fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

WordpressWebsite

Mengenal Berbagai Jenis Blok dalam Posting

Yanti puspita

Jenis blok dalam posting kini semakin beragam, karena pihak wordpress sendiri semakin gencar dalam menambahkan beragam bloknya. Ini semua karena wordPress telah menjadi salah satu platform terpopuler untuk membuat dan mengelola situs web, termasuk blog.

Salah satu fitur canggih WordPress adalah editor blok, yang memungkinkan kamu membuat konten dengan cara yang lebih fleksibel dan kreatif. Blok sendiri merupakan unit dasar dalam editor yang dapat berisi berbagai jenis konten, seperti teks, gambar, video, dll.

Pada artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai jenis blok yang tersedia di postingan WordPress untuk kamu semua.

Apa Itu Jenis Blok Dalam Posting Di WordPress

Sebelum kita beralih pada berbagai jenis blok dalam posting, sebaiknya kamu pahami dulu apa itu blok dalam konteks WordPress. Blok sendiri merupakan unit penyusun di editor blok WordPress. Setiap blok mewakili jenis konten tertentu dan memiliki fungsi uniknya tersendiri. Dengan menggunakan blok ini, kamu bisa dengan mudah mengelola dan mengedit konten postingan atau halaman WordPress kamu.

Jenis-Jenis Blok Dalam Posting Di WordPress

Di bawah ini adalah beberapa jenis blok dalam posting di wordpress yang paling umum di gunakan dalam postingan WordPress.

Blok Judul (Heading)

Ini adalah jenis blok dalam posting di wordpress yang di gunakan untuk membuat judul atau subjudul postingan kamu. Blok judul memiliki beberapa tingkatan judul (H1, H2, H3, dll.) yang penting untuk struktur SEO dan gaya konten.

Blok Teks (Paragraf)

Ini adalah yang paling dasar dan umum di gunakan. Kamu dapat menambahkan teks ke blok ini dan mengatur format teks, termasuk gaya teks, ukuran, dan warna.

Blok Gambar (Image) dan Galeri

Dengan blok gambar, kamu dapat menyisipkan gambar dari perangkat kamu atau dari URL. Kamu juga dapat mengatur ukuran, posisi dan tata letak gambar. Jenis blok galeri atau gambar ini memungkinkan kamu menampilkan banyak gambar dalam satu blok, yang memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi pengunjung.

Blok Video

Blok ini memungkinkan kamu memasukkan video dari berbagai platform seperti YouTube atau Vimeo. Untuk melaklukannya kamu cukup menambahkan URL video dan WordPress akan menampilkan video tersebut.

Blok Audio

Jika kamu ingin melampirkan file audio ke postingan kamu, jenis blok dalam posting audio adalah pilihan yang terbaik. Kamu dapat membuka file audio dari perangkat kamu atau tautan dari sumber lain dan wordpress akan menampilkannya.

Blok Tabel (Tabel)

Jenis blok dalam posting ini memungkinkan kamu membuat tabel dengan baris dan kolom. Hal ini sangat berguna untuk menyajikan data atau informasi dalam format yang terstruktur.

Blok Daftar

Kamu dapat membuat daftar berpoin atau bernomor menggunakan blok ini. Ada pilihan untuk daftar tidak berurutan (berpoin) dan berurutan (bernomor).

Blok HTML Khusus (HTML Khusus)

Jika kamu memiliki pengetahuan tentang kode HTML, blok ini memungkinkan kamu memasukkan kode HTML khusus ke dalam postingan kamu nantinya.

Blok Aplikasi

Dengan blok ini, kamu dapat memasukkan berbagai konten dari layanan eksternal seperti Twitter, Instagram, Facebook, dll.

Blok Spasi (Spacer)

Jenis blok dalam posting di wordpress ini memungkinkan kamu menambahkan ruang vertikal di antara blok lainnya. Selain itu blok ini juga bisa membantu kamu mengatur tata letak secara visual.

Blok Kutipan

Jika kamu ingin menyorot kutipan penting atau menampilkan kata-kata khusus, blok kutipan ini akan sangat berguna. Kamu dapat memilih gaya kutipan dan mengatur posisinya sesuai keinginanmu.

Blok Lainnya

Selain blok di atas, masih banyak blok lainnya yang bisa kamu gunakan, seperti blok kalender, blok perbandingan, dll, tergantung plugin atau tema yang kamu gunakan.

Keuntungan Menggunakan Jenis Blok Di WordPress

WordPress di kenal dengan banyak fitur dan kelebihan nya. Salah satunya adalah fitur blok yang beragam seperti yang telah di bahas di atas. Dengan menggunakan jenis blok dalam posting di atas, kamu akan mendapatklan beberapa manfaat di bawah ini.

SEO Friendly

Website yang di bangun menggunakan WordPress lebih SEO Friendly. Lalu website yang SEO Friendly akan lebih mudah saat bersaing di mesin pencari seperti Google atau Bing.

Tentu saja, jika kamu mencari suatu kata kunci, sebagian besar pengguna hanya akan melihat halaman pertama pencarian atau bahkan hasil pencarian teratas. Website yang muncul di halaman atas atau pertama mesin pencari biasanya adalah website yang sudah menerapkan SEO ini.

Plugin yang Melimpah

Salah satu jenis program yang dapat mendukung fungsionalitas program utama adalah plugin. Di sini, WordPress memiliki puluhan ribu plugin yang dapat kamu gunakan untuk mendukung website kamu. Misalnya untuk membuat website yang lebih SEO-friendly atau membuat website toko online.

Plugin di WordPress ini dapat membantu kamu mempermudah kedua hal ini nanti. WordPress juga memiliki repositori plugin yang saat ini berjumlah 59.000+ dan ada versi gratis dan berbayarnya.

Plugin berbayar akan memberikan fitur yang lebih lengkap, namun kamu juga bisa menggunakan beberapa plugin di WordPress secara gratis.

Gratis

Semua jenis blok dalam posting WordPress sepenuhnya gratis untuk di gunakan. Pengguna hanya perlu menggunakan layanan hosting dan membeli domain agar WordPress dapat berjalan sempurna.

Selain itu banyak layanan hosting yang memiliki paket layanan dengan harga murah dan menyediakan fitur-fitur canggih. lebih dari itu dengan di luncurkannya layanan hosting WordPress instan Biznet Gio, dan NEO WordPress, menjadikan layanan WordPress siap di gunakan dalam 60 detik.

Banyak Pilihan Tema

WordPress memiliki banyak pilihan tema mulai dari tema profesional hingga tema yang sederhana dan minimalis. Visualisasi website dapat di ubah dengan mudah dengan semua pilihan tema ini.

Pilihan tema di WordPress juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar, pengguna hanya perlu mengatur jenis tema untuk kebutuhan website. Selain itu, sebagian besar pilihan tema WordPress mendukung website responsif, artinya tampilan website dapat beradaptasi dengan berbagai ukuran layar perangkat.

Mobile Friendly

Website yang terlihat rapi dan di muat dengan cepat di browser seluler sudah menjadi suatu kebutuhan yang utama saat ini. Bukan hanya menyediakan berbagai jenis blok dalam posting, namun WordPress secara otomatis juga menangani hal ini untuk kamu.

Semua tema sudah mobile-friendly dan pengaturan tampilan di WordPress juag memungkinkan kamu memeriksa bagaimana situs web kamu di muat di perangkat seluler. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah membuat situs web kamu lebih ramah seluler.

Kesimpulan

Banyaknya jenis blok dalam posting di wordpress memungkinkan kamu mengumpulkan konten dengan cara yang lebih kreatif dan responsif. Dengan berbagai jenis blok yang tersedia ini, kamu dapat menggabungkan teks, gambar, video, dan konten lainnya dalam satu postingan.

Tentunya ini memberikan fleksibilitas besar untuk merancang tata letak website yang menarik dan interaktif. Jadi sekarang jangan ragu lagi untuk bereksperimen dengan berbagai jenis blok dalam posting dan menggabungkannya untuk membuat konten yang mengesankan bagi pembaca website kamu, ya.

Baca Juga