fbpx

Resmi Rilis!Apa Saja Fitur Baru WordPress 5.9 yang Ada?

Perilisan 5.9 resmi berlangsung pada tanggal 25 Januari tahun 2022 lalu. Perilisan tersebut mengartikan terdapat banyak fitur baru wordpress 5.9 maupun peningkatan dari fitur yang telah ada sebelumnya. Akan tetapi yang paling pengguna nantikan dari adanya wordpress 5.9 yaitu kemudahan pada desain dengan fitur bernama Full Site Editing. 

Tak mengherankan banyak pengguna merasa penasaran dengan apa saja yang dapat mereka lakukan dengan adanya Full Site Editing? Selain itu pertanyaan yang paling sering mencuat yaitu apa saja fitur baru wordpress 5.9 maupun update fitur sebelumnya? Bagi Anda yang merasa penasaran, inilah penjelasan lengkap tentang fitur baru tersebut.

Apa yang Menjadi Fitur Baru WordPress 5.9 untuk Pengguna?

Di bawah ini terdapat sejumlah fitur baru wordpress 5.9 maupun perubahan yang sudah berlangsung di WordPress pada versi 5.9 terbaru.

1. Full Site Editing dan Block Theme

Urutan pertama dalam fitur baru wordpress 5.9 yaitu adanya default yang bernama Twenty Twenty Two. Dimana penamaan default theme tersebut menyesuaikan dengan tahun perilisan resminya. Hal yang membedakannya dari tema lain, bahwa Twenty Twenty To merupakan block theme yakni tema dalam WordPress bersama yang di dalamnya terdiri dari bentuk block. Sementara itu dengan adanya block theme Anda dapat melangsungkan full site editing.

Adapun full site editing dapat dilakukan dalam situs wordpress milik Anda. Namun apa itu fitur bernama full site editing? Sebagai informasi, full site editing merupakan fitur baru wordpress 5.9 yang memungkinkan pengguna agar dapat mengedit secara keseluruhan termasuk widget, tema dan sebagainya tanpa harus menyentuh kode pada situs sedikitpun. Dengan demikian Anda dapat mendesain situs mulai header hingga footer secara langsung dalam block editor.

Baca Juga :  Cara Membuat Desain Blog Keren dan Menarik

Apabila tema pilihan Anda yaitu block theme serta dalam keadaan yang aktif nantinya Anda tak mendapati fitur berupa Customize yang ada di versi sebelumnya. Namun sebagai ganti, Anda nantinya melihat berupa sub menu editor yang ada dalam menu Appearance.

2. Desain lebih mudah dengan global style

Pada versi wordpress sebelumnya Anda dapat melakukan tahap parsial editing agar bisa mendesain situs dengan fitur bernama Customize. Tetapi upaya kustomisasi untuk Blocks, , Typography dan Layout mesti harus dilakukan dalam file bernama theme.json. Pada fitur baru wordpress 5.9, tersedia graphic interface untuk file theme.json. Sehingga desain situs dapat Anda lakukan tanpa harus mengedit ataupun menambahkan kode dalam file bernama theme.json tadi.

Bersama Global Style yang muncul dalam versi baru tersebut, nantinya Anda melihat adanya sidebare anyar yang bernama Styles. Dalam styles terdapat 4 komponen antara lain Typorgraphy yakni panel sebagai tempat pengguna melakukan kontrol typography untuk dan text yang tersedia pada situs. Anda dapat mengatur size, font family, appearance dan line height. Selanjutnya ada colors yaitu pandel tempat pengguna melakukan ataupun memilih kustomisasi pewarnaan dalam elemen situs.

Baca Juga Berikut : Cara Menambah Kapasitas Upload WordPress di Website

Dalam fitur baru wordpress 5.9 satu ini ada pula Layout yaitu panel sebagai tempat pemilik situs melakukan tahap kustomisasi layout misalnya mengatur keberadan padding layout situs. Terakhir ada blocks yang membuat Anda dapat merubah tampilan dalam spesifik block. Namun penting diingat kalau tiap  block mempunyai elemen yang berbeda dan dapat dikustomisasi.

3. Keberadaan Block Editor yang memiliki fungsi lebih baik

Tak hanya menghadirkan fitur baru wordpress 5.9, pembaruan tersebut turut meningkatkan adanya fungsi untuk sejumlah block editor. Misalnya saja navigation block yang memungkinkan pengguna memakainya pada pages dan post. Pembaruan berikutnya ada list view yang kini membuat pengguna dapat memindahkan section yang ada di list view dengan melangsungkan drag and drop saja.

Baca Juga :  Mudah! Cara Membuat Multisite dengan Subdomain

4. Fitur Pattern Block yang lebih beragam

Kehadiran pattern block pertama kali ada dalam werdpress di versi 5.5. Adapun block tersebut menyajikan template block atau struktur block yang dapat langsung pengguna pakai dalam konten situs hanya dengan beberapa tekan saja. Namun pada versi terbaru bukan hadir fitur baru wordpress 5.9 tentang ini melainkan adanya tambahan Footers Block serta Featured Block Patterns yang mana diambil secara langsung dari fitur Pattern Directory.

Tambahan tersebut menyediakan beramacam pattern ternama yang sudah siap digunakan dalam situs milik Anda. Adapun seiring bertambahnya jumlah opsi pattern dalam Pattern Directory, maka versi baru WordPress 5.9 pun memperkenalkan adanya Full Screen Patters Explorer. Sehingga pengguna pun dapat lebih leluasa dalam mencari sekaligus menambahkan adanya pattern dalam konten situs miliknya.

5. Performa versi baru wordpress yang lebih baik

Pemakaian block theme dalam WordPress 5.9 mampu mengurangi jumlah file jenis CSS yang ada di situs. Dengan demikian performa pada situs nantinya meningkat serta waktu loading bisa memakan waktu lebih singkat. Bukan hanya berkurangnya file jenis CSS, versi baru WordPress 5.9 dapat mengalami peningatan dalam lazy loading.

Pada sejumlah riset baru-baru ini, rupanya lazy lading bisa menurunkan performa pada situs sehingga pihak WordPress pun mulai melakukan upaya perbaikan untuk hal tersebut. Dalam versi WordPress terbaru, lazy load pun tak akan berlaku untuk foto petama yang tampil dalam situs namun tetap berlaku bagi gambar berikutnya. Keberadaan perubahan itu terbukti sudah meningkatkan kecepatan loading laman sampai 30%.

Itulah beberapa fitur baru wordpress 5.9 yang bisa dimanfaatkan bagi Anda para pengguna WordPress.

Baca Juga Artikel Berikut : 3 Cara Menghilangkan Powered By WordPress