fbpx

Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Membuat Chat Box di WordPress

Bagi bizzie yang mempunyai website untuk atau toko online, jangan lupa untuk memasang fitur box. Dengan adanya chatbox ini bisa memberikan pengunjung untuk menghubungi pemilik website secara cepat.

Untuk cara membuat chatbox di ini terbilang sangat mudah. Apalagi untuk website seperti WordPress ini sudah menyediakan yang memudahkan para penggunanya untuk membuat chatbox.

Ada beberapa cara membuat chatbox di WordPress yang bisa digunakan oleh  para pemilik website. Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai cara membuat chatbox di Wordpres bisa simak lebih lengkapnya di bawah .

Cara Membuat Chat box di WordPress

Cara membuat chatbox di WordPress dibagi menjadi tujuh bagian. Maka dari itu, ketujuh cara membuat chatbox di WordPress yang bisa bizzie gunakan adalah:

1. Melakukan Login Pada Dashboard WordPress

Cara membuat chatbox di WordPress yang pertama adalah dengan melakukan login pada dashboard terlebih dahulu. Pada saat proses login, bizzie bisa memasukkan username dan juga yang sebelumnya sudah dibuat.

2. Melakukan Install dan Mengaktifkan Plugin WP Chat box

Setelah melakukan login sudah berhasil, bizzie bisa melanjutkan ke cara membuat chatbox di WordPress yang selanjutnya. Langsung saja pilih menu “plugin” dan “add new”.

Cari chat box atau 3xc chatbox pada kolom pencarian. Ketika sudah berhasil menemukan plugin tersebut bisa langsung melakukan install dan mengaktifkan.

3. Melakukan Konfigurasi Plugin WP Chatbox

Ketika plugin sudah aktif, bizzie bisa memilih menu “” dan “settings”. Setelah itu, bizzie bisa langsung mengarah pada menu “general settings”. Pilih saja beberapa channel yang ingin digunakan pada chatbox.

Pilih juga opsi yang ada di bagian bawah untuk bisa menggunakan chatbox pada WordPress. Setelah itu, bizzie bisa memilih menu “next” untuk ke tahap atau cara selanjutnya.

Masukkan juga nama dan agent yang akan dipergunakan untuk membalas chat dari para pengunjung atau konsumen. Selain itu, juga bizzie meninggalkan username, nama dan alamat email. Setelah itu, bizzie memilih menu “next”.

Pilih juga warna tampilan warna pada chat box tersebut. Untuk pemilihan warna kali ini bisa disesuaikan dengan keinginan. Ketika sudah berhasil memilih, bizzie bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya dengan memberikan klik pada menu “next”.

Baca Juga :  Panduan Menonaktifkan Komentar di Wordpress dengan Lengkap

Tunggu hingga beberapa saat sampai dengan chatbox sudah berhasil berganti warna dan siap untuk dipergunakan Selain itu, bizzie juga bisa memperhatikan warna pada chat box tersebut, ketika sudah sesuai dengan keinginan maka perubahan sudah berhasil.

4. Melakukan Pengaturan Tambahan

Cara membuat chatbox di WordPress selanjutnya adalah merubah beberapa pengaturan tambahan. Pada cara yang sebelumnya, chatbox milik bizzie sudah bisa ditampilkan.

Akan tetapi, bizzie juga masih membutuhkan beberapa pengaturan lagi. Berikan klik pada menu “chat box” pada halaman WordPress tersebut. Setelah itu, bizzie bisa memilih menu “settings”.

Untuk bagian ini, bizzie bisa melakukan mengaktifkan chat dengan menekan tombol “yes” yang ada di kolom “chat enabled”. Selain itu, bizzie juga bisa memilih apa saja yang harus di input oleh user ketika akan memulai chatting.

Biasanya untuk beberapa hal yang dibutuhkan adalah nama dan email. Bahkan, juga terkadang hanya membutuhkan diri nama saja. Apabila user sudah ada yang login di area website, bizzie juga bisa mengatur supaya tidak perlu lagi memasukkan nama atau email sebelum melakukan chatting.

Sedangkan untuk bizzie yang ingin mengaktifkan chat box pada perangkat mobile juga bisa dilakukan. Untuk perubahan yang bisa bisa dilakukan mulai dari notifikasi suara dan masih banyak lainnya.

5. Melakukan Konfigurasi Pada Tampilan Chat Box

Cara membuat chatbox di WordPress selanjutnya adalah bizzie harus melakukan konfigurasi tampilan terlebih dahulu. Selain itu, bizzie juga bisa memilih tampilan chatbox sesuai dengan keinginan.

Paling terpenting untuk tampilan chat box yang diberikan pada halaman WordPress ini bisa membuat pengunjung nyaman. Untuk cara yang bisa dilakukan untuk tahap ini adalah memilih menu “live chat” dan “settings.

Setelah itu, bizzie akan diberikan beberapa menu pilihan. Sedangkan untuk menu yang dipilih adalah “chatbox”. Di dalam menu tersebut, bizzie juga mengatur semua posisi chatbox dan mengaktifkan pop up secara otomatis.

Pop up otomatis yang diberikan pada chatbox adalah informasi mengenai nama agen dan masih banyak lainnya. Ketika bizzie ingin terlihat lebih profesional, juga bisa memberikan nama dan avatar saja.

Sehingga, para pengunjung juga tidak bisa melihat informasi dari website tersebut. Untuk sifat dari hal yang satu ini adalah optional. Artinya bizzie juga bisa saja mengaktifkan ketika ingin mendapatkan pengalaman dari beberapa pengguna lainnya.

Baca Juga :  Apa itu PhpMyAdmin? Pengertian dan Fiturnya

Pada saat bizzie melakukan cara membuat chatbox di WordPress, selanjutnya bisa mengatur warna. Untuk pengaturan warna bisa memilih menu “settings” dan “styling”.

Pada menu tersebut bizzie bisa menentukan warna sesuai dengan keinginan. Selain itu, untuk memeriksa perubahan yang dilakukan bisa langsung di cek pada website tersebut.

6. Melakukan Pemantauan dan Membalas Pesan Chatbox

Ketika bizzie sudah menggunakan cara membuat chatbox di WordPress WP Chat Box, maka bizzie langsung bisa mengaktifkan plugin tersebut. Artinya, bizzie bisa langsung menerima pesan secara langsung atau real time dari para pengunjung.

Sedangkan untuk bizzie yang ingin membalas chatting bisa memilih menu “live chat” dan bisa memilih daftar chat yang sesuai. Kemudian, untuk bizzie yang ingin mengirim pesan bisa memilih menu “join chat”.

Pada saat bizzie sudah keluar dari halaman pop up chat, bizzie bisa membalas chat pengunjung di website. Sedangkan untuk percakapan yang sudah selesai, bizzie bisa memilih menu “end chat” dan halaman chatbox akan otomatis tertutup.

7. Melakukan Pengecekan History Pada Chatbox

Cara membuat chatbox di WordPress yang paling akhir adalah melakukan pengecekan pada history chatting. Bagi bizzie yang sudah menggunakan WP Chat Box, maka akan otomatis mendapatkan fitur plugin pengecekan history.

Selain itu, untuk fitur yang satu ini bisa melihat history chatting di beberapa waktu lalu. Untuk bizzie yang ingin mengakses bisa langsung memilih tab “history”. Pada plugin yang satu ini mempunyai fitur untuk mengecek pesan ketika melakukan chatbox.

Paling canggihnya lagi, ketika menggunakan fitur plugin yang satu ini bisa mengerti siapa pengguna mengirimkan pesan ketika offline. Apabila bizzie ingin melakukan pengecekan pesan offline bisa memilih menu “offline messages”.

Di dalam menu tersebut akan muncul semua pesan yang dikirimkan pengguna ketika offline. Dirasa untuk fitur yang satu ini sangat membantu sekali para pemilik website.

Website yang mempunyai tujuan untuk , memang sangat penting mempunyai fitur chat box. Selain itu, pada fitur yang satu ini bisa mempermudah para pengunjung untuk melakukan komunikasi dengan pemilik website.

Saat ini untuk menerapkan cara membuat chatbox di WordPress ini tidaklah sulit. Sudah ada juga beberapa plugin chat box yang bisa langsung digunakan oleh bizzie pemilik website. Tinggal aktifkan saja plugin tersebut dan berikan sedikit setting supaya chat box bisa berjalan seperti normal.