fbpx

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Membuat Submenu di WordPress

Cara membuat submenu di memang sangat mudah untuk dilakukan. Seperti yang bizzie ketahui, WordPress adalah salah satu CMS yang paling mudah untuk digunakan.

Untuk hal tersebut mempunyai bukti dari banyaknya jumlah pengguna WordPress. WordPress adalah salah satu platform yang bisa digunakan pada berbagai macam kebutuhan membuat sampai dengan toko .

Pada saat bizzie menerapkan cara membuat ini hanya membutuhkan beberapa menit untuk melakukan perubahan pengaturan saja. Ketika pengaturan sudah berhasil diubah, bizzie bisa menggunakan sesuai dengan keinginan.

Sebelum membuat menu pada sebuah , bizzie diminta untuk memahami lagi apa saja hal yang dibutuhkan oleh para pengunjung. Maka dari itu, untuk kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai cara membuat submenu di WordPress.

Cara Membuat Submenu di Wordpres Secara Mudah

Membuat submenu pada WordPress bisa juga dengan menggunakan secara gratis. Untuk langkah atau cara membuat submenu di WordPress yang bisa dilakukan adalah:

1. Membuat Menu Pertama

Cara membuat submenu di WordPress pertama adalah dengan menambahkan menu pertama terlebih dahulu. Akan tetapi, sebelum membuat menu bizzie bisa login pada dashboard WordPress terlebih dahulu.

Ketika sudah berhasil login, bizzie bisa memilih beberapa halaman yang akan dibuatkan menu. Ikuti langkah pembuatan menu pertama adalah memilih menu “appearance” dan “menus”.

Bagi bizzie yang ingin membuat menu bisa mengisi menu pada kolom “menu name” dengan menggunakan “menu pertama”. Setelah cara tersebut berhasil bisa memilih tombol “create menu”.

Tentukan juga lokasi menu dimana menu tersebut akan ditampilkan. Untuk lokasi menu kali ini diberikan tiga pilihan yaitu primary, secondary dan social. Perlu bizzie ingat juga bahwa setiap lokasi dan nama tidak boleh sama disetiap template tersebut.

Pada bagian “pages”, bizzie bisa memberikan tbizzie centang halaman yang ingin ditampilkan pada menu tersebut. Setelah itu, bizzie juga bisa memberikan klik lagi pada menu “add to menu”.

Setelah halaman utama sudah ditambahkan pada menu, maka bizzie bisa memilih lokasi sesuai dengan yang diinginkan. Untuk memilih lokasi bizzie bisa berikan klik pada “primary” dan “save menu”.

Baca Juga :  Manfaat SEO untuk Bisnis Anda

2. Mengurutkan Menu yang Sudah Dibuat

Cara membuat submenu di Wordpres yang kedua adalah dengan mengurutkan menu terlebih dahulu. Pada saat proses pengurutan bisa bizzie sesuaikan lagi dengan yang diinginkan.

Ketika belum sesuai, bizzie bisa memilih menu pengaturan dengan cara menggeser menu tersebut pada lokasi yang diinginkan. Setelah proses pergeseran sudah selesai bisa memilih menu “save changes”.

3. Membuat Submenu 

Submenu merupakan salah satu menu yang mempunyai banyak menu di dalamnya. Selain itu, untuk submenu juga mempunyai beberapa bagian seperti parent and child.

Pada submenu ini akan muncul ketika mouse diarahkan pada menu utama tersebut. Dengan membuat submenu dapat memberikan kemungkinan website mempunyai struktur secara baik.

Untuk membuat submenu di WordPress ini hampir sama ketika bizzie melakukan pengurutan lokasi menu. Silahkan bizzie tarik pada lokasi yang ingin ditempatkan sub menu tersebut.

Setelah semuanya sudah yakin, bizzie bisa memilih tombol “save changes” untuk menyimpan perubahan. Pada sub menu disarankan untuk bizzie yang ingin memberikan banyak menu.

4. Menambah Kategori Menu

Cara membuat submenu di Wordpres adalah dengan menambahkan beberapa kategori sesuai dengan keinginan. Untuk cara membuat submenu di wordpres kali ini bisa memilih menu “appearance” dan “menus”.

Setelah itu, bizzie bisa memilih menu “categories” dan “view all”. Berikan centang pada beberapa kategori yang ingin ditampilkan pada sub menu tersebut. Tarik juga beberapa kategori di bagian bawah menu ketika ingin menjadikan halaman tersebut di menu utama.

Pada saat semua perubahan sudah selesai, bizzie bisa menekan tombol “save menu” untuk menyimpan semua perubahan. Pada cara kali ini bisa juga menambahkan beberapa kategori menu yang sudah berhasil.

5. Menambahkan Tautan Pada Menu Navigasi

Ada banyak sekali cara membuat submenu di wordpress yang bisa digunakan. Akan tetapi, juga tidak ada salahnya bizzie pemilik website untuk mendapatkan tautan pada menu navigasi.

Contoh mudahnya adalah ketika bizzie ingin menambahkan tautan beberapa sosial media pada website tersebut. Untuk menambahkan tautan pada website bisa menggunakan memilih menu “custom links” dan masukkan tautan atau pada form text tersebut.

Setelah itu, bizzie juga bisa langsung memilih menu “add to menu”. Satu hal yang harus diingat adalah disaat menambahkan tautan bisa mengawali dengan :// atau https://. Cara yang terakhir yaitu bizzie tinggal meletakkan tautan custome tersebut dengan cara menarik dan kemudian pilih “save menu” untuk menyimpan semua perubahan.

Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman

6. Melakukan Edit Menu

Cara membuat sub menu di WordPress selanjutnya adalah melakukan edit menu. Ketika bizzie ingin melakukan perubahan bisa memilih logo segitiga pada kategori menu yang ingin diubah.

Setelah itu, bizzie juga bisa memilih menu “navigation label”. Pada menu tersebut, bizzie bisa melakukan perubahan sesuai dengan nama yang diinginkan. Paling terpenting bizzie jangan lupa menyimpan semua perubahan dengan memilih “save menu”.

7. Menghapus Menu

Cara membuat submenu di WordPress kali ini mempunyai langkah yang sama ketika melakukan edit menu. Selain itu, bizzie juga bisa memilih salah satu menu yang ingin dihapus. Setelah itu, bizzie juga bisa memilih menu “remove” dan kemudian pilih menu “save menu” untuk menyimpan semua perubahan yang sudah dilakukan.  

8. Memahami Lokasi Menu

Menu navigasi merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh WordPress. Selain itu, dengan menggunakan cara membuat submenu di WordPress kali ini bisa dilakukan dengan menggunakan pengaturan menu.

Selain itu, untuk bizzie yang ingin berada di acara tersebut harus mempunyai akses pada dashboard WordPress terlebih dahulu. Ketika sudah mempunyai izin akses, bizzie bisa mempunyai tampilan menu yang sama.

9. Menambahkan Menu Navigasi Pada Sidebar

Bagi bizzie yang ingin menambahkan beberapa menu tidak hanya bisa dilakukan pada bagian header saja. Akan tetapi, bizzie juga bisa menambahkan menu di bagian sidebar.

Untuk cara membuat submenu di WordPress kali ini  tidak jauh dengan beberapa cara yang sebelumnya. Untuk langkah yang bisa dilakukan dengan memilih menu “appearance” dan “widgets”.

Tarik juga widget pada tempat sesuai dengan keinginan. Selain itu, bizzie juga bisa menempatkan di bagian “primary” dan “recent posts”. Pada  menu “recent post” ini mempunyai fungsi untuk menampilkan beberapa yang masih baru. Masukkan juga nama menu pada bagian “title” dan kemudian bisa memberikan klik “save” untuk menyimpan semua perubahan yang sudah dilakukan.

Itulah dia beberapa cara membuat submenu di Wordpres. Pada setiap submenu yang ingin digunakan mempunyai cara yang berbeda-beda. Selain itu, bizzie juga bisa melakukan pengaturan pada menu “appearance” dan “customize”. Semua perubahan pada website ini bisa dilihat secara langsung.

Sekian penjelasan secara lengkap mengenai cara membuat submenu di WordPress. Semoga penjelasan diatas bisa memberikan informasi bagi bizzie yang membutuhkan. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.