fbpx

Fakta Menarik tentang WordPress yang Belum Banyak Diketahui

Walaupun Anda belum pernah sebelumnya, khususnya blogging dengan platform , namun pastilah Anda sudah pernah mendengar tentang WordPress. Bahkan, mungkin pernah juga mencoba blogging dengan menggunakan WordPress.com platform blog gratis yang disediakan oleh WordPress sendiri.

WordPress ini pun mulai digunakan secara umum sejak 2003 lalu dan dengan segera menjadi salah satu blogging paling penting dan populer di sekarang ini. Jika misalnya WordPress tidak pernah dirilis, maka internet sekarang ini pastilah akan berbeda. Karena, ini merupakan sebuah platform untuk kepentingan development yang mana akan memungkinkan kita untuk membuat jenis apapun dengan mudahnya.

Ditambah lagi, saat inipun ada banyak tools yang berkaitan dengan WordPress yang tersedia dengan gratis, seperti dan plugin WordPress yang telah tersedia secara gratis oleh banyak sekali developer di luar sana. Lalu apa saja fakta menarik tentang WordPress yang masig belum diketahui orang banyak?

Fakta Menarik WordPress yang Perlu Diketahui

1. 27% Website di Internet Memakai WordPress

Fakta menarik tentang WordPress pertama adalah Statistik WordPress sebagai software populer website bukan abal-abal. Diperkirakan sudah ada lebih dari 1,1 miliar website yang saat ini berada di dunia internet, dan sekitar 27% dari website tersebut terbuat dari WordPress. Ini berarti, WordPress menjadi CMS yang sangat populer di pasar di tengah-tengah persaingan CMS lain.

2. WordPress tidak Mempunyai CEO

WordPress ini sendiri muncul pertama kali diciptakan oleh dua orang bernama Matt Mullenweg dan Mike Little. Namun, perusahaan yang telah berdiri lebih dari 16 tahun ini tidak memiliki CEO secara resmi. Alasan karena memang WordPress merupakan platform opensource yang dijalankan oleh para developer dari seluruh dunia mana saja.

Baca Juga :  Cara Blokir komentar spam WordPress

3. Jumlah Pegawai hanya Sekitar 300 Orang

Bukan hanya tidak mempunyai CEO secara resmi, fakta menarik tentang WordPress selanjutnya adalah WordPress ini pun nyatanya diketahui hanya memiiki sedikit jumlah pegawai. Jumlah tersebut diperkirakan sekitari 300 orang, sementara WordPress termasuk perusahaan yang sangat populer dan tergolong besar.

Jika misalnya dibandingkan dengan perusahaan lainnya seperti Amazon yang sudah mempunyai pegawai lebih dari 50,000, maka jumlah 300 orang pegawai memang tidak sebanding. Akan tetapi, WordPress ini pun sudah membuktikan dengan sedikitnya jumlah pegawai, namun tetap bisa bekerja secara maksimal dan memberikan performa terbaiknya.

4. Lebih dari 70 Juta Website Memakai WordPress

Fakta menarik tentang WordPress berikutnya adalah jutaan website sudah menggunakannya. Tidak bisa dipungkiri lagi jika WordPress telah dijadikan sebagai salah satu platform blogging yang paling populer sampai detik ini. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah website yang memilih memakai WordPress untuk mengembangkan website mereka.

Bahkan menurut statistik terakhir, ada lebih dari 30 juta pemilik website yang sudah memakai WordPress yang tidak berbayar. Sementara, sisanya menggunakan WordPress versi yang berbayar.

5. Ada Lebih dari 30 Ribu Plugin WordPress

Faktor lain yang memang menjadikan WordPress sebagai platform blogging yang diminati banyak orang yaitu dikarenakan ada banyak jumlah plugin yang tersedia.

Selain itu, para pengguna WordPress ini pun akan bisa bebas memilih di antara 30 ribu jumlah plugin yang tersedia. Juga, plugin dari WordPress ini akan terus diupdate dan pada setiap jamnya dimana akan ada plugin baru.

Baca Juga Berikut : Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

6. Lebih dari 50 Versi Bahasa 

Fakta menarik tentang WordPress lainnya adalah banyak dari pengguna WordPress yang merasa puas dengan fitur yang diberikan WordPress, salah satunya adalah dengan banyaknya jumlah versi bahasa yang telah tersedia. Hal ini disebabkan karena setiap harinya pengguna WordPress akan bertambah dan banyak pula pengguna yang memiliki kendala bahasa.

Baca Juga :  7 Contoh Budaya Kerja yang Sehat Bagi Bisnis dan Karyawan

Itulah mengapa, terjemahan dari WordPress telah disesuaikan dengan setiap bahasa yang ada di dunia. Bahkan sekarang ini jumlah bahasa yang diterapkan pada WordPress telah lebih dari 50 bahasa di dunia, termasuk bahasa Indonesia. 

7. Sangat Populer di Kalangan Website Bisnis

Di kalangan para pebisnis, WordPress ini bahakan sudah menjadi perbincangan yang sangat populer. Jika dibandingkan dengan platform blogging lain, WordPress lebih sering dibicarakan dan dipakai oleha pemilik untuk mengembangkan website mereka.

WordPress bahkan semakin dipuja sebagai platform terbaik di kalangan para pelaku online marketing. Buakn saja populer dikalangan para pebisnis, namun WordPress ini sendiri pun sangat ramai dibahas di blog-blog.

8. Platform Gratis dan Open Source

Fakta menarik tentang WordPress selanjutnya yang disukai oleh banyak pengguna WordPress yaiu mengenai platform blogging ini terbuka untuk digunakan oleh banyak orang dan juga yang pasti adalah gratis. Memang ada beberapa versi yang berbayar yang dikeluarkan oleh WordPress, namun jumlah versi yang gratis pun tidak sedikit.

Tentu saja dengan banyaknya versi gratis yang ditawarkan oleh WordPress, nantinya ini akan memudahkan para pengguna website ataupun developer pemula untuk bisa mempelajari fitur yang ada untuk bisa mengembangkan website mereka.

9. Lebih Dulu Ada dibandingkan Sosial Media Lainnya

Sebelum hadirnya sosial media seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, dan , WordPress ternyata sudah lebih dulu muncul. Inilah fakta menarik tentang WordPress terakhir, dimana WordPress ini telah dicipatakan sejak tahun 2003, sementara Facebook baru dirilis itu saat tahun 2004.

Dengan begitu, bisa dikatakan jika WordPress ini adalah platform blogging yang sama seperti sosial media yang lebih tua jika dibandingkan sosial media lainnya. 

Baca Juga Artikel Berikut : Langkah Mudah Membuat Menu Pada WordPress