fbpx

Order Now - Dedicated Server High Performance

Technology

5 Konsep Teknologi Aplikasi Web Server Terbaik

Wiliam

Aplikasi web merupakan suatu aplikasi yang berbentuk client atau server dengan membentuk beberapa halaman web berdasarkan dengan permintaan pemakai. Client merupakan pemakai yang meminta halaman web. Sedangkan, server merupakan penyedia layanan yang melayani permintaan dari pemakai.

Client dan server saling berhubungan di dalam suatu internet atau intranet. Ada banyak sekali konsep teknologi aplikasi web server yang bisa bizzie gunakan. Sedangkan, untuk bizzie yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

5 Konsep Teknologi Aplikasi Web Server

Seperti yang diketahui, kini perkembangan teknologi terus mengalami perubahan ke arah lebih baik dan maju. Ada 5 konsep teknologi aplikasi web server yang dapat bizzie gunakan, yaitu:

1. Android Studio

Android studio merupakan next step yang digunakan di dalam pemrograman Android. Ketika bizzie masih cinta dengan Eclipse, tinggalkan saja secara bertahap dan konversi semua proyek eclipse ke Android Studio. Android Studio juga memberikan penawaran banyak fitur yang ada di Eclipse.

Selain itu, tampilan UI designernya juga sudah mudah untuk digunakan. Fitur build gradlenya juga canggih tanpa harus meletakkan library jar ke folder dan macam-macam fitur lainnya.

2. PHP Moden Programming

Sejak konsep teknologi aplikasi web server PHP ini populer dan banyak digunakan di sekitar tahun 2000-an. Sudah ada puluhan dan mungkin ratusan buku yang mengajarkan tentang PHP dan polanya hampir sama, yaitu Coding dengan gaya struktural dan menggunakan fungsi clasik MySQL.

3. HTML5 Platform

Konsep teknologi aplikasi web server selanjutnya adalah HTML5 Platform. Teknologi HTML5 Platform merupakan kumpulan teknologi browser yang terdiri dari berbagai macam teknologi HTML.

Javascript dan PHP mempunyai banyak tool dan framework di dalamnya. Untuk HTML5 disarankan untuk fokus saja ke satu platform atau framework. Hidup itu pilihan dan memang bizzie diharuskan untuk memilih. 2 Framework yang sangat populer saat ini adalah React dan AngularJS. Sedangkan, untuk teknologi lain yang dibutuhkan adalah CSS Framework.

4. Blogging Platform

Ada 2 blog platform yang sampai dengan saat ini banyak dikenal, yaitu WordPress dan Blogger. Perbedaan mendasar dari keduanya adalah WordPress mempunyai satu open source dan Blogger menggunakan software as service.

Untuk WordPress bisa bizzie kembangkan menjadi beberapa pilihan tema dan plugin terbaru. Blogger tidak sebebas WordPress. Satu hal yang bisa dilakukan oleh pengguna WordPress adalah membuat tema blogger dengan membuat widget. Sebenarnya ada satu lagi fitur untuk programmer di blog, yaitu blogger API yang memungkinkan bizzie saling terintegrasikan blogger ke aplikasi.

5. Desain Grafis untuk Developer

Pada konsep teknologi aplikasi web server terakhir ini berada di kategori khusus. Developer berpikir dengan secara logis dan sistematis. Semantara itu, desainer lebih menggunakan perasaan dan kebebasan imajinasi.

Apa saja Profesi Dalam Mengembangkan Konsep Teknologi Aplikasi Web Server

Aplikasi web merupakan suatu aplikasi yang bisa diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan, seperti internet atau intranet. Selain itu, aplikasi tersebut juga dijadikan sebagai perangkat lunak komputer yang dikodekan di dalam bahasa dan didukung oleh penjelajah web. Ada beberapa profesi di dalam mengembangkan konsep teknologi aplikasi web server, yaitu:

1. Web Designer

Tugas dari web designer adalah mendesain tampilan situs web mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna dan masih banyak lainnya. Di dalam perbaikan di suatu situs web seorang Web Designer harus menguasai sebagai berikut:

●   HTML, DHTML.

●   Pengolah Gambar.

●       Animasi, Move (Film).

2. Web Programmer

Ketika situs yang akan dibuat mempunyai fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs. Contohnya, menyangkut dengan transaksi input atau output data dan database maka seorang web programmer yang akan mengerjakan. Cara yang dilakukan adalah membuat beberapa aplikasi yang bekerja di atas situs web.

3. Web Administrator

Web Administrator mempunyai tugas untuk melakukan maintenance suatu server. Selain itu, web administrator juga harus paham dengan sistem operasi server baik itu dari instalasi sampai dengan masalah troubleshooting. Biasanya, untuk seorang web administrator harus menguasai beberapa hal, yaitu:

●   OS Unix (Linux, FreeBSD dan lain-lain).

●   OS Windows NT

●   Jaringan (LAN, WAN dan Intranet).

●       Keamanan Server

4. Webmaster

Seorang webmaster merupakan seorang yang mengerti akan ke semua hal, mulai dari desain, program dan keamanan server. Namun tidak terlalu mencampuri ke masing-masing divisi. Cukup dengan mempertanggungjawabkan atas jalannya suatu situs web saja. Penguasaan ilmu seorang webmaster yang harus dimiliki adalah:

●   HTML, DHTML.

●   CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java.

●   Penguasa bermacam-macam operating system atau sistem operasi.

●   Keamanan server atau server security untuk melindungi dari serangan hacker.

●       Jaringan Lan, WAN dan Internet.

Unsur Penting Konsep Teknologi Aplikasi Web Server

Ada beberapa unsur penting konsep teknologi aplikasi web server yang harus diketahui, yaitu:

1. User : orang yang melakukan permintaan atau request sebuah alamat sebuah situs web.

2. Client Server : sebuah aplikasi yang mempunyai fungsi sebagai sebuah mesin pencari atau browser dimana sebuah situs atau informasi berada di dalam situs web.

3. TCP/IP : kode atau sebuah alamat yang bisa membantu agar sebuah permintaan bisa mendapatkan jawaban sesuai harapan.

4. Server : pusat dari semuanya dan disinilah tempat penyimpanan server lah data. Semua data yang masuk diolah dan dikirim kembali sesuai dengan permintaan atau request.

Nah, itulah dia beberapa hal penting yang ada di dalam konsep teknologi aplikasi web server. Besar harapan dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu bizzie yang ingin mengembangkan aplikasi web server.

Baca Juga