fbpx

8 Perbedaan HTTP dan HTTPS, Simak Ini Secara Lengkap! 

Tahukah Anda bahwa sebuah memiliki dua jenis awalan alamat yang berbeda? Benar sekali! dan . Lalu, apa perbedaan HTTP dan HTTPS? Jangan bingung dan pusing dulu karena nyata perbedaan itu mudah untuk dimengerti dan dipahami siapapun, termasuk Anda. 

Perbedaan HTTP dan HTTPS terdengar sangat sederhana bukan? Seperti mata yang melihat bahwa perbedaannya hanya huruf S. Lalu, perbedaan HTTP dan HTTPS sebenarnya apa? Sebelum beranjak terlalu jauh tentu perbedaan ini sangat perlu untuk diketahui karena dampaknya pun akan sangat mempengaruhi keamanan pada website tersebut. 

Inilah 8 Perbedaan HTTP dan HTTPS

1. Perbedaan dari Segi Pengertian

Perbedaan HTTP dan HTTPS pertama terletak pada pengertian atau penjelasan dari keduanya terlebih dahulu. Dimana jika HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yaitu sebuah protokol yang digunakan untuk implementasi ke salah satu protokol internet. 

Sedangkan HTTP yang merupakan kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure merupakan hasil pengembangan dari versi HTTP sebelumnya, dimana HTTPS akan lebih mempunyai fungsi keamanan yang ketat. Dengan begitu, para client akan merasa aman dalam mengakses berbagai konten web. 

2. Perbedaan dari Penggunaan Port

Perbedaan HTTP dan HTTPS selanjutnya dapat dilihat dari penggunaan port guna mengirim dan menerima data. Dimana jika HTTP menggunakan port jenis 80 yang akan menghasilkan komunikasi data masih menggunakan teks biasa, otomatis rentan akan terjadinya peretasan. 

Berbeda halnya dengan HTTPS yang sudah menggunakan jenis port 443. Port 443 ini bekerja dengan lebih aman, dimana setiap komunikasi yang dihasilkan data sudah terenkripsi, otomatis hal itu tidak mudah dibaca oleh pihak lain yang akan merugikan. 

Baca Juga :  Anti DDoS Protection

3. Perbedaan dari Segi Keamanan Data

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama bahwa perbedaan HTTP dan HTTPS juga terletak pada keamanan data. Dimana jika HTTPS menggunakan tiga prosedur keamanan data yang bisa Anda temukan yaitu enkripsi data, integrasi data dan autentikasi server nya yang tidak ditemukan pada protokol HTTP. 

Setiap prosedur keamanan tersebut mempunyai fungsinya masing – masing, dimana jika enkripsi data berguna untuk menjaga data dari adanya kejahatan penyadapan dan pencurian selama transfer data sedang berlangsung. Integritas data berfungsi untuk menjaga atau pembungkus dari transfer data, sehingga data tidak dapat diubah. Terakhir, ada autentikasi server yang berfungsi untuk memastikan menggunakan untuk komunikasi pada yang benar. 

4. Perbedaan dari Segi Sertifikat

Perbedaan HTTP dan HTTPS selanjutnya dapat dilihat dari segi sertifikat atau keamanan SSL. Dimana HTTP belum memanfaatkan adanya sertifikat keamanan SSL. Sedangkan HTTPS sudah menggunakan SSL untuk enkripsi data pada website tersebut. 

Hal ini berguna untuk menjaga keamanan sebuah website, dimana jika adanya permintaan data dari web server, maka pesan akan diacak. Dengan begitu, data akan terbaca baik hanya pada website yang mempunyai kunci enkripsi yaitu SSL ini. Biasanya Anda dapat menemukan perbedaan HTTP dan HTTPS segi keamanan melalui adanya tanda gembok hijau pada bar di browser. 

Baca Juga Artikel Berikut : Perbedaan Unmetered Hosting Dengan Unlimited Hosting

5. Perbedaan dari Segi Awalan 

Jika sudah mengerti secara keseluruhan bagaimana perbedaan HTTP dan HTTPS, maka yang paling sederhana dapat dilihat perbedaannya yaitu awalan alamat tersebut. Ini merupakan cara paling gampang untuk mengetahui apakah website tersebut aman atau tidak yaitu dengan awalan alamat yang sudah jelas terbaca dan terlihat. Jika HTTP menggunakan HTTP itu sendiri, dan HTTPS menggunakan HTTPS itu sendiri dengan huruf S sebagai Secure yang berarti keamanan. 

6. Perbedaan dari Segi Pengaruh SEO

Perbedaan HTTP dan HTTPS selanjutnya dapat Anda temukan pada pengaruh keamanan tersebut pada SEO ( Optimization). Dimana pada ketentuan atau aturan yang berlaku menyebutkan bahwa website harus menggunakan keamanan HTTPS mulai sejak 2014 silam. 

Baca Juga :  Apa itu CloudFlare? Fungsi dan Cara Kerjanya

Maka dari itu, tentu jika website tidak menggunakan atau memenuhi aturannya akan berdampak buruk pada kelangsungan yang telah ditetapkan ketentuannya. Ini merupakan aturan baru yang sudah ada sejak tahun 2014 dan memang sebelumnya bisa hanya menggunakan HTTP. 

7. Perbedaan dari Segi Pengguna

Dalam segi pengguna akan berkaitan dengan keamanan data, dimana data pengunjung yang sudah menggunakan HTTPS akan lebih aman website yang menggunakan HTTPS. Hal itu akan berpengaruh juga pada kepercayaan pengunjung, serta profesional pengguna website dalam mengelola website tersebut terutama pada yang harus sudah menggunakan protokol keamanan HTTPS.

8. Perbedaan dari Segi Loading

Dapat dikatakan dengan jelas dan dirasakan bagi Anda yang memasuki website dengan dua sistem protokol keamanan berbeda. Hal itu akan memberikan dampak pada perbedaan HTTP dan HTTPS yaitu website yang menggunakan HTTPS akan lebih cepat loading dibanding pada website HTTP.

Penggunaan HTTPS sebagai sertifikat keamanan website tentu akan memberikan manfaat atau keuntungan yang banyak bagi penggunanya, diantaranya :

  1. Pengamanan data pengunjung yang lebih aman, akan memberikan pemberitahuan atau notifikasi kepada pengunjung apakah alamat website tersebut aman atau tidak. Jadi, buat Anda yang sudah beralih ke HTTPS tidak perlu khawatir lagi.
  2. Bermanfaat untuk meningkatkan dwell time pada website, hal ini akan berkaitan langsung pada salah satu metrik yang digunakan pada SEO. Sehingga, akan mempengaruhi pada popularitas pencarian Google.

Itulah beberapa informasi mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang dapat Anda ketahui. Gunakan secara bijak, dan perhatikan selalu protokol jaringannya karena hal itu akan memberikan dampak yang luar biasa di kemudian hari. Jika, menemukan dan belum yakin. Jangan melakukan! Hentikan sampai disitu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga Artikel Berikut : Perbedaan Hosting, Server dan Domain Serta Peranannya