fbpx

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website

Istilah mungkin tidak begitu familiar di kalangan masyarakat . Istilah ini hanya akan dipahami bagi Anda yang memang sudah menggeluti dunia website sejak lama. Bagi yang baru saja menjajal dunia website atau , nampaknya masih bingung mengenai istilah backlink. 

Para pemilik website diwajibkan untuk menerapkan backlink di website atau blognya. Dikarenakan backlink memang sangat penting jika berkenaan dengan suatu website maupun blog. Apa saja kegunaan backlink akan dibahas dalam ini.

Backlink sering kali dibahas dalam artikel SEO. backlink adalah sebuah yang menuju suatu situs website atau blog. Biasanya orang menyebutnya dengan istilah link building atau lebih dikenal dengan .

Ketika Anda hendak menaruh link website orang lain pada halaman web, maka disebut sebagai pemberi backlink. Sebaliknya jika Anda hendak menerima link dari situs website orang lain, maka akan disebut sebagai penerima backlink. 

Jika sudah memahami pengertian backlink, maka Anda juga harus mengetahui mengapa backlink begitu penting dalam suatu website atau blog. Backlink sangat memegang kunci kesuksesan website atau blog yang dimiliki.

Lalu, apa saja manfaat backlink? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Website Dapat Ditemukan Oleh Google

Backlink sangat penting dikarenakan dengan adanya backlink membuat dapat menemukan alamat website atau blog Anda dengan mudah. Biasanya menemukan halaman web sesuai dengan keyword yang diketikkan pengguna.

Google memanfaatkan backlink untuk menemukan halaman website, melakukan crawling, dan masuk ke dalam indeks google. Jika Anda memiliki backlink pada halaman website maka, situs tersebut dapat ditemukan google dengan cepat. Begitupun sebaliknya.

Baca Juga :  Cara Agar Viewers Website Semakin Meningkat

2. Menjaga Reputasi Website di Google

Biasanya mesin pencari akan menampilkan halaman terbaik dengan pembaca paling banyak di bagian atas pencarian. Google selalu mengarahkan pengguna untuk menampilkan halaman website yang familiar sesuai dengan kata kunci.

Dalam hal ini indikator halaman terpopuler yang digunakan google adalah backlink. Semakin banyak backlink yang ada di website Anda, maka akan semakin sering google mengarahkan pengguna ke web Anda. Tentunya hal ini akan menaikkan reputasi website.

3. Meningkatkan Kredibilitas Website

Google tidak hanya memberikan penilaian backlink dari segi kuantitas, namun juga dari segi relevansi. Maksudnya, backlink harus didapatkan dari suatu website yang benar-benar relevan alias tidak diragukan lagi kepercayaannya.

Jadi, jika Anda hendak meningkatkan kepercayaan website, maka harus ada kesesuaian antara backlink dengan nice-nya. Contoh, perusahaan laptop dapat dikatakan memiliki backlink yang relevan jika nice-nya berkaitan dengan teknologi.

4. Mendatangkan Trafik Website

Halaman suatu website dapat memiliki rating yang tinggi jika mempunyai backlink dengan kualitas yang baik. Biasanya google akan merating halaman website untuk mengetahui sejauh mana rangkingnya di hasil mesin pencarian.

Selain dari google, biasanya para pemilik juga akan mendapatkan trafik dari link yang ditanam. Jadi jika website pembeli memiliki reputasi yang bagus, maka akan semakin tinggi trafik yang didapatkan. 

Backlink yang memiliki kualitas baik memang tidak mudah untuk didapatkan. Meskipun begitu, terdapat beberapa cara atau trik untuk mendapatkan backlink yang berkualitas. Apa saja caranya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Bangun Kredibilitas

Pertama, untuk mendapatkan backlink berkualitas yang harus dilakukan adalah dengan membangun kepercayaan. Kredibilitas memang menjadi tolak ukur untuk mendapatkan backlink yang baik.

Biasanya website dengan backlink yang memiliki kualitas baik hanya akan memberi backlink ke sesame website yang berkualitas baik pula. Dikarenakan ini soal kredibilitas atau kepercayaan yang baik dimiliki antar website.

Baca Juga :  Cara Menghapus Email di HP untuk Menambahkan Memori Penyimpanan Internal

2. Tulis Konten Lengkap dan Solutif

Kedua untuk mendapatkan backlink berkualitas selanjutnya adalah dengan menulis konten yang lengkap dan solutif. Jika Anda menulis konten yang disukai oleh publik maka sudah semestinya web tersebut mendapatkan kredibilitas yang baik.

Konten yang lengkap akan lebih banyak mendapatkan viewers karena dapat menjawab pertanyaan dari pengguna. Namun selain lengkap, konten juga harus menyediakan tulisan yang solutif. Dengan begitu para pembaca akan menemukan solusi dari masalah yang dialami.

Jika website memiliki konten yang lengkap dan sesuai dengan keinginan pembaca. Maka link artikel Anda akan dibagikan ke sesama pembaca yang mempunyai masalah yang sama. Dengan begitu kredibilitas dapat meningkat seiring bagusnya konten yang dibuat.

3. Buat Konten yang Unik

Usahakan Anda juga membuat konten yang unik untuk menarik para pembaca berkunjung ke halaman website Anda. Jika konten yang dibuat unik, maka akan banyak orang yang membagikan konten tersebut.

Selain itu konten yang unik juga akan membuat pembaca tidak ragu untuk menanamkan link ke website atau blog tersebut. Maka dari itu carilah ide yang bagus. Kemudian buat konten menarik, akan lebih baik jika konten belum pernah dibuat orang sebelumnya. 

4. Buat Infografik

Terkadang pengunjung malas untuk membaca tulisan website yang panjang lebar. Terlebih sekarang para pencari informasi lebih menyukai membaca tulisan menggunakan handphone. Guna mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan infografik.

Infografik membantu orang-orang supaya tertarik membaca artikel yang dibuat. Selain itu infografik juga singkat dibaca dan mudah dipahami. Jadi dengan cara ini akan membuat website Anda lebih bagus dan mendapatkan backlink berkualitas. 

Itulah beberapa cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas, tentunya Anda harus membuat halaman website Anda menarik terlebih dahulu. Dikarenakan backlink berkualitas hanya akan didapatkan jika website tersebut benar-benar berkualitas. Selamat mencoba!

1 komentar untuk “Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Untuk Website”

Komentar ditutup.