fbpx

Inilah Beberapa Cara Membuat Tabel di WordPress

Di zaman seperti sekarang ini bisa dibilang jika sudah tidak menjadi hal yang baru lagi bagi masyarakat, dengan internet kita sudah bisa mengakses tertentu sesuai dengan kebutuhan. 

Namun, bukan hanya mengakses saja, namun ada bagusnya juga jika kamu pun bisa mempelajari website lebih dalam seperti cara di wordpress, bagaimana cara kerjanya, dan seperti apa keuntungan bagi orang yang mempunyai website besar.

Membuat Tabel di WordPress Tanpa Memakai Plugin

Lalu bagaimana cara membuat tabel di wordpress tanpa menggunakan bantuan atau memasukan skrip kode html? Dalam hal ini pastikan kamu sudah login ke halaman dashboard wordpress lalu sediakan yang ingin kamu masukan menu tabel di dalamnya. Maka langkahnya adalah:

  • Pertama jika ingin tahu cara membuat tabel di wordpress maka kamu harus berada di dashboard wordpress lalu nanti di bagian post kamu klik tambah baru.
  • Langkah selanjutnya, silahkan kamu klik fitur Beralih ke inserter block (+) karena memang kamu ingin membuat sebuah table
  • Kemudian setelah kamu sudah berada di fitur block nantinya kamu akan menemukan fitur tabel lalu silahkan klik fitur tersebut.
  • Jika kamu sudah mengklik fitur table, maka nantinya di bagian post artikel akan muncul menu tampilan tabel yang mengatakan sisipkan tabel untuk membagikan
  • Selanjutnya di bagian Jumlah Kolom dan Jumlah Baris, silahkan tentukan berapa jumlah angka kolom dan baris yang kamu inginkan dan jika sudah klik buat table
  • Nantinya tabel itu sudah berhasil di masukan ke dalam artikel wordpress, dan kamu di bagian ini cukup membuat nama kolom dan baris yang kamu inginkan. Sebagai contoh jika misalnya ingin membuat tabel jabatan, maka isilah di bagian satu nama pekerja, dan jabatan pekerja, dengan memakai nomor 
  • Lalu jika nanti sudah berhasil membuat tabel maka langkah selanjutnya yaitu kamu bisa mempercantik tampilan tabel mulai dari warna teks dan sebagainya. Lalu bagaimana jika ingin mempercantik tabel wordpress?
  • Jika kamu sudah berhasil membuat sebuah tabel, dan ingin membutanya terlihat cantik maka kamu bisa mengedit tabel yang sudah jadi tadi dengan cara menggunakan fitur warna teks, dengan cara klik tanda panah kemudian pada menu lanjutan klik warna.

Baca Juga Artikel Berikut : Fakta Menarik tentang WordPress yang Belum Banyak Diketahui

Membuat Tabel di WordPress dengan Editor Gutenberg

Selanjutnya adalah cara membuat tabel di wordpress dengan cara yang paling cepat dan sederhana yaitu dengan memakai Editor Gutenberg. Gutenberg pada versi WordPress saat ini sudah dibekali dengan fitur untuk membuat tabel. Caranya yaitu:

  • Pertama silahkan buat Halaman Baru atau Post Baru seperti biasa dengan cara mengklik Menu New Page atau New Post
  • Jika sudah di bagian editor, selanjutnya adalah silahkan buat tulisan atau konten seperti biasanya. Sebagia contoh jika misalnya kamu memiliki judul Cara Tercepat Membuat Tabel di Website maka untuk isilah keterangan seperlunya kemudian klik icon (+) atau Add Block.
  • Nantinya akan muncul beberapa pilihan block. Jika ingin lebih cepat, pada kolom pencariannya kamu cukup ketik table lalu klik Icon tabelnya.
  • Lalu kemudian, kamu tinggal tentukan berapa jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan. Sebagai contoh, jika ingin 3 Kolom dan 5 Baris, maka klik Create Table
  • Nanti, kamu tinggal mengisi tabel dan mengaturnya sesuai kebutuhan kamu dengan memakai opsi bar yang berada di atas tabel.
Baca Juga :  Apa Itu Inodes: Pengertian, Cara Cek, dan Mengatasi Inodes Penuh

Membuat Tabel di WordPress Memakai Plugin

Apabila kita sudah bicara plugin, maka wordpress menyimpan banyak plugin, ternasuk dalam hal ini plugin table. Ada cukup banyak pilihan plugin table yang nyatanya bisa di pakai.

Plugin tersebut tentunya ada yang Gratis dan ada juga yang Premium alias berbayar. Di antaranya, seperti  Table Builder, TablePress, Data Tables Generator by Supsystic, Ninja Tables, dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana cara membuat tabel di wordpress dengan memakai membuatnya?

1. Install Plugin TablePress

Jika kamu sudah biasa menggunakan plugin, maka silahkan lakukan seperti biasa. Akan tetapi jika kamu masih baru, maka tahap awalnya adalah:

  • Pertama silahkan login ke Dashboard admin WordPress kamu
  • Selanjutnya pilih Menu Plugins, lalu klik Add New
  • Pada kolom pencarian ketik TablePress
  • Terakhir silahkan install dan Aktifkan Pluginnya

2. Input Data pada Tabel

Jika kamu menginstall plugin dan mengaktifkannya maka nanti akan muncul Menu Baru di sisi menu sebelah kiri yaitu TablePress. Dan untuk cara membuat tabel di wordpress, caranya adalah :

  • Pertama silahkan arahkan kursor ke menu TablePress, lalu klik Add New Table.
  • Selanjutnya, isilah nama tabel, deskripsi tabel, jumlah baris dan kolomnya, lalu kemudian klik tombol Add Table.
  • Jika sudah, selanjutnya kamu tinggal masukkan data ke dalam tabel pada bagian kolom Table Content sesuai keperluan. Apabila misalnya kamu perhatikan pada bagian kanan atas, nanti kamu akan melihat shortcode yang mana nantinya akan dimasukkan ke dalam postingan.
  • Lalu di bagian bawahnya, kamu bisa menemukan beberapa menu kustomisasi. Kamu pun juga bisa melakukan modifikasi atau mengatur tampilan tabel sendiri, seperti menambahkan , gambar, menambah kolom maupun baris, dan lainnya.
  • Untuk melihat tampilannya, maka kamu bisa klik Tombol Preview dan apabila sudah selesai, klik Save.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Referring Domain Web Kompetitor

Cara membuat tabel di wordpress sebenarnya tidak begitu sulit. Namun jika kamu masih bingung seperti apa cara tepatnya, maka dengan kamu mengikuti di atas, maka kamu sudah bisa mengaturnya dengan gampang.

Baca Juga Artikel Berikut : Langkah Mudah Membuat Menu Pada WordPress