fbpx

Cara Riset Keyword Youtube Untuk Mendatangkan Banyak Viewers

Jika berbicara mengenai , maka cukup banyak media sosial yang dipakai oleh masyarakat dunia, khususnya Indonesia, salah satunya adalah . YouTube yang adalah salah satu produk dari ini memang sudah menawarkan platform video yang mempunyai pengguna lebih banyak jika dibandingkan yang lainnya. 

Ditambah lagi, ada banyak macam fitur menarik pun diberikan, salah satunya adalah ads, yang artinya, kreator video nantinya akan bisa mendapatkan pundi-pundi uang dari sana. Namun untuk bisa bisa memperoleh tingkatan terbaik dengan jumlah views puluhan ribu bahkan bisa sampai jutaan, maka diperlukan yang namanya riset  YouTube dengan baik dan benar. Lalau seperti apa cara riset keyword Youtube yang dimaksud? Berikut penjabarannya.

1. Menggunakan Website Pencari Keyword

Untuk cara riset keyword Youtube yang pertama yaitu dengan menggunakan pencari keyword. Saat ini, memakai keyword yang dicari oleh banyak orang untuk dijadikan topik video adalah solusi yang tepat. Untuk bisa memperoleh keyword yang tepat, Anda bisa menggunakan beberapa website pencari keyword yang tersedia secara gratis. 

Apa saja website tersebut? Ada yang disebut dengan dan Google Keyword Planner. Disini optimalkan kedua website itu untuk mencari keyword. Jika lebih senang membahas mengenai game, maka cari keyword tentang game. 

2. Buat Video Sesuai Dengan Tren yang Ada

Jika berbicara mengenai , ada satu hal penting yang harus diingat khususnya bagi para pemula, yaitu mengikuti tren yang ada. Tentunya dengan mengikuti tren yang sedang ada untuk dibuat menjadi video di dalam channel Anda, maka viewers bisa dipastikan nantinya akan jauh lebih banyak daripada video Anda yang lainnya. 

Untuk bisa mengetahui ada tren apa yang naik daun, maka ada dua cara yang bisa Anda pilih serta lakukan. Pertama, mengecek berita terbaru atau perkembangan isu di media sosial, dan yang kedua, bisa menggunakan Google Trend untuk lebih mudah dan lebih pasti dalam mencari tren yang sedang naik daun. Ini adalah cara riset keyword Youtube selanjutnya.

Baca Juga :  Cara Cek Backlink Kompetitor Secara Mudah!

3. Jangan Lupa Lengkapi Keyword di Beberapa Bagian

Pada saat ingin mengunggah video YouTube, maka Anda perlu melengkapi beberapa bagian ada video tersebut byang erfungsi secara sempurna. Baik itu dari judul, tags, bahkan sampai deskripsi video. Tentunya dari ketiga bagian itu, semuanya harus dimasukkan keyword yang Anda gunakan untuk topik video tersebut. 

Tentu saja dengan cara ini, maka video Anda dipastikan masuk ke dalam indeks dan memberikan peringkat di dalam seperti Google.

4. Sesuaikan Kata Kunci dengan Niche

Cara riset keyword Youtube selanjutnya yaitu dengan menyesuaikan kata kunci dengan niche yang dipilih. Dalam Youtube, niche disebut juga sebagai tema yang dipilih dalam pembuatan konten. Jadi sebelum membuat Youtube, maka Anda harus memikirkan seperti apa niche atau tema yang dikuasai terlebih dahulu.

Baca Juga Berikut : Apa itu Google Keyword Planner

Sebagai contoh jika Anda akan membuat niche tentang kecantikan, maka kata kunci yang bisa digunakan seputar review, tips, dan sebagainya. Sementara jika misalnya niche tentang wisata, maka kata kunci yang digunakan berhubungan dengan destinasi wisata. Inilah cara riset keyword Youtube lainnya.

5. Analisis Tren Terbaru

Cara riset keyword Youtube lainnya yaitu dengan menganalisis tren terbaru. Dengan menganalisis tren, maka ini nantinya akan bisa dijadikan referensi untuk bisa memperoleh banyak subcriber dan viewer. Biasanya dalam jangka waktu tertentu, video nomor satu yang trending dan seterusnya tentulah akan mengangkat tema sama.

Sebagai contoh mengenai kejadian yang menggemparkan, maka semua konten yang mengangkat tema itu pun nantinya akan berada di peringkat atas. Supaya nanti bisa melihat tren yang terjadi pada Youtube, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama dengan fitur autocomplete yang bisa dilihat di kolom pencarian, dan yang kedua dengan tab trends yang dibarengi dengan melihat Google trends.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Convertion Rate Untuk Hasil Maksimal

6. Memakai Fitur Autocomplete Youtube

Melakukan riset kata kunci Youtube sebenarnya tidak hanya bisa Anda lakukan lewat tools di atas. Namun juga bisa mendapatkannya secara natural dan gratis dari Youtube langsung yaitu dengan memanfaatkan sebuah fitur autocomplete.

Caranya adalah Anda bisa langsung mengetikan kata apapun ke dalam kolom pencarian Youtube. Kemuian Anda bisa langsung melihat hasil dari pencarian yang relevan dan paling sering dicari oleh audiens. Tentunya dari hasil tersebut, maka Anda akan bisa memilih keyword Youtube mana yang sekiranya akan di gunakan dan apa saja keyword turunannya.

7. Perhatikan Tag Kompetitor

Jika ingin memastikan lebih lanjut apakah kata kunci yang Anda temukan di judul dan deskripsi video kompetitor yaitu dengan kata kunci yang benar-benar mereka pakai, dimana sebenarnya Anda bisa melihat meta tag video tersebut. Meta tag ini pun tidak ditampilkan secara publik, sehingga ada langkah tertentu untuk melihatnya yaitu dengan melihat halaman HTML-nya.

Caranya, Anda hanya perlu membuka halaman video yang dipilih, kemudian silahkan klik kanan pada halaman tersebut lalu pilihlah view page source. Nanti, akan terbuka halaman yang didalamnya berisi kode HTML dari video tersebut. Lalu, di mana kata kuncinya?

Untuk menemukan kata kunci video tersebut, maka cukup menekan tombol ‘ctrl + f’ untuk windows dan “? + f” untuk Mac. Setelah itu, ketik keywords. Nantinya beberapa kata yang muncul di samping kata keywords itulah yang disebut dengan tag dari video tersebut.

Baca Juga Artikel Berikut : Panduan Cara Riset Keyword & Manfaatnya