fbpx

Cara Membuat VPS Windows Gratis di Google Cloud

Jika Anda merasa perlu menggunakan , maka salah satu provider ternama yang menyediakan layanan VPS gratis yang dapat Anda pilih adalah . Itulah sebabnya mengapa informasi mengenai cara membuat VPS Windows gratis di Google berikut layak untuk Anda coba. 

Pasalnya, selain karena Google tepercaya, Anda juga akan mendapat banyak manfaat dari fitur yang ditawarkan. Namun, sebelum melangkah lebih jauh untuk mengenal cara membuat VPS Windows sendiri secara gratis di Google Cloud, Anda harus pastikan memiliki kartu kredit yang aktif. 

Pasalnya, untuk proses registrasi Anda harus mengisi metode pembayarannya.  Dalam hal ini Anda hanya harus membayar apabila sudah membeli paket layanan saja. Ingin tahu bagaimana cara membuat VPS Windows gratis? Simak informasinya berikut ini.

Cara Membuat VPS Windows Secara Gratis di Google Cloud

Simak langkah-langkah berikut untuk pembuatan VPS Windows gratis di Google Cloud.

  1. Silahkan masuk ke akun Google Anda terlebih dahulu agar memudahkan Anda dalam melakukan registrasi untuk layanan dari perusahaan ini.
  2. Langkah berikutnya adalah kunjungi resmi Google Cloud dari Anda atau silahkan klik link ini untuk memudahkan Anda.
  3. Setelah itu Anda akan masuk ke halaman pertama dari Informasi Akun. Agar Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, maka Anda harus mengisi dengan benar semua informasi yang ada. 

Informasi tersebut antara lain negara asal dan jenis perusahaan atau proyek Anda. Pastikan bahwa Anda mencentang bagian Terms of Service agar dapat melanjutkan ke tombol “Continue”.

Cara Membuat VPS Windows
  1. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman 2 dari Informasi Akun tadi. Di halaman ini Anda wajib mengisi seperti alamat lengkap dan kartu kredit. Setelah semua terisi dengan benar maka Anda dapat melanjutkan dengan menekan tombol “Start My Free Trial”.
  1. Perlu Anda ketahui bahwa Google akan mendebit dana sebesar $1 untuk proses di atas, namun satu hari kemudian dana tersebut akan dikembalikan ke akun Anda.
  2. Setelah proses registrasi VPS Windows murah Anda selesai maka Google akan membuat Project untuk Anda
  3. Klik pada garis tiga yang ada di sebelah kiri atas layar lalu pilih menu “Compute Engine”
Cara membuat VPS Windows gratis
  1. Lanjutkan dengan dengan memilih menu “VM Instances”. Anda akan melihat halaman Compute Engine API. Klik tombol “Enable” maka akan muncul tampilan berikut:
Baca Juga :  Apa Itu Web Server dan Bagaimana Cara Kerjanya
Cara setup VPS
  1. Klik pada tombol “Create Instances” di bagian bawah kemudian pilih konfigurasi untuk VPS Anda. Berikut contoh yang dapat Anda ikuti:

Nama Project : my-vps

Region              : asia-southereast2

Series             : pilih sesuai spesifikasi Anda

Cores                : 1v CPU

HDD                   : 45 GB

Memory          : 3 GB

Untuk pembayaran per bulannya akan muncul secara otomatis di kanan atas layar seperti pada tampilan berikut:

  1. Setelah mengisi semua data dengan benar kemudian klik tombol “Create”.

Dengan langkah di atas Anda sudah memiliki VPS sendiri, namun masih perlu mempelajari lebih lanjut cara menggunakannya. Pada lain kita akan membahas bagaimana cara setup VPS agar Anda segera menggunakannya.

Jadi, bagaimana? Semoga informasi Cara Membuat VPS Windows di atas dapat membantu Anda sehingga Anda dapat memaksimalkan fitur-fitur yang ada dengan baik.

Anda juga dapat menggunakan layanan dari agar Anda tidak perlu repot mengerjakan semuanya sendiri. Tunggu apa lagi? Segera hubungi kami di sini untuk tahu layanan apa saja yang bisa Anda dapatkan.