan salah satu hal penting karena jika website Anda mengalami sebuah kerusakan atau diretas, maka tampilan website dengan mudah bisa kembali seperti semula.

Plugin Backup WordPress melakukan backup secara berkala untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak Anda inginkan. Anda dapat menggunakan mode pengiriman data backup via email. Keunggulan lainnya pada plugin yaitu tidak banyak memakan resource pada hosting Anda.

Kesimpulan

Demikian rekomendasi kami tentang 6 plugin wordpress gratis yang bisa Anda gunakan. Semoga dengan artikel ini bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan performa website WordPress Anda.

Jangan lupa untuk berlangganan pada blog Dewabiz untuk mendapatkan tips & trik serta informasi terbaru tentang berbagai hal menarik lainnya.

Related Posts