fbpx

Inilah Perbedaan Domain dan Hosting yang Harus Diketahui

Bagi anda yang pernah membaca artikel atau mengenai pembuatan tentu sudah tidak asing lagi dengan dan hosting. Keduanya merupakan hal yang paling penting dalam sebuah website. Sebelum membuat website, pastikan bahwa anda telah mengetahui perbedaan domain dan hosting. 

Seperti mengunjungi sebuah tempat. Anda tidak akan sampai di tempat tujuan tanpa adanya alamat yang jelas. Begitupun dengan domain dan hosting. Domain berperan sebagai alamat dan hosting adalah tempat yang akan dituju. Keduanya saling berkesinambungan satu dengan yang lainnya untuk saling membantu dalam website. 

Pengertian Hosting 

Hosting kerap digambarkan sebagai sebuah tempat dimana anda akan membangun rumah. Website merupakan rumah anda. Perbedaan domain dan hosting terletak pada pengertian. Apabila anda hanya berlangganan nama domain, anda seolah – olah memiliki alamat tanpa adanya rumah. 

Dengan begitu anda akan memberitahu alamat tersebut kepada orang lain. Namun pengunjung yang mengakses tidak dapat melihat apapun dikarenakan tidak terdapat rumah disana. Apabila anda berlangganan hosting, anda akan dapat menyimpan file, informasi, database berisi gambar, video dan script yang nantinya dapat ditampilkan dalam website. 

Pengertian Domain 

Domain merupakan nama dari website anda. Setiap pengunjung perlu untuk mengetikkan nama domain untuk mengakses website. Maka dari itu, sangat penting untuk memilih nama domain yang sesuai dengan keperluan anda. Masing – masing dalam jaringan akan saling terhubung satu dengan yang lainnya. Untuk tanda pengenal, setiap komputer menggunakan IP address atau alamat IP. 

Alamat tersebut akan menunjukkan letak dimana file website anda disimpan. Secara teknis website anda akan tetap dapat diakses menggunakan alamat IP. Terdapat sebuah sistem penamaan website dengan menggunakan nama domain agar lebih mudah diingat daripada menggunakan angka. 

Baca Juga :  Cara Instal Wordpress Secara Singkat Dengan Menggunakan softaculous

Anda dapat mengetikkan nama domain dalam kolom isian URL browser guna mengakses website. Contoh dari nama domain yakni : Hostinger.com, Niagahoster.co.id. Setiap pengguna akan memiliki nama domain dengan mendaftar melalui perusahaan yang melayani domain atau domain registrar. 

Urutan Penggunaan Domain dan Hosting Untuk Pembuatan Website 

Terdapat perbedaan domain dan hosting yang sangat terlihat, tidak hanya dari segi pengertian melainkan juga dari segi fungsi keduanya. Bagi anda yang ingin membuat website jangan lupa untuk mempelajari perbedaan dari keduanya. 

Tanpa adanya web hosting, website tidak dapat menggunakan jaringan internet. Perbedaan domain dan hosting sangat terlihat dari segi fungsi. Apabila anda telah mendapatkan nama domain, anda harus mengarahkan dan menyinkronkan menuju penyedia web hosting. Sehingga kedua hal ini tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. 

Guna menghindari berbagai permasalahan, anda dapat membeli keseluruhan dari satu penyedia. Anda tidak perlu ribet untuk menautkan seluruhnya dengan cara manual serta dapat langsung menggunakan website tersebut. 

Inilah urutan penggunaan domain dan hosting untuk membuat website : 

Selain mempelajari perbedaan domain dan hosting, pastikan anda juga mempelajari urutan penggunaannya. 

  1. Pilih nama domain serta periksa ketersediaan dengan tool cek domain. Apabila tidak didapati masalah, anda dapat langsung mendaftar
  2. Buatlah akun pada hostinger 
  3. Pilih paket hosting sesuai website yang dimiliki 
  4. Anda dapat mulai membuat website dengan website builder atau dengan sistem manajemen konten. Apabila menggunakan hostinger, anda dapat menggunakan Zyro Website Builder atau WordPress. 

Harga dan Tipe Website Hosting 

Jika anda telah selesai mempelajari pengertian serta perbedaan domain dan hosting, anda dapat mulai mencari tahu lebih dalam lagi mengenai tipe web hosting baik untuk situs perusahaan maupun travelling. 

1. VPS hosting 

Seluruh pengguna masih menggunakan server secara fisik, namun akan mendapatkan sebuah ruang server khusus yang artinya website anda tidak dapar terpengaruh orang lain. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Memilih Domain yang Baik untuk Sekolah

2. Shared hosting 

Perbedaan domain dan hosting berada pada harga yang ditawarkan. Shared hosting adalah hosting yang digunakan bersama untuk beberapa website dalam satu server fisik dan memiliki resource serta penyimpanan pada jumlah tertentu. Harga dari shared hosting sangat murah dan paling cocok untuk anda yang memiliki website personal atau kecil.

Baca Juga :  Cara Mudah Mengatasi Disk Space Usage Full

3. WordPress hosting 

Anda akan mendapatkan paket khusus yang sangat lengkap dengan berbagai fitur bermanfaat serta pilihan untuk pengoptimalan. 

4. Cloud hosting 

hosting mampu bekerja menjadi server virtual pribadi dengan beberapa server yang berbeda. Anda dapat memperoleh alamat IP khusus dan dapat mengontrol hal – hal yang berkaitan dengan backend. 

Anda dapat mencoba dari hosting paling murah yakni shared hosting. Dalam hosting ini anda tidak dituntut untuk memahami seluruh konsep dikarenakan seluruh urusan backend akan dikerjakan oleh tim hostinger. 

Perbedaan Domain dan Hosting 

Perbedaan domain dan hosting yakni hosting merupakan penyedia resource dan ruang untuk membuat website dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan domain adalah alamat website. Perbedaan itulah yang sangat terlihat dalam kedua elemen yang saling ketergantungan ini. 

Tanpa adanya domain, tentu website tidak mampu bekerja secara online. Memang masih dapat digunakan namun sangat sedikit orang yang berkunjung di website anda. Tentu anda tidak akan ingin menghafal alamat IP server hanya untuk membuka halaman website. 

Maka dari itu, anda harus memastikan domain dan hosting yang digunakan berkualitas. Tidak perlu khawatir karena terdapat banyak penyedia layanan domain dan hosting berkualitas serta harga yang terjangkau. Itulah beberapa informasi lengkap tentang pengertian, tipe website hosting, beberapa perbedaan domain dan hosting serta beberapa hal lainnya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Berikut : Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda