fbpx

Cara Mengatasi Gambar di Web Yang Tidak Muncul

Cara mengatasi gambar tidak muncul di harus anda ketahui agar tidak kebingungan. Seringkali anda sudah menghabiskan banyak waktu untuk upload gambar, namun gambar tersebut tidak muncul pada web. Juga ditambah dengan tampilan yang tidak menarik, kerap membuat anda merasa kesal bukan? 

Tak perlu khawatir karena kami akan memberikan beberapa penjelasan tentang penyebab dan cara untuk mengatasinya. Jangan sampai lewatkan untuk membaca beberapa penjelasan ini agar anda dapat memahami dengan jelas. 

Beberapa penyebab gambar tidak muncuk di web 

  1. Kesalahan nama folder
  2. Kesalahan penulisan ekstensi 
  3. File gambar  
  4. Kendala loading gambar 
  5. Kesalahan nama file 
  6. Kendala database website 
  7. Kendala server down 

Cara mengatasi gambar tidak muncul di web 

Beberapa penyebab yang telah disebutkan tersebut, dapat ditangani dengan : 

Kesalahan nama folder gambar pada kode HTML 

Penyebab gambar yang tidak muncul pada web salah satunya adalah kesalahan dalam menuliskan nama folder gambar di kode HTML. Kesalahan tersebut ternyata dapat membuat server tidak mampu menemukan gambar sesuai keinginan anda. 

Cara mengatasi gambar tidak muncul di web akibat kesalahan nama folder tersebut yakni melakukan pengecekan nama folder gambar yang tidak muncul pada kode HTML. 

Pada umumnya, nama folder tersebut terletak di bagian kiri nama file, misalnya saja “images” : 

 

Apabila nama folder anda telah terkoreksi, anda dapat kembali ke halaman web yang tidak dapat memunculkan gambar anda. 

Kesalahan penulisan ekstensi 

Penyebab berikutnya adalah penulisan ekstensi yang salah pada kode HTML. Misalnya saja gambar yang anda pasang pada website menggunakan format PNG namun pada kode justru tertulis format JPG. Cara mengatasi gambar tidak muncul di web dengan kasus tersebut yakni anda perlu memperhatikan adanya huruf kecil dan kapital pada nama file yang sebelumnya telah diunggah. 

Baca Juga :  Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis

Gambar tidak dapat ditampilkan apabila anda menuliskan format jpg, namun yang tertulis pada file adalah JPG. Sebaiknya anda menggunakan huruf kecil saat melakukan penamaan file. Hal tersebut akan memudahkan anda dan tidak perlu mengecek ekstensi kembali saat membuat file HTML. 

File gambar error 

Penyebab gambar tidak muncul pada website salah satunya adalah karena file gambar yang error. Cara mengatasi gambar tidak muncul di web akibat gambar yang error adalah menghapus file – file yang ada didalamnya melalui CMS atau Content Management System milih anda dan melakukan pengunggahan kembali. 

Pada terdapat versi lain dari kendala yang mana akan muncul pesan HTTP error di area gambar yang telah hilang. Anda perlu mengakses serta mencoba untuk memastikan pengaturan URL Images pada wp-admin dan mengarahkan kepada folder yang sudah benar. 

Baca Juga Berikut : 5 Tips Cara Memilih Hosting Terbaik Untuk Website

Kesalahan penulisan nama file pada gambar 

Saat melakukan pengecekan nama folder di kode HTML, anda dapat memastikan kembali nama file gambar sudah benar. Apabila pengerjaan tersebut salah, akan berakibat tidak munculnya gambar pada website. Misalnya saja anda memberi nama “makan-gratis.png” namun yang akan tertulis pada kode adalah “makan-geratis.png”, hal tersebut tentu akan membuat gambar tidak muncul.

Cara mengatasi gambar tidak muncul di web akibat kesalahan penulisan adalah lebih berhati – hati ketika akan menuliskan nama file gambar anda pada folder. 

Masalah ketika menampilkan halaman web 

Penyebab gambar tidak muncul pada web berikutnya adalah karena loading halaman, kesalahan ketika server sedang mengirimkan beberapa file halaman website dari browser. Cara mengatasi gambar tidak muncul di web akibat permasalahan tersebut adalah merefresh halaman website yang tidak muncul gambarnya. Atau anda dapat menghubungi penyedia hosting yang sedang anda gunakan. 

Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Disk Space Usage Full

Masalah pada database website 

Database merupakan sebuah tempat yang dapat menyimpan berbagai informasi, termasuk adanya gambar dalam website. Apabila database error, gambar tersebut tentu tidak dapat ditampilkan dengan baik. Errornya database disebabkan oleh CMS menggunakan login database berbeda yang telah diatur pada panel kontrol hosting. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengecek login database website dalam panel kontrol. 

Hosting file embed down 

Pada umumnya, CMS menawarkan fitur embed gambar. Menggunakan fitur tersebut, gambar yang disimpan pada platform lainnya dapat ditampilkan di website halaman melalui url. Langkah tersebut terbilang cukup efisien dikarenakan selain terdapat pilihan gambar yang dapat banyak ditampilkan, anda tidak perlu repot menyimpan terlebih dahulu pada server anda. 

Cara Mudah Atasi Gambar Yang Tidak Muncul Pada Web 

Seringkali anda merasa kesal apabila gambar tidak muncul pada web. Inilah cara singkat yang dapat anda lakukan jika mendapati beberapa penyebab : 

  1. Kesalahan nama file – lakukan koreksi nama file 
  2. Kesalahan ekstensi file – lakukan koreksi penulisan pada ekstensi file 
  3. Kesalahan nama folder – lakukan koreksi nama folder 
  4. Database yang bermasalah – pastikan bahwa CMS telah menggunakan login database dengan benar 
  5. File gambar error – hapus dan upload ulang file 
  6. Kendala loading website – lakukan refresh pada halaman website 
  7. Hosting eksternal down – simpan gambar pada server hosting milik pribadi. 

Beberapa penyebab dan cara mengatasi gambar tidak muncul di web sangat mudah bukan? anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu meminta bantuan dari orang lain. Namun apabila server hosting pada gambar anda sedang down, anda harus menunggu adanya perbaikan. 

Hal tersebut menjadi alasan mengapa anda perlu menyimpan gambar pada server hosting milik anda pribadi. Alangkah lebih baiknya, jika memilih hosting dengan uptime yang servernya tinggi untuk membuat risiko server down serta gambar yang tidak muncul pada website

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Hosting Web di cPanel yang Paling Mudah