fbpx

Inilah 5 Cara Riset Keyword yang Mudah

Memiliki dengan jumlah pengunjung yang banyak adalah keingan semua . Inilah 5 cara yang bisa dilakukan.

Melakukan riset merupakan salah satu langkah penting sebelum melakukan penulisan pada sebuah maupun blog. Selain itu, melakukan riset keyword juga mempunyai fungsi untuk menentukan apa saja kata kunci yang cocok untuk di gunakan pada saat akan menuliskan pada blog maupun website milikmu. 

Memilih kata kunci bukan menjadi hal yang mudah dan membutuhkan beberapa alat bantuan lainnya agar mendapatkan kata kunci yang sesuai dengan yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat. 

5 Cara Melakukan Riset Keyword 

Banyak dari kalian yang belum mengerti mengenai apa saja cara riset keyword secara mudah dan gratis. Pasti kamu semakin penasaran bukan apa saja cara riset keyword yang bisa kamu lakukan agar tulisan artikel pada blog atau website kamu mempunyai rangking teratas. 

1. Seach Volume 

Cara riset keyword yang pertama adalah kamu bisa melakukan dengan menggunakan search volume. Search Volume merupakan salah satu cara yang banyak digunakan oleh kalangan masyarakat. Pada saat kamu menggunakan volume pencarian maka kamu akan mendapatkan beberapa kata kunci yang banyak di cari melalui mesin pencarian di dalam kurun waktu tertentu. 

Selain itu, pada saat kamu menggunakan volume pencarian kata dengan menggunakan google maka kamu akan di tampilkan beberapa macam-macam keyword yang sedang banyak di cara pada satu bulan terakhir. 

2. Keyword Difficulty

Cara riset keyword yang kedua adalah kamu bisa menggunakan alat keyword diffuclty yang berguna untuk mencari tingkat kesulitan pada sebuah keywrod.

Pada saat kamu menggunakan keyword difficulity maka kamu akan diberikan tampilan yang menunjukkan tingkat dari kesulitan pada sebuah kata kunci. 

Baca Juga :  3 Tips Memilih Jasa Penulisan Artikel SEO Terbaik

Secara umumnya untuk keyword akan menggunakan skala 0-100 untuk memberikan nilai tingkat kesulitan dari sebuah keyword yang akan kamu gunakan. Sehingga pada saat jumlah kesulitan semakin tinggi maka kata kunci yang akan digunakan juga akan meraih posisi yang pertama dalam mesin pencarian google. 

Selain itu, tingkat kesulitan keyword juga memperlihatkan beberapa yang sedang dibutuhkan pada saat membuat sebuah artikel di bagian halaman pertama sebuah artikel. Semakin tinggi jumlah kesulitan maka juga akan menyebabkan semakin banyak pula backlink yang dibutuhkan pada beberapa halaman artikel yang sedang kamu buat. 

Baca Juga Artikel Berikut : Sudah Tahu Cara Setting YOAST SEO Terbaru? Ini Panduan Selengkapnya

3. Keywrod Suggestion 

Cara riset keyword yang ketiga adalah kamu bisa menggunakan keyword suggestion sebagai alat untuk membantu dalam pembuatan artikel pada blog maupun website. Keyword suggestion adalah alat untuk menampilkan beberapa saran kata kunci mempunyai kaitan dengan kata kunci yang sedang di cari oleh banyak orang. 

Contohnya pada saat kamu akan membuat tulisan artikel mengenai membuat roti maka akan muncul beberapa keyword yang juga berhubungan dengan cara membuat roti dan juga cara membuat roti secara mudah. 

Pada umumnya pada saat menggunakan layanan keyword tool akan memberikan kamu berbagai bentuk saran long tail.Untuk kamu yang belum mengerti apa itu long tail keywrod. Mari kita langsung saja bahas secara lebih detail agar kamu tidak penasaran lagi. 

Longtail merupakan kata kunci mengandung kurang lebih ada tiga kata atau lebih. Selain itu, pada fitur keyword suggestion kamu juga dapat menemukan banyak long tail keyword yang cocok untuk penulisan artikel. 

Untuk kamu yang menggunakan long tail keyword akan menarik pengunjung sebanyak 70 persen pencarian yang menggunakan mesin pencarian google. 

Baca Juga :  Manfaat SEO secara Umum untuk Blogger Pemula

4. Search Engine Result Page 

Cara riset keyword yang keempat adalah kamu bisa menggunakan bantuan alat dari result page. Pada saat kamu menggunakan search engine result page akan menunjukkan beberapa halaman-halaman yang menduduki pada peringkat paling atas berdasarkan dengan pencarian keyword menggunakan mesin pencarian google. 

Selain itu, ada beberapa fungsi yang kamu dapatkan pada saat menggunakan search engine result page yaitu kamu bisa melihat seperti apa dari kualitas halaman-halaman. Tentunya untuk halaman yang di tunjukkan pada search engin result page ini yang merupakan halaman pencarian yang mempunyai peringkat paling atas dari mesin pencarian google. 

5. Menetapkan Goal 

Sebelum melakukan riset hal paling penting dalam cara riset keyword adalah kamu perlu menetapkan apa goal dari tulisan yang kamu buat pada website maupun blog. Pada tahap yang satu ini kamu harus memahami dengan tujuan dari pembuatan tulisan artikel kamu agar tidak merasa kesulitan pada saat mencari kata kunci. 

Sehingga pada saat kamu menggunakan kata kunci yang sesuai dengan tujuan dari artikel pasti akan mendapatkan hasil meningkat terhadap jumlah visitor. Selain itu, untuk kamu yang akan melakukan riset pencarian kata kunci yang baik dan benar maka juga akan mendapatkan calon pembeli dengan potensial lebih tinggi. 

Cara riset keyword juga bisa kamu lakukan secara gratis maupun berbayar dan saat ini juga banyak perusahaan yang menawarkan beberapa alat untuk melakukan riset. 

Sekian informasi mengenai cara riset keyword dan semoga dapat membantu kamu dalam menuliskan sebuah artikel pada blog maupun website. 

Baca Juga Artikel Berikut : 6 Cara Memanfaatkan Optimasi SEO Off Page untuk Website Usaha