fbpx

Tips Memilih Hosting dan Domain yang Tepat dan Berkualitas 

Sebelum membuat suatu website, ada baiknya bizzie memikirkan dengan baik tentang nama domain dan hosting yang akan bizzie gunakan. Tentu saja dengan menggunakan nama domain yang tepat akan memberikan efek positif bagi pengunjung website bizzie. Ada beberapa tips memilih hosting dan domain yang perlu diterapkan. Sehingga dengan begitu, website yang akan bizzie buat bisa menarik banyak pengunjung. 

Sebuah website tidak pernah lepas dari yang namanya hosting dan domain. Kedua hal tersebut merupakan satu paket lengkap yang dibutuhkan untuk membangun sebuah website. Hosting juga berguna untuk membantu performa website agar menjadi lebih baik. Hosting sendiri merupakan sebuah tempat dimana semua data website bizzie disimpan. Data-data tersebut hanya bisa diakses oleh bizzie sebagai pemilik website. 

Tips memilih hosting dan domain yang perlu diterapkan agar tujuan website bisa tercapai. Sebab, seperti yang kita ketahui bahwa sebuah website dibangun tentu dengan tujuan yang berbeda-beda. Dimana ada yang menggunakan website untuk keperluan pribadi, atau sebuah perusahaan hingga toko online. Tentu saja semua jenis website tersebut tidak menggunakan hosting dengan kapasitas yang sama besar. 

Jika bizzie saat ini sedang ingin menjadi seorang blogger namun masih pemula, ada beberapa tips memilih hosting dan domain yang patut bizzie terapkan. Namun, sebelum itu ada baiknya bizzie mengetahui jenis-jenis hosting yang paling umum digunakan. Masing-masing hosting tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Bizzie bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. 

Jenis-jenis Hosting 

1. Shared Hosting

Shared hosting merupakan hosting yang bisa digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pemilik website yang berbeda dalam satu server fisik yang sama. Sehingga jenis hosting yang satu ini sangat cocok untuk website pemula yang memiliki kebutuhan personal seperti membuat blog atau portofolio. Karena digunakan secara bersama maka tentu saja biaya yang harus dikeluarkan oleh para pengguna juga dibayar bersama-sama. Namun, shared hosting memiliki kekurangan yakni bizzie tidak bisa mengontrol penuh server dan akan berpotensi crash. 

2. Cloud Hosting

Cloud Hosting merupakan sebuah hosting yang menggunakan beberapa server yang tersebar guna menyeimbangkan performa website dan memaksimalkan jam kerja server. Hosting yang satu ini menggunakan teknologi cluster dimana ada beberapa server yang digabung sehingga dapat berjalan sebagai 1 server yang utuh. Sehingga, jika salah satu server mengalami masalah, maka hal tersebut tidak akan mempengaruhi server yang lain. Hosting ini sangat cocok untuk website profesional seperti website perusahaan, instansi pemerintah dan lain-lain. 

3. WordPress Hosting

Tips memilih hosting dan domain selanjutnya adalah dengan mengetahui apa itu wordpress hosting. WordPress hosting merupakan layanan web hosting yang digunakan oleh pengguna platform WordPress sebagai CMS. Biasanya hosting ini digunakan oleh pengguna WordPress karena memiliki kelebihan harga terjangkau, mudah dikelola dan memiliki pembaruan otomatis. 

4. VPS Hosting

Tips memilih hosting dan domain dengan jenis hosting yang terakhir adalah VPS Hosting. Virtual Private Server atau VPS merupakan server yang menggunakan teknologi virtualisasi yang membagi sumber daya pribadi kepada server dengan banyak pengguna. Meskipun begitu, hal tersebut tidak akan mempengaruhi kinerja satu server dengan server yang lainnya. Jenis hosting yang satu ini cocok untuk profesional. Untuk harganya sendiri terbilang lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting, namun fungsinya lebih unggul. 

Tips Memilih Hosting dan Domain yang Benar 

1. Memilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Tips memilih hosting dan domain yang pertama adalah dengan memilih nama domain yang mudah diingat. Dari segi harga bizzie bisa bebas memilih domain dengan harga berapa, yang terpenting adalah nama domain tersebut. Bizzie harus memilih nama domain yang mudah diingat oleh pengunjung. Dengan begitu, para pengunjung tersebut bisa dengan mudah mencari website bizzie di mesin pencari atau mengetik langsung alamat website bizzie pada browser pencarian mereka. 

2. Menyesuaikan Kegunaan dan Jenis Website

Tips memilih hosting dan domain selanjutnya adalah dengan menyesuaikan kegunaan dan jenis website yang bizzie gunakan. Tentukan bizzie ingin membuat website seperti apa, misalnya website pribadi, perusahaan, komunitas, toko online atau lainnya. Kegunaan dan jenis website tersebut harus dipikirkan dengan benar sebelum menentukan tujuan dari adanya website tersebut untuk apa. Sebab, setiap hosting juga mempunyai kriteria yang berbeda-beda. 

3. Jangan Menggunakan Simbol

Tips memilih hosting dan domain pada saat menentukan nama domain adalah jangan pernah sekalipun bizzie menggunakan simbol di domain yang akan bizzie gunakan. Karena, kebanyakan orang akan malas menuliskan simbol satu persatu ketika mencari website. Seperti contohnya simbol tanda penghubung, maka para pengunjung tentu harus mengetik simbol tersebut sebelum membuka domain. Terlebih lagi jika pengunjung menggunakan perangkat mobile, tentu sangat sulit dan merepotkan. 

4. Menentukan Platform yang Ingin Digunakan

Tips memilih hosting dan domain selanjutnya adalah dengan menentukan platform apa yang ingin bizzie gunakan. Jika bizzie ingin membuat blog, maka bizzie bisa menggunakan platform WordPress yang memang sudah banyak digunakan untuk membuat blog. Selain itu, hosting juga bisa digunakan untuk menyesuaikan platform mana yang akan bizzie pilih. Oleh karena itu, sebaiknya bizzie harus memilih hosting yang dibuat khusus dengan platform agar bisa bekerja secara maksimal. 

5. Mengecek Kualitas Performa Hosting

Tips memilih hosting dan domain yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan kualitas performa dari hosting itu sendiri. Dimana bizzie bisa mengecek fitur-fitur apa saja yang akan mendukung kinerja website bizzie. Tidak hanya mengecek kecepatan dan keamanan saja, bizzie juga harus memperhatikan aspek fitur. Bizzie bisa mengecek lokasi server apakah berada di Indonesia atau tidak. 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!