fbpx

Jangan Salah Pilih, Ini Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting

Perbedaan dan hosting sebenarnya tidak terlalu jauh. Bahkan masyarakat seringkali menilai kedua layanan hosting tersebut mirip.

Ada beberapa kemiripan antara cloud hosting (komputasi awan) dan web hosting (komputasi web) seperti dari sisi penyedia jasa hosting, , dan web.

Meski begitu, kedua layanan hosting tersebut juga benar-benar berbeda sehingga Anda perlu memahami perbedaan keduanya lebih lanjut dalam ini.

Pengertian dan Jenis-jenis Web Hosting

perbedaan cloud hosting dan web hosting

Web hosting adalah penyediaan ruang server, layanan web, dan pengumpulan data untuk situs web Anda. 

Berikut ini 3 jenis web hosting yang beredar di tengah masyarakat:

1. Shared Web Hosting

Berdasarkan cara kerjanya, server dalam layanan shared web hosting akan membagi kapasitasnya untuk digunakan beberapa situs sekaligus.

2. Dedicated Web Hosting

Berbeda dengan shared web hosting, keseluruhan server dedicated web hosting hanya akan digunakan oleh situs web milik Anda. Namun harga layanan ini lebih mahal daripada layanan hosting berbagi sebelumnya.

3. VPS Web Hosting

Virtual Private System (VPS) memungkinkan kapasitas penyimpanan memori server dan CPU usage akan lebih bebas, sehingga performa situs web bisa lebih baik meski harus berbagi server.

Pengertian Cloud Hosting

cloud hosting adalah

Cloud hosting berbeda dengan layanan hosting berbasis web. Cloud hosting adalah inovasi dalam layanan hosting yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data-data pada dalam teknologi cloud atau server virtual di .

Baca Juga :  Cara Pindah Hosting Di Wordpress Dengan Mudah

Jika Anda memakai layanan cloud hosting, maka penyimpanan tidak lagi memakai ruang penyimpanan fisik (hardware) namun server virtual di internet.

Perbedaan Cloud Hosting dan Web Hosting

cloud hosting vs web hosting

Untuk memahami perbandingan cloud hosting vs web hosting, berikut ini penjelasan mengenai lima spesifikasi yang menentukan perbedaan keduanya:

1. Performa

Dari penjelasan sebelumnya, layanan hosting berbasis web akan mengandalkan performa dari server fisik atau server tunggal. Jika server fisik gagal, maka performa website tidak dapat berjalan dengan baik. Performa web hosting bergantung kepada paket yang Anda pilih.

Sementara performa cloud hosting mungkin lebih baik karena tidak memiliki ruang penyimpanan secara fisik sehingga loading di website Anda akan berjalan lebih cepat atau web tetap berjalan prima. Performa hosting berbasis cloud ini ditentukan oleh besarnya penggunaan.

2. Harga

Biaya penggunaan web hosting bisa jadi lebih mahal karena Anda harus membayarkan server sekaligus ruang penyimpanan fisik (hardware). Biaya akan membengkak jika Anda memilih untuk membeli tipe dedicated web hosting.

Namun layanan web hosting bisa juga lebih murah untuk pemula karena semua kebutuhan sudah tersedia dalam server dan tidak membutuhkan banyak pengembangan.

Sementara untuk layanan cloud hosting, Anda hanya akan mengeluarkan biaya untuk mendapatkan layanan server cloud yang Anda sewa dan tidak perlu membayarkan biaya tambahan hardware lainnya.

3. Kontrol Penyimpanan Data

Layanan cloud hosting memungkinkan pengguna untuk mengontrol data mereka sepenuhnya tanpa perlu memikirkan keterbatasan ruang penyimpanan. Dengan layanan komputasi awan, pengguna dapat dengan segera memindahkan data ke server ketika bandwith mulai terbatas.

Hal itu tidak terjadi di web hosting karena Anda harus berbagi dengan user lain yang memakai server yang sama. Pengguna tidak dapat sepenuhnya mengontrol data pada web karena keterbatasan bandwith yang berdampak kepada kecepatan website.

Baca Juga :  7 Alasan Mengapa Blog Penting Untuk Bisnis

4. Keandalan

Keandalan web hosting bergantung kepada kemampuan dan performa server fisik dan paket yang Anda pilih sehingga keandalannya tidak terlalu baik untuk pengembangan website saat ini.

Sementara di cloud hosting, Anda dapat dengan mudah beralih ke server lainnya jika server yang Anda pakai melemah. Hal itu tidak akan mengganggu performa dari website Anda.

Itulah perbedaan cloud hosting dan web hosting yang dapat menjadi referensi Anda ketika memilih layanan untuk bisnis Anda.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari layanan  cloud hosting maupun web hosting, Anda dapat berlangganan di Dewabiz.com, penyedia cloud hosting dan web hosting terbaik dan termurah di Indonesia.