fbpx

Apa itu Feed Instagram? Pengertian dan Ukurannya

Meski ada banyak platform yang terus bermunculan, masih menjadi salah satu yang terbaik. Khususnya di Indonesia. Meski menduduki peringkat keempat di dunia, nyatanya pengguna Instagram di Indonesia mencapai 93 juta pada Juli 2021. Jumlah tersebut didominasi oleh anak muda rentang usia 18-24 tahun.

Sempat mengalami penurunan jumlah pengguna pada Oktober 2021 tidak mengurangi pengaruh dari platform satu ini. Masih tetap banyak pengguna di Indonesia yang menggunakan Instagram untuk berbagai keperluan.

Selain untuk hiburan, banyak pula yang menggunakannya untuk keperluan lain seperti membangun personal branding, menjalankan bisnis online hingga menjadi influencer. Semua itu tidak terlepas dari pengelolaan yang terlihat menarik dan rapi. Sehingga para followers juga nyaman ketika menikmati konten-konten yang disuguhkan.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instgram dengan Cepat

Pengertian Feed Instagram

Secara sederhana feed Instgaram adalah bagian yang menampilkan semua konten yang dibagikan. Baik itu berupa foto, , reels, hingga postingan milik orang lain yang menandai kita di Instagram. Melalui feed Instagram, followers bisa menmukan semua postingan yang kita miliki.

Pengguna juga bisa mengekspolarasi konten kita berdasarkan kebutuhan mereka, sebab Instagram telah membaginya ke beberapa kategori melalui tab menu yang tersedia. Seperti menu video (dulu IGTV) dan reels yang dibuat terpisah.

Ukuran Feed Instagram Terbaru

Variasi konten yang ditawarkan Instagram membuat dimensi atau ukuran tiap konten berbeda-beda. Sementara sebagai pemilik akun kita sebaiknya mampu memberikan konten dengan kualitas terbaik kepada followers. Untuk itu kita perlu mengetahui ukuran konten Instagarm terbaru.

Baca Juga :  Apa Itu Supplier? Pengertian dan Tugasnya

Rujukan yang kami gunakan adalah 2022. Sehingga rekomendasi ini akan cocok bagi Anda yang ingin menyiapkan konten-konten terbaru di Instagram.

Ukuran Feed Instagram untuk Foto

Postingan berupa foto masih banyak dipilih oleh pengguna. Setidaknya ada 3 rasio atau dimensi foto yang bisa digunakan pada feed Instagram, yaitu:

  • Foto persegi (1:1) dengan resolusi 1080 x 1080 piksel
  • Foto Landscape (1.91:1) dengan resolusi 1080 x 608 piksel
  • Foto portrait (4:5) dengan resolusi 1080 x 1350 piksel

Agar terlihat rapi dan menarik, ada baiknya untuk memilih satu ukuran utama yang menjadi acuan semua konten berbentuk foto.

Ukuran Feed Instagram untuk Video

Sama halnya dengan foto, ukuran video di Instagram juga terbagi dalam beberapa dimensi dan ukuran video, seperti:

  • Video persegi (1:1) dengan resolusi 1080 x 1080 piksel
  • Video Landscape (16:9) dengan resolusi 1080 x 608 piksel
  • Video portrait (4:5) dengan resolusi 1080 x 1350 piksel

Rata-rata video yang diunggah ke Instagram menggunakan dua pilihan ukuran, antara video persegi dengan rasio 1:1 atau landscape dengan rasio 16:9. Jika ingin tetap mempertahankan ukuran asli video tanpa terpotong, disarankan untuk menggunakan ukuran portrait atau landscape.

Ukuran Feed Instagram untuk Reels

Kemunculan Reels di Instagram membuat variasi konten semakin menarik. Banyak orang menyukai konten video berbentuk portrait ini. Meski begitu, ada juga yang memilih menggunakan video landscape meski akhirnya tetap berbentuk portrait.

Instagram Reels hanya memiliki satu ukuran video, yaitu Potrait (9:16) dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Pada fitur ini kita juga bisa menambhakan beberapa hiasan seperti teks, emoji, sticker hingga untuk menambhakan kesan menarik dan estetik.

Namun jika Anda berencana menampilkan konten reels di profil atau feed Instagram, ada beberapa ukuran yang direkomendasikan, yaitu:

  • Feed view (4:5) dengan resolusi 1080 x 1350 piksel
  • Profile view (1:1) dengan resolusi 1080 x 1080 piksel
  • Safe area (4:5+) dengan resolusi 1080 x 1350+ piksel
Baca Juga :  Inilah 3 Cara Menguji Tema WordPress dengan Aman

Safe area merupakan batas aman untuk menempatan berbagai hiasan tambahan seperti teks, emoji, sticker dan lain-lain. Jika mengikuti ukuran ini makan tampilan video akan tetap terjaga tanpa terpotong atau tidak terlihat dengan baik.

Ukuran Feed Instagram untuk Carousel

Selain foto berbetntuk persegi (single post), kita juga bisa membuat foto kolase (carousel post). Dengan fitur ini kita bisa mengunggah hingga 10 foto dalam satu psotingan. Meski begitu, kita juga tetap bisa memberikan efek (filter) serta ukuran berbeda pada tiap foto. Untuk ukuran carousel post terdiri dari:

  • Persegi (1:1) dengan resolusi 1080 x 1080 piksel
  • Landscape (1.91:1) dengan resolusi 1080 x 566 piksel
  • Potrait (4:5) dengan resolusi 1080 x 1350 piksel

Agar kesamaan ukuran setiap foto tetap sama, disarankan untuk memilih satu ukuran utama sebagai acuan untuk gambar lainnya. Saat proses upload, semua foto juga bisa langsung disamakan ukurannya.

Baca juga: 4 Cara Optimasi SEO di Instgaram

Konten atau postingan yang tampil di explore Instgaram biasanya membuat seseorang tertarik melihat profil kita. Maka dari itu feed Instgram yang kita miliki harus terlihat rapi serta menarik. Salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan mengunggah konten sesuai dengan ukuran yang telah direkomenadikan, contohnya seperti penjelasan di atas.

Konten dengan ukuran yang sesuai tidak hanya memberikan kesan rapi, tapi juga memberikan kesan nyaman pada pengguna yang melihatnya. Sehingga bukan tidak mungkin mereka juga akan tertarik mengikuti kita di Instgram. Dengan begitu pengikut di Instgram akan terus meningkat.