fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

SEO

8 Cara Mendapatkan banyak Backlink Berkualitas untuk Website

Wiliam

Sebagai pemilik website, tentu saja Bizzie wajib tahu cara mendapatkan banyak backlink untuk memaksimalkan upaya SEO. Strategi backlink yang efektif bisa membantu Bizzie di dalam meningkatkan authority dan rangking website. Sehingga, bisa menghasilkan traffic organik yang lebih tinggi. Sayangnya, tidak semua backlink mempunyai nilai dan pengaruh sama.

Eits jangan cemas dulu, karena di kesempatan kali ini akan menjelaskan 10 cara mendapatkan banyak backlink. Bagi Bizzie yang penasaran, yuk langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Cara Mendapatkan Banyak Backlink Berkualitas

Sebagai berikut adalah cara mendapatkan banyak backlink yang bisa Bizzie lakukan :

1. Membuat Konten Unik dan Berkualitas

Salah satu teknik yang paling efektif di dalam link building adalah membuat aset atau konten yang sekiranya bisa dijadikan sebagai sumber rujukan orang lain. Konten berkualitas seperti ini biasanya akan menjaring banyak link organik dan sering dibagikan oleh pembaca. Ada beberapa jenis aset berkualitas yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan :

●      Tool online.

●      Panduan yang berguna.

●  Riset atau studi.

2. Menulis Panduan yang Lengkap dan Jelas

Konten panduan yang baik harus mempunyai panjang artikel yang cukup guna menjelaskan topik tertentu secara mendetail. Ketika menulis artikel panduan, coba Bizzie membahas topik yang tidak lekang oleh waktu.

Topik seperti ini akan terus relevan untuk jangka waktu yang lumayan lama. Sehingga, Bizzie bisa mempromosikan konten tanpa harus rutin melakukan update besar-besaran.

Setelah itu, cari keyword target di Google dan lakukan analisis pada artikel yang muncul dari kata kunci tersebut. Identifikasi strukturnya, keyword yang digunakan dan strategi optimasinya. Memanfaatkan informasi ini guna menulis artikel SEO friendly.

Bizzie juga harus melakukan promosi konten setelah membuatnya. Cari website lain di niche yang sama, lalu mencoba menghubunginya. Jelaskan, bagaimana artikel panduan Bizzie bisa membantu pembaca. Lalu, tawarkan untuk menaruh link yang akan mengarah ke website Bizzie.

Berikutnya, lakukan analisis terkait website apa saja yang menaruh ke link artikel lain. Lakukan penawaran artikel tutorial Bizzie sebagai pilihan alternatif yang lebih baik.

3. Menggunakan Infografik untuk Mendapatkan Banyak Backlink

Infografik merupakan representasi dalam bentuk visual. Konten ini juga perlu Bizzie pertimbangkan guna mendapatkan backlink berkualitas. Infografik yang unik ini juga bisa membuat artikel Bizzie lebih menarik dibandingkan milik kompetitor. Ada beberapa alasan penting lainnya untuk menggunakan infografik di dalam strategi konten Bizzie, yaitu :

●      Mudah dipahami.

●      Cenderung banyak dibagikan.

●  Mudah dibuat.

4. Menulis Testimoni atau Ulasan

Testimoni mempunyai peran penting di dalam membangun reputasi brand. Sebab, 95% pelanggan akan cenderung akan membaca review online terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu.

Tuliskan review berdasarkan dengan pengalaman Bizzie menggunakan suatu tool maupun produk. Nantinya, perusahaan pemiliknya yang mungkin akan membagikan konten Bizzie secara langsung di platformnya sebagai bukti sosial atau social proof.

Selain itu, Bizzie juga bisa memberi tahu pemilik tool atau produk tersebut kalau Bizzie mengelolanya. Lalu, meminta mereka membagikan postingan Bizzie dengan para audiens.

5. Membangun Link Melalui Konten Listicle

Konten listicle merupakan konten yang mencantumkan sejumlah produk maupun brand yang disusun di dalam daftar sebagai ulsan maupun rekomendasi. Cara mendapatkan banyak backlink berkualitas melalui konten listicle bisa dimulai dengan mencari konten yang tidak mencantumkan website Bizzie.

Gunakan operator pencarian Google untuk mempersempit hasil pencarian berdasarkan dengan target tertentu dengan menambahkan simbol minus guna mengecualikan brand dari hasil. Misalnya, kalau Bizzie mengetikkan “inspirasi desain website – behance”.

Maka, Google akan menampilkan semua hasil yang tidak menyertakan bhance di dalam daftarnya. Setelah itu, hubungi kreator konten tersebut dan minta agar mencantumkan website Bizzie di dalamnya.

Berikan alasan yang menjanjikan dan rasional, kenapa brand Bizzie layak untuk dimasukkan. Apabila brand atau website sudah mempunyai banyak audiens, tawarkan website yang menyebut brand Bizzie di dalam konten tapi belum menaruh link ke website tersebut.

6. Melakukan Link Gap Analysis

Selain membuat konten, menganalisa profil kompetitor juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan backlink berkualitas. Bizzie juga bisa melakukan identifikasi konten yang performanya baik dan sumber traffic mereka

7. Mulai Guest Blogging

Guest blogging adalah salah satu Cara mendapatkan banyak backlink berkualitas dengan cara menulis artikel untuk website lain. Bizzie juga bisa mencari website yang menawarkan kesempatan guest posting dengan istilah pencarian sederhana di Google menggunakan “keyword target + write for us”.

Kemudian, buka setiap halaman write for us yang ditampilkan di dalam hasil seeta baca aturan melakukan guest posting. Temukan informasi kontaknya dan kirimkan email yang berisikan perkenalan diri Bizzie.

Sebutkan ide artikel dan jelaskan manfaat yang akan dapatkan, ketika menerbitkan guest post milik Bizzie. Lakukan proses ini ke prospek lainnya supaya Bizzie banyak dikenal sebagai seorang ahli dan bisa mendapatkan backlink berkualitas.

8. Bergabung Di Beberapa Organisasi Bisnis

Bizzie bisa belajar dari para ahli dan mendapatkan insight penting guna megembangkan bisnis. Strategi ini juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan banyak backlink gratis, karena website semacam ini biasanya meneyrtakan link website anggotanya.

Apabila Bizzie mempunyai bisnis lokal, mulailah dengan cara mencari dan bergabung dengan organisasi atau komunitas di lingkungan sekitar. Lalu, minta administrator web untuk menyertakan website di halaman direktori mereka.

Nah, itulah dia 8 cara mendapatkan banyak backlink berkualitas yang harus Bizzie perhatikan. Semoga penjelasan diatas bisa membantu dan bermanfaat,ya!

Baca Juga