fbpx

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda

Apabila anda seorang penulis, ilustrasi, desain grafis, video editing, dan pembuat komik. Dengan kemampuan anda yang mempunyai bakat seperti itu anda bisa membuat sebuah karya – karya yang menarik untuk orang banyak. Dalam menjaga sebuah seni dalam diri kita, butuh konsistensi dan pembelajaran kembali untuk terus berkarya dengan bakat-bakat yang ada pada diri anda.

Bakat atau kemampuan yang ada pada diri anda akan terus berkembang apabila anda terus mengasahnya dan mempelajari serta diaplikasikan dalam hidup. Oleh karena itu, anda butuh modal untuk mengembangkan bakat-bakat anda agar selalu membuat karya untuk disajikan bagi orang banyak.

Salah satu cara untuk mengembangkan bakat anda dengan membuat sebuah website atau pribadi. Kami berharap dengan membuat sebuah website itu bakat anda akan menjadi sumber mata pencaharian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mengapa harus dengan sebuah website? karena media yang paling efektif dan efisien untuk membuat sebuah kampanye atau adalah website. Yang dimaksud dengan website disini adalah kreatif.

Perlu anda tahu, bahwa salah satu elemen yang penting dalam membuat sebuah website kreatif yaitu nama domain! Perlu anda tahu, bahwa nama domain ini merupakan identitas anda dalam sebuah website bisnis kreatif nantinya. Website ini harus dikenal orang dengan nama domain yang anda gunakan dalam membuat dan mempersembahkan hasil karya anda.

Ketika anda membuat nama domain yang unik dan kreatif merupakan strategi bisnis kreatif dalam sebuah website yang akan dipublikasikan di internet.

Sebagai seorang pebisnis yang profesional, bahwa identitas nama merupakan hal yang penting untuk meningkatkan bisnis kreatif. Maka dari itu, menentukan sebuah domain yang unik dan menarik adalah strategi yang harus diterapkan dalam bisnis kreatif ini. Anda akan memilih nama domain dari sekian banyak domain yang diberikan untuk anda. Namun dalam memilih sebuah domain harus mendapatkan satu nama domain yang itu menunjukkan profesionalitas dalam sebuah bisnis kreatif.

Untuk mendapatkan sebuah domain yang unik dan kreatif, anda bisa mengikuti tips berikut ini dalam memilih nama domain untuk website bisnis kreatif!

Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Kreatif

Pilih Nama Domain yang Mudah Dieja

Cobalah anda untuk menentukan nama bisnis dengan nama yang mudah dieja. Apabila kebetulan nama anda bisa dieja itu bisa menjadikan nama anda, namun apabila tidak bisa anda bisa mencari nama yang lain untuk mencari nama yang bisa dieja. Nama domain yang dieja biasanya sering diingat oleh orang banyak. Karena nama domain yang dieja itu terlihat kreatif dan unik. Contoh nama domain yang dieja adalah babe.com, ladyin.tech atau masih banyak nama domain yang sudah menjadi website besar dengan mengambil nama domain yang dieja.

Baca Juga :  Cara Membuat Website Sendiri Gratis

Jadi, pikirkan dari sekarang untuk menentukan nama domain yang kreatif dan unik serta nama domain itu mudah diingat oleh, salah satu cara dengan mencari nama domain yang bisa dieja

Membuat Sebuah Brand Sendiri

Membuat sebuah brand sendiri menjadi sebuah kewajiban dalam setiap bisnis. Pasalnya, membuat sebuah brand adalah entitas dari perusahaan itu, apabila brand atau merek anda sudah dikenal oleh banyak orang, maka hasil karya-karya anda akan sangat dipertimbangkan dan tidak diragukan lagi oleh para pengguna. Dengan brand atau merek ini juga akan menjadi sebuah media promosi yang efektif dan efisien.

Maka dalam menentukan sebuah domain jangan asal-asalan, karena kedepannya anda harus membuat sebuah brand atau merek yang dikenal oleh para anda.

Pilih Nama Domain Singkat serta Mudah diIngat

Dalam sebuah persyaratan membuat domain, nama karakter pada domain maksimum adalah 63. Ingat ya bukan berarti anda harus memenuhi angka 63 itu untuk membuat domain. Cobalah anda membuat sebuah domain yang lebih singkat dari angka itu, karena biasanya yang singkat-singkat itu akan mudah diingat oleh orang lain.

Memilih Ekstensi Domain yang Bagus

Ada 1200 ekstensi domain yang bisa anda gunakan. Namun dari 1200 pilihan ekstensi domain hanya beberapa saja yang memang sangat populer dikalangan bisnis kreatif. Diantaranya adalah sebagai berikut!

.TECH

.SPACE

.WEBSITE

.SITE

.ONLINE

.STORE

.PRESS

dan .FUN.

Jadi, dalam memilih ekstensi domain jangan terpaku pada 3 pilihan saja yaitu .COM .NET dan .CO.ID

5. Hindari Tanda Penghubung dan Angka

Seperti yang telah dijelaskan, bahwa domain yang bagus itu adalah nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh banyak orang. Ada beberapa kaidah yang harus anda hindari dalam membuat sebuah domain yaitu angka, tanda penghubung dan akronim. Unsur-unsur itu harus anda hindari dalam membuat sebuah domain.

Baca Juga :  Bisa Bayar Hosting DewaBiz di Alfamart!

Contohnya apabila nama merek adalah satu nusa, maka nama domain untuk merek anda adalah www.satunusa.net bukan www.1nusa.net . Pahamkan sampai sini?

Bukan hanya angka saja, tanda hubung juga harus anda hindari dalam memilih domain. Tanda hubung ini seperti strip (-) dan underscore (_) . Hindarilah tanda – tanda itu sebisa mungkin.

Radio Test merupakan alat untuk mengecek nama domain anda apakah mudah diingat atau tidak. Ini bisa digunakan sebelum anda membeli domain. Tak perlu anda menjadi sebuah penyiar radio sungguhan, cukup bayangkan saja, apabila anda jadi seorang penyiar radio apakah nama domain itu mudah diucapkan dan diingat.

Menemukan Kombinasi Nama Domain Kreatif

Untuk menentukan sebuah domain kreatif, strategi menentukan dan memilih kombinasi kata untuk nama domain yang unik dan kreatif adalah sebuah strategi yang bagus untuk brand atau merek anda. Namun dalam memilih nama domain dengan kombinasi kata perlu nama domain yang relevan dengan bisnis anda, supaya bisa lebih diingat oleh orang.

Maka dari sekarang coba anda untuk mencari dan menemukan sebuah domain yang kreatif dan unik dengan kombinasi kata yang memang akan diingat oleh banyak orang.

Perlu anda ketahui dan ingat, bahwa nama domain ini akan dipakai dalam jangka waktu yang lama, karena kesalahan para pebisnis kreatif jarang memikirkan ini. Nama domain yang telah dipilih oleh anda adalah identitas bisnis perusahaan anda dan itu akan dipakai untuk menjadikan brand dan merek perusahaan anda. Oleh karena itu, dalam memilih nama domain jangan sembarangan dan asal asalan. Karena nama domain ini juga merupakan aset yang berharga untuk kelangsungan bisnis website kreatif anda.

Ingat, bahwa nama domain yang akan anda pilih akan dipakai untuk sebuah keperluan komunikasi dengan para dan rekan . Maka dari itu nama domain harus kreatif dan terlihat profesional.

Itulah enam tips yang bisa anda pakai untuk menentukan sebuah domain yang kreatif dan unik yang akan membesarkan bisnis kreatif anda. Semoga dengan tips ini bisa membantu dan .com akan senang apabila kami bisa bekerjasama dengan anda dalam memilih sebuah nama domain.