fbpx

7 Masalah SEO yang Sering Ditemukan Dan Solusi Mengatasinya

Informasi mengenai masalah SEO yang sering ditemukan penting diketahui terutama bagi mereka yang memiliki atau ingin tahu tentang optimisasi. Segala hal yang berkaitan dengan website akan mempengaruhi bagaimana menentukan peringkat anda. Ini berlaku pada halaman beranda, postingan, halaman arahan, atau bahkan sosial media yang di

Tujuannya sendiri agar memakai semua informasi yang dimiliki secara agar disukai mesin pencarian, misalnya Google . Tanpa hal tersebut, kinerja situs Anda bisa asal-asalan saja dan peringkatnya di hasil pencarian tidak bagus.

Memahami apa saja dasar-dasar optimasi di mesin pencairan memang tidak cukup. Anda juga harus paham apa saja masalah yang sering ditemukan serta bagaimana solusi mengatasinya. Dalam beberapa kasus, untuk memperbaikinya bisa dibilang mudah dan cepat. Sementara untuk masalah yang lain, mungkin membutuhkan bantuan dari ahli SEO. 

7 Masalah SEO Yang Sering Ditemukan 

Berikut ini adalah informasi 7 masalah SEO yang sering ditemukan. Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu dan mengetahui apa saja hal yang perlu dilakukan jika ternyata menemukannya.

1. Seberapa Aman Halaman Situs ?

Keamanan menjadi salah satu hal yang patut diprioritaskan. Terdapat alasan yang jelas, misalnya tidak menginginkan para hacker atau peretas mengambil kepemilikan situs. Hal ini juga menjadi ide bagus untuk memberi tahu bahwa situs Anda aman kepada para pengunjung. Banyak yang tidak sadar bahwa masalah keamanan ini bisa menurunkan peringkat SEO.

Bagaimana cara mengetahui kalau situs aman?. akan memberikan informasi secara langsung. Misalnya, sebuah url jika diawali dengan http dan bukan https, maka bisa menjadi masalah. Bagaimana memperbaikinya? Pakailah otoritas sertifikat yaitu sertifikat SSL. Biaya pemasangannya murah dan prosesnya cepat. Setelah itu, para pengunjung dan mesin pencarian akan tahu bahwa situs anda sudah aman.

Baca Juga :  5 Ciri Ciri Artikel SEO

2. Pengindeksan Tidak Benar Atau Tidak Ada Pengindeksan Sama Sekali

Masalah SEO yang sering ditemukan adalah terkait pengindeksan. Secara sederhana, halaman yang tidak di index tidak akan tampil pada pencarian apapun. Atau mungkin halaman sudah di indeks, tetapi tidak dengan benar. Pengunjung mungkin bisa mencarinya di halaman pencarian, akan tetapi lebih sedikit dari yang anda inginkan.

Cara memperbaikinya yaitu mengirimkan URL setiap halaman ke mesin pencarian Google dan yang lain. Pastikanlah deskripsi halaman yang benar dan juga sertakan kata kunci yang relevan dengan isi. Pastikan juga bahwa anda tidak sengaja memulai apa yang disebut dengan tag meta “no index”. 

3. Konten Telah Kadaluarsa

Masalah berikutnya yang sering terjadi yaitu konten yang kadaluarsa. Tentu mungkin anda tahu apa yang dimaksud, yaitu sejumlah halaman mungkin berisi beberapa data sensitif. Misalnya yang berkaitan dengan statistik atau data lainnya yang terbaru. Namun, anda belum hapus informasinya atau melakukan update. 

Konten yang kadaluarsa, bisa menciptakan masalah pada mesin telusur. Alasannya, mesin pencarian selalu mencari data yang paling update dan akurat. Ini merupakan bagian dari memenuhi kebutuhan para pengunjung dalam mencari informasi. Kalau udah tadi halaman Anda jelas dan aktual, maka bisa berdampak positif pada peringkat situs.

Baca Juga Artikel Berikut : Apa itu SEO Off Page? Pengertian, Manfaat dan Cara Optimasinya

4. Kata Kunci Yang Tidak Populer

Ketika anda melakukan sesuatu mengenai konten kadaluarsa, perhatikanlah juga kata kunci dan frase yang dimasukkan atau dibuat. Apakah memang masih relevan dan populer sekarang ini ? Jangan sampai Anda menggunakan kata kunci yang tidak populer dan bahkan hanya diketahui sendiri saja. 

Banyak mesin pencari menyediakan alat yang bisa mempermudah Anda membuat kata kunci yang sekarang ini populer. Google misalnya, ada sejumlah alat untuk membuat kata kunci yang terbaik. Bahkan, tanpa menggunakan biaya sekalipun. Pilih kata kunci relevan yang umum digunakan sekarang ini supaya peringkat halaman anda lebih baik.

Baca Juga :  Memahami Cara Memaksimalkan SEO Website [Lengkap]

5. Tampilan yang Jelek Di Perangkat Seluler

Sekarang ini, hampir semua orang menggunakan perangkat seluler dalam mengakses internet termasuk mengunjungi situs. Banyak yang berpikir bahwa situs yang dirancang dengan layar lebih besar akan berfungsi lebih baik pada handphone dan tablet. Namun, ini belum tentu sepenuhnya benar. Pastikan, halaman situs milik anda mudah diakses di smartphone atau mobile friendly. Secara tampilan, desain yang bagus dan nyaman dibaca.

6. Waktu Loading Terlalu Lama

Masalah SEO yang sering ditemukan lainnya yaitu waktu loading yang terlalu lama. Sekarang ini, standar yang bisa diterima adalah kurang lebih 3 detik atau di bawahnya. Semakin cepat halaman situs dibuka, maka waktu tunggunya lebih cepat dan pengunjung akan bisa langsung menikmati isi konten tanpa harus berlama-lama. 

Apa alasan waktu muat tersebut penting? Karena para pengguna internet banyak yang tidak sabar jika loading situs lambat. Kalau terlalu lama, bisa jadi mereka berpikir ada yang salah dengan website, dan akhirnya memutuskan untuk mencari halaman lain. Kesempatan website Anda dikunjungi semakin kecil.

7. Navigasi Membingungkan

Sangat penting bahwa navigasi dari satu halaman ke halaman lain di situs Anda harus mudah dan sederhana. Bahkan Jika memungkinkan, hanya diperlukan 1 klik saja. Pengunjung bisa klik isi konten anda atau kembali ke halaman beranda. Apabila pengunjung kesulitan mencari navigasi halaman yang mudah, maka situs Anda bisa ditinggalkan.

Karena itulah kau memberikan kemudahan bagi para pengunjung untuk navigasi situs mulai dari halaman utama, apa saja topik yang dibahas di situs, artikel mana saja yang berkaitan, kontak, dan sebagainya. Puaskanlah pengunjung dan mesin pencarian dengan kemudahan akses ke berbagai menu situs. 

Demikian informasi tentang apa saja masalah SEO yang sering ditemukan dan bagaimana solusinya. Dengan situs yang efektif, kemungkinan besar untuk mendatangkan traffic tinggi lebih besar. Semoga bermanfaat !

Baca Juga Artikel Berikut : Kelebihan & Kekurangan Search Engine Optimization (SEO)