fbpx

Cara Kerja Dedicated Hosting Server

Hampir semua pemilik kebanyakan menggunakan  shared untuk memulai pertama kali meluncurkan websitenya. Hal ini dikarenakan shared hosting cenderung lebih terjangkau dan mudah pengaplikasiannya untuk Anda sebagai pemula.  Seiring perkembangan website dengan benefit lain yang bisa didapatkan, tentu Anda membutuhkan hosting yang lebih kompatibel.

Situs yang tumbuh lebih cepat dan membutuhkan keamanan, kinerja, dan skalabilitas yang lebih tinggi , salah satu hosting yang bisa digunakan adalah hosting.  Untuknya, kali ini akan secara khusus membahas bagaimana cara dedicated hosting, definisi, hingga manfaatnya bagi pemilik website.

Pengertian Dedicated Hosting

Sebelum membahas lebih jauh mengenai hosting satu ini, mungkin beberapa orang belum paham apa pengertian dari dedicated hosting. Secara sederhana, pengertian dedicated yakni disaat Bizzie memiliki seluruh yang bisa digunakan secara pribadi. Berbeda dengan shared hosting pada umumnya, dedicated hosting ini Anda memiliki seluruh server dan bisa melakukan apapun dengan bebas.

Jika pada shared hosting pengguna akan diberikan server yang diberikan kepada beberapa orang, sejumlah bandwidth, penyimpanan, dan fitur serupa lainnya, pada dedicated justru berbeda. Akses sumber daya server bisa Bizzie dapatkan. Sama halnya dengan premium lainnya, Anda harus membayar sejumlah biaya bulanan untuk bisa menggunakan layanan ini.

Harga yang ditawarkan memang terbilang mahal, namun sesuai dengan fitur yang ditawarkan demi kelancaran website Anda. Ada beberapa paket dedicated yang murah namun umumnya dari segi harga hampir semua perusahaan menerapkan harga yang sama. Jadi, sebelum memutuskan membeli di perusahaan penyedia hosting, sebaiknya lakukan riset dan bandingkan detail harganya terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Kerja Dedicated Hosting?

Dedicated hosting menjadi layanan yang terbilang sangat kuat dan membuat Anda memiliki kendali penuh atas perangkat keras juga perangkat lunak server. Sama halnya dengan membangun website dari awal, Bizzie bisa melakukan hal yang sama dengan server ini. Cukup dengan menambah elemen yang bisa meningkatkan fungsionalitas serta kinerja situs.

Baca Juga :  Apa Itu Android Studio? Pengertian dan Cara Kerjanya

Jika dibandingkan dengan shared hosting yang mana harus menyesuaikan persyaratan situs ke dalam tempat yang sudah disiapkan sebelumnya. Dengan dedicated hosting, Bizzie bisa menyesuaikan server Anda dan bergantung pada jumlah RAM serta penyimpanan keseluruhan yang dibutuhkan. Berikut pula dengan jenis CPU dan system operasi yang akan digunakan.

Kesimpulannya, dedicated server ini bisa diandalkan dan sangat sesuai kebutuhan personal dengan kebutuhan pekerjaan yang lebih tinggi bukan hanya untuk website yang terus berkembang, dedicated hosting juga sangat cocok untuk bermain game.  Layanan ini juga banyak digunakan dalam layanan keuangan serta beberapa perusahaan yang ingin melindungi datanya secara aman.

Baca Juga : Perbedaan Cloud Hosting vs Shared Hosting, Mana yang Lebih Bagus?

Manfaat Dedicated Hosting

Setelah mengetahui apa pengertian dan cara kerja dedicated hosting, pasti Bizzie juga penasaran bagaimana sebenarnya manfaat dan kelebihan menggunakan layanan satu ini. Berikut informasinya:

1. Penerapannya Sesuai dengan Permintaan

Layanan dedicated hosting bisa digunakan di berbagai keperluan dalam hitungan menit atau jam. Banyak perusahaan yang telah mengotomatiskan penerapan server ini. Jika merasa website mengalami perkembangan yang signifikan, Anda tentu sangat butuh server khusus yang bisa memberikan keamanan dan layanan fitur yang lebih baik.

2. Single-Tenancy

Maksudnya adalah server hanya bisa digunakan oleh satu sehingga Anda memiliki akses penuh ke semua sumber daya pada perangkat keras yang digunakan. Itulah mengapa layanan dedicated hosting merupakan pilihan tepat untuk intensif input/output tinggi yang membutuhkan kinerja tinggi yang konsisten seperti pada layanan suara (VOIP) dan juga game.

3. Kinerja Server Sangat Konsisten

Kelebihan berikutnya yang bisa Anda rasakan ketika menggunakan dedicated hosting adalah kinerja yang sangat konsisten dan tentu menguntungkan website. Bagaimana tidak? Anda bisa mendapatkan aksess khusus ke perangkat keras seperti CPU, memori, dan juga disk sehingga aplikasi bisa mengendalikan kinerja tinggi serta pengalaman yang lebih konsisten. Meskipun potensi hambatan tidak bisa dihilangkan begitu saja, namun Anda bisa mengendalikan karena ada akses yang diberikan.

Baca Juga :  4 Cara Mengaktifkan SEO di Blog Agar Diindeks Mesin Pencari

4. Keamanan dan Privacy yang Lebih Baik

 Saat menggunakan satu layanan tentu hal utama yang diinginkan adalah keamanan serta privacy yang bisa terjag. Jangan khawatir saat menggunakan dedicated hosting, karen kedua hal tersebut bisa didapatkan. Keamanan inheren bisa didapatkan sebagai penyewa tunggal  dari model penerapan ini.

Mungkin Bizzie banyak mendapati penyedia layanan dengan paket hosting khusus tersendiri. Namun, perlu Anda perhatikan arsitektur multi tenant jauh lebih aman sejak lima tahun terakhir. Apapun itu, keamanan dan kepatuhan yang didapatkan bergantung pada lingkungan hosting khusus yang digunakan.

5. Bisa dikustomisasi

Saat menggunakan dedicated hosting sebagai layanan server untuk website Anda, kemungkinan kustom sangat bisa dilakukan. Sebab layanan ini bisa diseusiakan dan memungkinakan Anda untuk memiliki banyak jenis CPU, memori serta penyimpanan yang dibutuhkan. Sebagian besar penyedia layanan ini akan mengiklankan opsi standar, namun nantinya akan diberikan pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Biasanya opsi ini akan diberikan ketika ada sudah deal untuk menggunakan layanan jasa mereka.  Bizzie bisa menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik beban kerja aplikasi yang akan dipakai. Jika ingin meningkatkan maupun menurunkan versi dari persiapan awal, hal tersebut sangat bisa dilakukan. Kemudahan dalam mneyesuaikan ini meungkinkan Anda dalam mengontrol perubahan persyaratan kinerja aplikasi dari waktu ke waktu.

Sebelum memutuskan menggunakan layanan ini, tentu ada beberapa hal yang harus pertimbangkan.  Seperti reputasi dan keandalan, pilihan perangkat keras, SLA, serta nilainya secara keseluruhan. Cobalah untuk mencari review dari orang yang udah pernah menggunakan layanan dedicated hosting agar lebih meyakinkan.

Baca Juga : Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting