fbpx

Cara Mengatasi Bug yang Terjadi Pada Aplikasi dalam Perangkat Android

Cara mengatasi bug yang terjadi pada android sangatlah penting khususnya untuk kalangan developer.  Akan tetapi menghapus sebuah bug malah kerap memunculkan bug lainnya. Tetapi perlu Anda ketahui masih terdapat bermacam solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi bug tersebut. Adapun istilah bug sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Tentunya bug bukan berarti serangga ataupun kumbang.

Akan tetapi istilah bug terbilang lebih kompleks serta dapat menyebabkan sebuah hal buruk pada perangkat lunak ataupun perangkat keras milik Anda. Adapun bug merupakan kesalahan kecil yang dapat kita temukan pada serta hardware. Keberadaan bug tersebut bisa memicu terjadinya eror pada sistem. mudahnya yaitu bug merupakan sebab sementara eror adalah akibatnya. Kalau bug dibiarkan begitu saja maka nantinya berpengaruh terhadap hardware ataupun softwarenya.

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Bug yang Mudah Anda Lakukan

Agar eror dalam aplikasi tidak akan menyebabkan kerusakan pada Android maka Anda perlu mempersiapkan langkah awal. Adapun langkah awal tersebut adalah dengan cara mengatasi bug yang pada dasarnya sangatlah penting. Berikut ini terdapat rangkuman sejumlah solusi yang terbilang mudah agar bisa menjadikan apk android hasil pengembangan Anda menjadi tanpa adanya bug serta cenderung user friendly.

Sebagai informasi terdapat banyak cara mengatasi bug yang bisa Anda pilih agar bisa menghapus bug itu pada suatu software dalam aplikasi. Akan tetapi ada beberapa cara terbaik yang kemungkinan besar paling efektif di antara banyaknya langkah yang lain. Bahkan cara tersebut tak akan menimbulkan permasalahan saat proses memperbaiki serta mencari bug yang ada itu. Adapun cara-cara yang dimaksud antara lain:

Baca Juga :  Cara Mudah Top Up Isi Saldo PayPal Lewat Situs ViaPayPal.id

1. Menelusuri semua script

Cara mengatasi bug pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menelusuri seluruh script. Sebagai informasi, permasalahan bug sebesar 70 % disebabkan karena adanya script yang terbilang tidak lengkap. Atau penyebab lainnya adalah ada script yang salah dalam penempatannya. Akan tetapi melakukan penelusuran terhadap script yang eror biasanya memakan waktu lama bahkan sampai beberapa hari ke depan.

Supaya tak membuang-buang waktu, Anda dapat melakukan pencarian aplikasi agar bisa menscan script yang ada pada aplikasi Android tersebut. Biasanya kesalahan tersebut meliputi kesalahan pada logika, kesalahan dalam penulisan sintax sampai kesalahan ketika run time. Agar menghindar dari permasalahan lebih serius, Anda perlu menerapkan cara mengatasi bug satu ini.

Baca Juga Berikut : 5+ Image Hosting Untuk Menghemat Space Website

2. Memperbaiki kode yang salah atau script

Berikutnya dalam cara mengatasi bug adalah melakukan perbaikan terhadap script ataupun kode yang sudah salah. Usai melakukan scan serta script penyebab adanya bug ditemukan otomatis tepat di bagian itu dapat Anda hapus kemudian diperbaiki. Sesudah mencoba untuk melakukan testing berikutnya cari tahu lebih dahulu apakah bug masihlah muncul. Apabila bug masih saja muncul, maka besar kemungkinan permasalahan itu terjadi bukan lantaran kesalahan pada script.

Adapun kemungkinan lainnya yaitu adanya script yang tertiban ataupun tak terbaca. Karena itulah cara mengatasi bug Anda dapat mencari tahu di bagian mana tepatnya script saling bersinggungan sampai menyebabkan adanya loop . Apabila permasalahan yang timbul yaitu bug baru, maka besar kemungkinan masih terdapat script ataupun kode yang tak terbaca. Solusi permasalahan tersebut yaitu dapat dengan cara melakukan scan kembali.

3. Bertanya dalam sebuah forum

Apabila masalah belum juga terselesaikan, cara mengatasi bug selanjutnya adalah coba untuk bertanya dalam forum. Umumnya ada sejumlah developer serta programmer yang mempunyai kendala serupa. Akan tetapi mereka sudah berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut. Kalau solusi yang sudah mereka berikan ternyata berhasil janganlah lupa memberikan kredit yang berbentuk ucapan terimakasih.

Baca Juga :  Alasan Mengapa Anda Wajib Membeli PS5

Adapun ucapan terimakasih tersebut bisa dengan cara memberikan reputasi terhadap forum tersebut. Cara ucapan terimakasih lainnya yaitu memberikan bentuk reward lain yang terasa cukup pantas.

4. Memperbaiki lewat Debugger

Cara mengatasi bug yang keempat adalah Anda dapat memperbaikinya dengan debugger. Sebagai informasi, debugger merupakan aplikasi khusus yang nantinya memungkinkan programmer guna menghentikan adanya eksekusi program pada baris tertentu atau dibilang breakpoint, lalu memeriksa nilai yang berasal dari variabel atau objek dan kemudian melanjutkan eksekusi tepat di baris per baris. 

Dengan demikian debugger menjadi solusi paling tepat guna menentukan di mana letak penyebab permasalahan serta secara langsung menyelesaikan masalah itu berdasarkan kebutuhan diri Anda. Apabila memang permasalahan sudah selesai menggunakan debugger, pastikanlah agar melakukan pengecekan secara berulang. Hal ini bertujuan guna memastikan ada atau tidaknya permasalahan baru yang ada dalam aplikasi android.

5. Menggunakan jasa aplikasi development

Apabila empat langkah sebelumnya masih belum dapat menyelesaikan permasalahan Anda, mungkin saja ada banyak terjadi kontradiksi terhadap script yang ada di aplikasi itu. Karena itulah Anda memerlukan team developer yang sudah berpengalaman serta mampu fokus dalam hal perbaikan aplikasinya.

Adapun bug sendiri bisa terjadi karena beberapa hal yang sudah dilakukan oleh pengembang. Misalnya saja karena adanya tahap pengerjaan yang terbilang tergesa-gesa. Sebagai informasi, pembuatan suatu perangkat informasi biasanya memerlukan waktu yang tergolong panjang. Sebab perangkat-perangkat itu tak dapat dibuat secara instan serta memerlukan tahapan tertentu yang pada dasarnya berkesinambungan antara satu dengan lainnya.

Itulah beberapa cara mengatasi bug yang tepat di antara langkah lainnya dan dapat Anda terapkan secara langsung. Gunakan cara tersebut agar menghilangkan permasalahan berupa bug dalam sebuah aplikasi.

Baca Juga Artikel Berikut : Perbedaan Hosting, Server dan Domain Serta Peranannya