Black Friday 2020 Didepan Mata, Apa Yang Perlu Dipersiapkan?

Black Friday 2020 Didepan Mata, Apa Yang Perlu Dipersiapkan?

Ah, Black Friday 2020 sebentar lagi nih! Kira-kira apa ya, yang perlu dipersiapkan menjelang hari besar shopping ini! Nah kali ini DewaBiz akan berbagi beberapa tips menjelang Black Friday. Jangan sampai Anda kurang persiapan!

Selain Harbolnas, Black Friday juga sangat ditunggu-tunggu oleh para crazy shopper di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Saat Black Friday, shopper bisa menemukan promo dan diskon gila-gilaan. Itulah mengapa hari belanja online satu ini sangat dinanti-nanti kedatangannya.

 

Sekilas Tentang Black Friday 2020

Black Friday 2020 Didepan Mata, Apa Yang Perlu Dipersiapkan

Apa itu Black Friday? Mengapa Black Friday begitu famous?

Nah Bizzie, Black Friday ini merupakan nama lain dari hari Jumat setelah Thanksgiving Day. Sebelum muncul istilah Black Friday, khususnya pada era 50an, orang-orang sering mengalami sakit setelah Thanksgiving.

Itulah mengapa setiap Jumat setelah Thansgiving sering diadakan berbagai aksi amal, khususnya toko-toko pada masa itu.

Baca juga: 8 Strategi Bisnis Startup di Masa Pandemi Covid-19

Awal mula kemunculan istilah Black Friday bisa dilacak pada tahun 1966. Majalah kolektor bernama The American Philatelist sering mempublikasikan tentang cerita Black Friday.

Selain itu, kepolisian Amerika juga sering mendeskripsikan Black Friday sebagai keadaan kacau saat belanja di toko bawah tanah. Lama-lama, istilah Black Friday menjadi umum dipakai, khususnya hari Jumat setelah Thanksgiving.

 

Apa Yang Perlu Dipersiapkan Menjelang Black Friday 2020?

Bau-bau Black Friday 2020 sudah mulai tercium. Jika Anda ingin shopping ala crazy rich Surabayan namun dengan budget minimalis, maka manfaatkanlah Black Friday 2020! Untuk memastikan bahwa Anda bisa untung berkali-kali lipat saat Black Friday 2020, pastikan Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini!

  • Buat Wishlist

Saat Black Friday, Anda bisa menemukan banyak sekali promo dan diskon. Nah agar shopping saat Black Friday tepat sasaran, pastikan Anda membuat wishlist dari sekarang! Ya, Anda mesti membuat daftar barang belanjaan apa yang mesti dibeli.

Agar lebih mudah, buat wishlist berdasarkan kategori. Misalnya untuk kategori barang elektronik, Anda bisa menentukan beberapa produk seperti smartphone, mouse, earphone, dan lainnya. Anda bahkan bisa mengerucutkan pilihan dengan menentukan brand-brand tertentu.

Dengan adanya wishlist ini, Anda akan terhindar dari belanja secara random. Selain kemungkinan salah beli itu tinggi, belanja random juga membutuhkan waktu yang lama. Ujung-ujungnya Black Friday 2020 sudah selesai, namun semua kebutuhan Anda belum terpenuhi.

 

  • Siapkan Budget

Pernahkah Anda merasa kesal karena budget Anda pas-pasan saat hari shopping?

Harapan belanja dalam jumlah banyak, mesti sirna karena saldo di rekening sangat terbatas. Nah jangan sampai Anda mengalami hal itu ya Bizzie!

Sebelum Black Friday tiba, ada baiknya Bizzie lebih strict dengan pengeluaran. Jika sebelumnya pengeluaran bulanan Anda bisa menghabiskan 80% dari total pendapatan bulanan, maka sebaiknya kurangi.

Jadi dengan kata lain, Anda sebaiknya menabung sebagai bekal persiapan menjelang Black Friday.

Dengan budget belanja yang cukup atau bahkan lebih, Anda bisa shopping dengan nyaman saat Black Friday.

Jika hari-hari biasa Anda hanya bisa membeli 1-3 barang saja perminggu, pada pada saat Black Friday, Anda bisa mendapatkan puluhan barang dengan total biaya yang sangat rendah.

Jadi ingat ya Bizzie, sebelum Black Friday tiba, nabung dulu!

 

  • Selau Update dan Terbuka Dengan Berbagai Kabar

Salah satu alasan mengapa Anda tidak pernah menemukan promo dan diskon 90% saat Black Friday yaitu karena Anda ‘kudet’ alias kurang update.

Padahal jika Anda selalu update dengan berbagai kabar, menemukan promo atau diskon gila-gilaan sangatlah mudah.

Makanya jangan kudet, coba deh Anda simak terus berbagai kabar di pelbagai platform. Jangan malas-malas untuk cek media sosial, website, atau marketplace.

Jika Anda rajin mengikuti berbagai brand, Anda bisa selangkah lebih maju dibanding mereka yang kudet.  

 

  • Riset

Anda mau dapat produk yang Anda inginkan sekaligus dengan diskon besar? Yes, Anda mesti melakukan riset terlebih dahulu. Tak perlu ‘lah Anda riset layaknya seorang profesor. Anda hanya perlu fokus pada beberapa hal.

Satu hal yang paling mudah yaitu iklan. Coba Anda ikuti dan bandingkan beberapa iklan dengan tema Black Friday. Tentu setiap brand menawarkan promo atau diskon yang berbeda, meskipun produknya sama.

Semakin awal Anda melakukan riset, maka semakin besar ‘gunung emas’ Anda dapatkan saat Black Friday! Baca dan analisa semua iklan yang ada. Bahkan meskipun jika iklan tersebut berasal dari brand yang kurang terkenal.

Bahkan jika ada waktu, Anda bisa riset langsung ke toko. Tak jarang harga di toko lebih rendah, dibanding harga yang ada di toko online.

 

  • Belanja Lebih Awal!

Secara formal, Black Friday ini berlangsung hanya sehari saja. Namun dalam konteks online shopping, Black Friday 2020 bisa berjalan hingga lebih dari seminggu.

Ya betul selali, kebanyakan brand, online shop, atau marketplace memulai kampanye Black Friday ini jauh-jauh hari sebelum hari Jumat keempat di bulan November.

Memang promo dan diskon paling besar terjadi pas hari Jumat. Namun tak ada salahnya kok Anda mulai belanja lebih awal. Mengapa? Paling make sense yaitu agar Anda tidak kehabisan stok barang.

Menjelang Black Friday, ribuan bahkan jutaan orang sudah mulai shopping. Jadi agar Anda bisa menemukan barang yang Anda inginkan, pastikan Anda shopping lebih awal ya!

 

Nah Bizzie, itulah beberapa hal yang mesti Anda persiapkan sebelum Black Friday 2020. Pastikan Anda membawa banyak barang murah saat Black Friday! Tak lupa kami juga mengingatkan pada Anda untuk selalu up-to-date dengan berbagai kabar dari DewaBiz. Ya betul sekali, Anda akan menemukan berbagai promo dan diskon dari DewaBiz saat Black Friday. Jadi tetap bersama DewaBiz ya Bizzie!

Related Posts