fbpx

5+ Keunggulan Cloud Hosting Buat Website Anda

Ketika grafik lalu lintas website yang kian menanjak, persentase konversi dan transaksi pun bertambah banyak. Tetapi shared tak mampu lagi menopang beban yang kian melonjak.

Pada tahap ini saatnya Anda memutuskan untuk hosting dengan resource yang memadai, seperti halnya . Namun, jika Anda tidak memiliki waktu ataupun pemahaman teknis yang memadai, hosting adalah pilihan terbaik. Dan berikut ini adalah keunggulan cloud hosting buat website Anda!

Apa Yang Dimaksud Dengan Cloud Hosting?

Cloud hosting adalah sebuah hosting yang memiliki cara kerja efisien dengan menggabungkan beberapa server sekaligus dalam pengoprasian sebuah website. Oleh karena itu, beban server dari website Anda akan menjadi lebih stabil dan seimbang.

Jadi fungsi cloud hosting yang menggunakan cluster ini selain sangat cocok bagi pemula yang tidak bisa mengoprasikan VPS juga kalau misalnya ada salah satu server yang mengalami masalah, maka server yang lainnya tidak akan terganggu dan tetap berfungsi sebagai cadangan sehingga website Anda tetap .

5+ Keunggulan Cloud Hosting Buat Website Anda

Semua hal didunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak terlepas masalah hosting. Namun dengan menggunakan cloud hosting terbaik Indonesia, resiko kehilangan ataupun website Anda downtime akan menjadi lebih minim.

Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan cloud hosting yang perlu Anda ketahui supaya dapat menentukan pilihan yang tepat untuk website Anda.

Baca Juga :  Domain .go.id Berarti Apa di Situs Pemerintah?

1. Performa Website Lebih Stabil

Sudah saya katakan diatas, bahwa teknologi cloud hosting ini menggunakan resources dari beberapa server cloud sekaligus. Sehingga memiliki website dengan performa yang stabil tidak lagi hanya menjadi idaman semata, karena  website Anda tidak akan pernah mengalami peristiwa downtime.

Bayangkan saja, jika salah satu dari server yang berada di cluster mengalami masalah ataupun tidak dapat memenuhi permintaan dari klien, maka cloud hosting akan memindahkan permintaan tersebut ke server lain secara otomatis. Menakjubkan bukan?

Itu hanyalah salah satu keunggulan cloud hosting buat website Anda, dan masih banyak kelebihannya dibawah ini.

2. Mampu Menampung Banyak Pengunjung

Memiliki website dengan lonjakan yang besar pun tidak akan menjadi masalah setelah Anda menggunakan cloud hosting.

Karena kapanpun Anda dapat meningkatkan kapasitas pada server cloud yang Anda miliki tanpa harus membeli sebuah server fisik hanya untuk menambah sumber daya yang lebih besar lagi.

Dapat dibilang, bahwa website Anda telah ditopang oleh beberapa server virtual yang kapanpun siap menangani permintaan lalu lintas yang besar dan terus melonjak. Oleh karena itu, website Anda tidak akan downtime meskipun menerima lalu lintas yang sangat tinggi sekalipun.

3. Mudah Untuk Dikelola (Bahkan Pemula)

Jika sebelumnya Anda telah menggunakan shared hosting, maka tidak akan berbeda jauh saat Anda upgrade ke hosting cloud.

Baca Juga: Simak Ini, Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting

Layanan yang terdapat di cloud hosting tetaplah menggunakan ataupun panel kontrol untuk mengatur segala hal teknis di dalam website seperti hosting Anda sebelumnya. Sehingga Anda dapat fokus dalam produksi konten, dan tidak perlu khawatir dengan masalah teknis yang rumit.

4. Data Recovery Lebih Mudah

Meskipun memiliki kelebihan, namun kekurangan shared hosting adalah pada masalah backup yang tidak begitu di prioritaskan.

Baca Juga :  Pengertian Ubuntu, Jenis, dan Keuntungan Menggunakannya

Namun masalah tersebut tak akan menjadi masalah lagi setelah Anda menggunakan cloud hosting. Penyedia hosting cloud akan melindungi data dari pengguna mereka dengan melakukan storing dan backup di lokasi yang berbeda.

Baca Juga: Manfaat Cloud Hosting Bagi Website Bisnis

Sehingga resiko besar akan kehilangan data secara permanen yang disebabkan oleh kesalahan-kesalahan tak terduga akan menjadi lebih minim.

5. Loading Time Lebih Cepat

Load balancing merupakan teknologi cloud hosting unlimited yang dapat membagi beban resource ke beberapa server yang berbeda sekaligus, sehingga dapat membuat situs dan aplikasi yang menggunakan cloud hosting mendapatkan waktu loading sangat cepat.

Bisa diibaratkan jika Anda menggunakan shared hosting, maka seperti satu orang yang membawa beberapa muatan sekaligus. Sedangkan cloud hosting ini seperti beberapa orang yang hanya membawa satu beban. Jadinya lebih ringan kan?

6. Biaya Fleksibel

Tentu saja menjadi salah satu kelebihan cloud hosting pada masalah biaya yang harus dibayar. Ya walaupun jika dibandingkan dengan shared hosting, memang akan terpaut perbedaan harga.

Namun disaat website Anda membutuhkan resources yang lebih tinggi, dan Anda tidak bisa mengelola VPS tentu saja mengeluarkan dana untuk cloud hosting murah dari perusahaan penyedia hosting di Indonesia adalah pilihan yang sangat bijak.

Baca Juga: Kelebihan Menggunakan Cloud Hosting Untuk Website

Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk menggunakan jasa yang menangani hal teknis, karena memang cloud hosting memiliki fitur yang sama seperti saat Anda menggunakan shared hosting yaitu terdapat panel kontrol untuk mengatur segala hal teknis di dalam website.

Itulah beberapa keunggulan cloud hosting buat website Anda yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika ingin upgrade untuk meningkatkan pertumbuhan website.