fbpx

Panduan Cara Riset Keyword & Manfaatnya

Memilih kata kunci yang tepat adalah penting karena mempengaruhi kinerja atau Anda dalam hasil pencarian. Setiap penulis blog atau situs web perlu mengetahui apa yang dicari orang di untuk menemukan kata kunci yang tepat untuk blog atau situs web mereka.

Anda harus mengetahui cara & manfaatnya. Selanjutnya, katakanlah Anda telah menemukan kata kunci populer yang terkait dengan blog Anda. Anda juga perlu mengetahui peta persaingan kata kunci tersebut. Betapa sulitnya berada di baris pertama hasil pencarian .

mana yang berada di halaman pertama hasil pencarian. Artikel yang Anda tulis harus muncul di halaman pertama hasil pencarian untuk menarik lebih banyak pembaca. Penelitian menunjukkan bahwa 75 persen pencari hanya membuka artikel di halaman pertama hasil pencarian.

Lebih bagusnya lagi, artikel Anda menempati urutan pertama hasil pencarian Google karena artikel di urutan pertama mendapat 30 persen klik. Sedangkan artikel kedua mendapat 15 persen klik dan artikel ketiga mendapat 10 persen .

Cara Riset Keyword

1. Volume pencarian

Metrik pertama mewakili volume pencarian Saat melakukan penelitian, Anda perlu melihat berapa banyak orang yang menggunakan kata kunci tersebut. Biasanya, jumlah volume pencarian yang ditampilkan di alat penelitian kata kunci sesuai dengan jumlah pencarian per bulan.

2. Kata Kunci

Metrik ini menunjukkan tingkat kesulitan kata kunci yang ada di halaman pertama hasil pencarian. Semakin tinggi nilai KD, semakin sulit untuk bersaing di halaman satu Google. Biasanya diberi nilai 1-100.Metrik ini harus sangat berhati-hati, pastikan tingkat kesulitan kata kunci Anda rendah.

Baca Juga :  Kenapa Hosting Diperlukan? Ini Penjelasannya

 Kecuali situs Anda sudah memiliki otoritas tinggi, Anda dapat menargetkan kata kunci KD tinggi. Biasanya, semakin tinggi KD, semakin besar volume pencarian. Bagi Anda yang baru membangun , minimal targetkan kata kunci dengan KD di bawah 20 dalam skala 1-100.

3. Saran kata kunci

Metrik ini menunjukkan saran kata kunci dari kata kunci teratas yang Anda targetkan. Secara umum, metrik ini memberikan saran kata kunci ekor panjang yang relevan dengan kata kunci yang Anda targetkan.

Kata kunci ekor panjang adalah kata kunci yang mengandung setidaknya tiga kata atau lebih. Anda dapat membuat saran kata kunci untuk judul konten Anda. Menggunakan kata kunci ekor panjang berpotensi menarik lebih banyak pengunjung.

Saran kata kunci juga bisa disebut sebagai variasi kata kunci yang dapat Anda gunakan dalam konten artikel Anda. Menggunakan kata kunci ekor panjang/variasi kata kunci dalam konten sangat disarankan karena berpotensi menarik lebih banyak pengunjung.

4. Halaman hasil mesin pencari

Fitur SERP untuk menampilkan dan menampilkan halaman yang menempati halaman satu hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang Anda teliti. Metrik ini sangat berguna untuk melihat siapa yang ada di halaman satu Google.

Baca Juga : Apa itu Google Keyword Planner

Manfaat Riset Keyword

Keuntungan melakukan riset kata kunci terlebih dahulu adalah :

  1. Dapat dengan mudah menemukan ide konten terlebih dahulu. Jika kita menemukan kata kunci yang tepat, itu bisa menjadi konten yang menarik karena menjadi trending.
  2. Melalui riset kita akan mengetahui apa yang sedang trending, sehingga secara otomatis kita akan mengetahui pola yang akan menjadi trend selanjutnya. Langkah ini tentunya akan membuat seluruh pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan terencana.
  3. Ketiga, melalui penelitian, SEO atau penulis dapat menemukan kata kunci populer untuk menentukan peringkat situs web atau blog mereka di bagian atas halaman pencarian Google. Langkah ini juga akan menarik banyak pengunjung dan mempromosikan iklan di situs.
Baca Juga :  23 Frasa Yang Bisa Meningkatkan Follower di Facebook

Selain itu juga dapat berdampak pada peningkatan . Manfaat terakhir adalah sebagai penulis website atau blog menjadi penulis yang bisa memenuhi semua kebutuhan pembaca. Itulah panduan cara riset keyword & manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu SEO? Pengertian , Manfaat dan Cara Kerja