fbpx

Simak Ini, Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Siapa sih yang tidak kenal dengan ? Para pengguna tentu sudah tau apa itu shared dan bagaimana cara kerjanya. Hosting terbagi menjadi 5 jenis diantaranya Virtual Privat atau , Hosting, Shared Hosting, Dedicated Server Hosting dan . Terdapat kelebihan dan kekurangan shared hosting yang kerap digunakan 

Shared hosting memiliki peran yang cukup penting dalam berjalannya hosting. Shared hosting biasa disebut juga dengan hosting bersama yang pada dasarnya mereka mampu membagi sumber daya server serta ruang dalam drive yang telah tersedia oleh provider hosting guna dapat digunakan bersama oleh beberapa website. 

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting 

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan shared hosting yang wajib anda ketahui terlebih dahulu. Beberapa diantaranya yakni : 

1. Kelebihan 

1. Fokus mengelola website 

Secara keseluruhan, shared hosting akan dikelola oleh provider dari hosting tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu takut akan segala hal yang berhubungan dengan sistem kinerja hosting. 

Disini, anda tidak akan kerepotan dalam mengurusi kinerja server serta menghemat biaya. Sebagai seorang pengguna anda akan diuntungkan dikarenakan dapat lebih fokus untuk mengelola blog atau website saja, lebih fokus pada hal – hal prioritas dan pada pembuatan konten. 

2. Harga murah 

Kelebihan dan kekurangan shared hosting berikutnya yakni harga shared hosting sangat cocok untuk anda yang memiliki budget minim. Jika dibandingkan dengan beberapa hosting lainnya, harga dari shared hosting termasuk sangat murah. 

Baca Juga :  DewaBiz sudah menjadi Certified cPanel Harga Lisensi Termurah

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan dalam masing – masing server yang tersedia, anda akan membangi sumber daya serta ruang dengan beberapa pengguna yang lain. 

3. Mudah digunakan 

Pemakaian shared hosting tergolong sangat mudah jika dibandingkan dengan hosting lainnya dikarenakan segala operasional dari server akan diambil oleh provider hosting sendiri. Maka dari itu, harus tetap berhati – hati ketika melakukan permainan, terlebih secara virtual. 

Bagi anda para pemula yang masih tidak dapat memahami tentang pemrograman, dapat tetap mengelola website sendiri. Sungguh menyenangkan bukan?. Anda dapat menjadi salah satu bagian di dalamnya. 

Namun jika nanti pengunjung situs website anda mengalami kenaikan, maka segera pertimbangkan untuk mengupgrade layanan dari hosting menuju level yang lebih tinggi. 

4. Akses ke control panel 

Kelebihan dan kekurangan shared hosting selanjutnya yakni pengelolaan blog atau website pribadi akan lebih mudah dikarenakan anda akan mendapat akses control panel yang dapat dioperasikan dengan sangat mudah.  

Dengan adanya kontrol panel, anda dapat memanfaatkan berbagai macam fitur yang telah tersedia seperti upload file, install CMS, mengelola email dan berbagai aktivitas lainnya yang menyenangkan. 

5. Maintenance lebih mudah 

Maintenance menjadi hal teknis yang sangat merepotkan. Namun anda tidak perlu khawatir karena seluruh hal didalamnya telah dikendalikan penuh oleh perusahaan hosting. 

6.Cocok untuk web bisnis dan blog 

Kelebihan dan kekurangan shared hosting ini sangat cocok digunakan untuk anda para pemula yang akan memulai sebuah website atau blog. Harga yang murah membuatnya sangat cocok untuk anda yang memiliki budget kecil. 

2. Kekurangan shared hosting 

Selain kelebihan, terdapat kekurangan yang masih belum banyak diketahui tentang shared hosting. Inilah beberapa kelebihan dan kekurangan shared hosting : 

1. Kurang aman 

Dikarenakan shared hosting memberi ruang luas di satu server, tentu potensi untuk terjadi penyalahgunaan akses pada fitur lainnya. Apabila hal tersebut terjadi, maka server akan sangat terpengaruhi, terlebih apabila sangat rentan keamananya. 

2. Kontrol server terbatas 

Kelebihan dan kekurangan shared hosting yakni adanya kontrol server terbatas. Di dalamnya tidak tersedia banyak ruang yang digunakan untuk akses dari satu server menuju yang lainnya sehingga kontrol anda sebagai pengguna menjadi lebih terbatas. 

Baca Juga Berikut : 5+ Keunggulan Cloud Hosting Buat Website Anda

3. Berpotensi crash 

Crash dapat terjadi kapanpun disebabkan jenis – jenis layanan shared hosting dikenakan jenis layanan shared hosting memiliki banyak pengguna dalam satu server. 

Baca Juga :  Syarat Pembelian/Pendaftaran Domain TLD Indonesia

4. Pemakaian aplikasi lain yang sangat terbatas 

Jika anda menggunakan shared hosting tentu tidak dapat menjalankan atau lainnya dalam waktu yang sama. Berbeda hal jika aplikasi tersebut telah ditawarkan oleh provider hosting. 

Tips Memilih Penyedia Hosting 

Selain mengetahui kelebihan dan kekurangan dari shared hosting, tips untuk memilih hosting diantaranya : 

1. Memilih penyedia hosting 

Perusahaan hosting kini semakin ramai dengan semakin bertambahnya jumlah masyarakat. Setiap perusahaan selalu berlomba untuk menawakan layanan paling baik menggunakan harga tebraik dan kompetitif.

2. Cek siapa usernya 

Guna memastikan kualitas layanan dari sebuah provider hosting, kamu bisa mengecek siapa saja sih yang sudah menggunakan layanannya.Dengan mengetahui siapa-siapa saja yang telah menjadi penggunanya, kita bisa tahu kualitas bisnisnya.

Tapi ingat, daftar klien yang tercantum di website mereka atau testimoni yang diberikan jangan langsung percaya 100% begitu saja ya.Jika memang memungkinkan, coba deh kroscek dan pastikan bahwa apa yang ditampilkan di sana bukanlah fiktif atau palsi.

3. Data storage dan bandwidth 

Anda dapat mengecek penyimpanan atau bandwidth yang telah disedikan oleh penyedia hosting. Yang pastinya anda harus lebih menyesuaikan diri antara kapasitas yang telah tersedia di paket layanan. 

4. Cek harga 

Sebelum membeli pastikan anda menentukan harga yang sesuai budget. Anda dapat memilih penyedia hosting dengan harga wajar. Beberapa kelebihan dan kekurangan shared hosting dapat bermanfaat untuk anda yang ingin membuat website. Semoga Bermanfaat dan selamat mencoba!.

Baca Juga Artikel Berikut : Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis