fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Wordpress

Fungsi Fitur Tools Pada WordPress

Wiliam

Fungsi fitur tools pada wordpress penting untuk Bizzie ketahui jika menjadi salah satu pengguna WordPress. Pasalnya tools adalah salah satu fitur penting yang tersedia di wordpress untuk memudahkan pengguna dalam mengatur website mereka. Karena itulah keberadaan fitur tools sangat krusial dan kerap kali dibutuhkan berulang kali bagi para pengguna. Sayangnya masih banyak orang yang kebingungan apa sebenarnya fungsi tools itu sendiri.

Biasanya orang yang belum tahu apa saja fungsi dalam tools di wordpress adalah para pemula. Dimana para pemula itu akan kebingungan dalam menggunakan tools yang ada di wordpress itu sendiri. Jika Bizzie adalah pemula dan belum tahun apa saja fungsi dari fitur tools maka tak perlu khawatir. Sebab di bawah ini ada informasi penting terkait fungsi fitur tools di wordpress yang penting untuk Bizzie simak.

Apa Saja Fungsi Fitur Tools Pada WordPress?

Sebelum memahami fungsi fitur tools pada wordpress penting untuk mengetahui apa wordpress itu sendiri. WordPress adalah CMS terpopuler yang menaungi sampai 42% website di dunia. Bahkan diperkirakan angka tersebut terus bertambah seiring berjalannya waktu. Dengan CMS satu ini, para pengguna dapat mengelola website lalu mempublikasikan kontennya tanpa harus menguasai informasi tentang bahasa pemrograman terlebih dahulu.

Pada umumnya, CMS dipakai untuk blogging. Kendati demikian, wordpress dapat dimodifikasi menjadi website e-commerce atau yang kerap disebut sebagai toko online, koran online, website portofolio dan masih banyak lagi. Ada banyak keunggulan dari wordpress, salah satunya adalah software antar mukanya atau UI yang intuitif serta user friendly. Kalau kerap memakai Microsoft Word, maka akan sangat familiar dengan halaman editor dalam WP.

Di dalam halaman editor wordpress itu ada banyak fitur yang dapat pengguna manfaatkan. Salah satu fitur menarik dan sering digunakan oleh pengguna adalah tools. Dimana terdapat fungsi fitur tools pada wordpress tersendiri yang sangat bermanfaat untuk mengelola website milik para penggunanya. Karena itulah penting untuk para pengguna mengetahui fitur dari tools yang ada di wordpress itu sendiri.

Lantas apa saja fungsi fitur tools pada wordpress? Sebagai informasi, menu tools yang ada di wordpress merupakan tab menu yang ada di bilah sisi admin WordPress. Di dalamnya berisi alat untuk melakukan sejumlah tugas manajemen non rutin. Perlu diketahui, setiap instalasi di dalam wordpress sendiri ada tiga pilihan dengan tugas dan fungsi masing-masing antara lain:

1. Memposting Lebih Cepat

Di bagian pertama Tools ada menu bernama Alat yang Tersedia atau Available Tools. Di bawah bagian tersebut ada bookmarklet yang disebut sebagai Tekan Ini. Dengan bookmarklet, memungkinkan para pengguna memposting lebih cepat dan penerbitan berlangsung menggunakan tombol favorit di dalam browser. Dengan tombol tersebut, para pengguna tak perlu berlama-lama untuk memposting konten mereka di dalam website milik sendiri.

2. Mengekspor dan Import File WordPress

Untuk fungsi fitur tools pada wordpress berikutnya yaitu dapat mengekspor dan import file. Kalau Bizzie melihat lagi di menu drop down alat, maka bisa melihat tab impor dan ekspor secara langsung di bawah tab Available Tool atau Alat yang Tersedia. Alat untuk impor dan ekspor ini memungkinkan WordPress agar bisa mengimpor dan mengekspor data baik menuju ataupun dari sistem manajemen konten lainnya.

Alat untuk impor di dalam wordpress berisi skrip agar dapat mengimpor data yang berasal dari sistem manajemen konten lain ke platform wordpress. Kalau Bizzie mempunyai situs web di Blogger ataupun situs WordPress lainnya maka pengguna bisa memasang skrip yang dibutuhkan di halaman tersebut.

Skrip inilah yang akan memungkinkan pengguna untuk mengimpor konten Bizzie dari sistem manajemen konten apa saja yang sudah ditentukan. Inilah yang dimaksud dari fungsi fitur tools pada wordpres berikutnya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, skrip lain yang bisa Bizzie temukan di halaman ini yaitu kategori untuk tag converter skrip.

Alat ekspor tersebut memungkinkan para pengguna untuk mengekspor data WordPress dalam format XML dan nantinya bisa diimpor ke instalasi wordpress lainnya. Format ini disebut sebagai file WordPress eXtended WXR atau RSS. Nantinya ini akan berisi seluruh unggahan pengguna baik bidang khusus, komentar, kategori dan tag. 

Dengan fungsi fitur tools pada wordpress yaitu mengekspor ini, maka menjadi cara yang berguna untuk membuat cadangan di situs WordPress milik Bizzie. Oleh sebab itulah penting untuk pengguna mempelajari fitur tools yang ada di wordpress untuk memaksimalkan keberadaannya serta agar tidak melakukan kesalahan saat mengimpor maupun mengekspor file wordpress.

3. Menginstal Plugin

Untuk fungsi fitur tools pada wordpress berikutnya adalah memungkinkan pengguna menemukan sub menu tambahan. Adapun sub menu tambahan tersebut tergantung berdasarkan jenis plugin yang pengguna install. Karena itulah Bizzie harus menemukan plugin yang tepat berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Keberadaan plugin itu sendiri berguna untuk mempermudah pengguna dalam memakai wordpress.

Di dalam plugin ada banyak peralatan yang tersedia baik gratis atau berbayar. Oleh sebab itu, Bizzie bisa memanfaatkan keberadaan plugin di dalam tools untuk memaksimalkan performa dan kinerja situs itu sendiri. 

Itulah beberapa fungsi fitur tools pada wordpress yang penting untuk Bizzie ketahui. Dengan memahami semua fungsi yang ada di dalam fitur tools, pengguna bisa memanfaatkannya sebagaimana seharusnya untuk memenuhi kebutuhan Bizzie. Jadi, pengguna dapat mengelola websitenya dengan baik dan benar  berkat tools itu. 

Baca Juga