fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Affiliate

Daftar Toko Online Dengan Program Affiliate, Cari Cuan makin Gampang

Wiliam

Pernahkah anda mendengar program affiliate? Yah, program ini adalah salah satu program yang membuat anda bisa mendapat penghasilan tambahan. Terlebih lagi saat ini sudah banyak bisnis di berbagai marketplace yang tergabung dalam program tersebut. Jenis program ini bisa dikatakan susah gampang. Mungkin akan terasa susah di awal memulai namun akan terasa mudah jika sudah terbiasa. 

Saat ini sudah banyak yang bergabung dalam program ini, apalagi karena dapat dikatakan affiliate sebagai sumber penghasilan pasif yaitu penghasilan yang akan tetap mengalir selama konten yang dibuat masih ada. 

Lantas apa itu program affiliate dan apa saja daftar toko online dengan program tersebut?

Apa Itu Program Affiliate?

Program affiliate adalah program yang memungkinkan anda mendapat penghasilan berupa komisi dari hasil mengajak orang lain membeli atau menggunakan sebuah produk. 

Caranya cukup simpel, anda cukup bergabung di sebuah platform lalu mempromosikan barang yang ada di sana. Jika anda berhasil mengajak orang lain membeli produk tersebut, amak anda akan diberi komisi sesuai dengan ketentuan yang ada di platform tersebut.   

Untuk mendapatkan hasil maksimal, anda bisa memanfaatkan media sosial pribadi untuk mempromosikan barang yang anda pilih. Semakin banyak anda berhasil membuat orang lain membeli barang tersebut, semakin banyak pula komisi yang akan anda dapatkan. 

Besarnya komisi yang bisa anda dapatkan berbeda-beda bergantung pada platform atau perusahaan yang anda ikuti. Misalnya shopee, lazada, Tokopedia, Amazon yang memberikan komisi 10% – 25%, Niagahoster dengan komisi 70%, Tiket.com dengan komisis up to 60%, dan masih banyak lagi. 

Daftar Toko Online Dengan Program Affiliate

Terdapat begitu banyak perusahan, toko atau marketplace yang memiliki program affiliate mengingat cara ini menjadi cara promosi yang terbukti efektif. Diantaranya banyaknya perusahaan yang memiliki program affiliate, berikut ini beberapa perusahaan yang dimaksud.  

1. Tiktok 

Tiktok adalah salah satu media sosial untuk berbagi video pendek yang saat ini sudah dapat digunakan untuk melakukan jual beli sebuah produk. Platform yang awalnya hanya untuk berbagi video kini juga dijadikan e-commerce yang semakin banyak dimanfaatkan. 

Seiring perkembangannya menjadi sebuah e-commerce atau pasar digital, TikTok membuka program affiliate sebagai program pemasaran untuk membantu para penjual meningkatkan penjualannya. Tiktok memberikan komisi kepada kreator yang berhasil menjual produk sebagai seorang affiliate sebesar 10% hingga 25%. 

Tiktok sebagai media sosial yang sangat populer sekarang sangat potensial untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Bahkan sudah banyak yang mendapat penghasilan hingga ratusan juta dari program TikTok affiliate.

2. Shopee

Shopee adalah salah satu e-commerce yang populer digunakan masyarakat Indonesia. Platform ini mempertemukan penjual dan pembeli agar dapat bertransaksi tanpa mengenal jarak dan waktu. Salah satu program pemasaran pada platform inj adalah Shopee affiliate. Program ini dapat diikuti seluruh pengguna dengan cara mendaftar diri pada aplikasi. 

Shopee affiliate memberikan komisi kepada para affiliate sebesar 10% untuk pengguna baru dan 2,5% untuk pengguna lama.  Tak hanya itu, ada pula bonus yang diberikan 1.200 pesanan pertama sebesar Rp1.850.000. 

Anda juga bisa mempromosikan link produk yang ingin Anda promosikan ke berbagai Platform digital, misalnya Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan YouTube. 

3. Lazada

Lazada menjadi salah satu kompetitor Shopee di Indonesia. Sama seperti kebanyakan marketplace, Lazada juga memiliki program afiliasi pemasaran yang disebut dengan naman Lazada affiliate. 

Setiap pengguna Lazada yang sudah memiliki akun berkesempat untuk bergabung dalam program Lazada affiliate tersebut. Jadi, meskipun Anda bukan seller atau penjual di aplikasi ini, anda juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 

Komisi yang diberikan untuk para affiliate yang berhasil mengundang orang lain untuk membeli produk yang mereka tawarkan akan mendapat komisi mulai dari 1.5% hingga 7% bergantung toko dan jenis produk yang dijual tersebut. 

4. Tokopedia

Selanjutnya adalah melalui Tokopedia atau disebut affiliate Tokopedia. Program ini adalah salahnya satu program untuk mempromosikan produk para penjual dengan membagikan link yang ada di Tokopedia kemudian mengundang orang lain untuk membeli produk tersebut. 

Melalui program affiliate Tokopedia, Anda bisa memperoleh komisi hingga 10% yaitu dengan rincian, produk untuk kategori makanan dan minuman sebesar 10%, kategori kecantikan, fashion dan rumah tangga dengan komisi 8%, untuk kategori kesehatan dan, bayi dan ibu dengan komisi 5%, kategori olahraga dan hobi dengan komisi 3% kategori handphone, tablet, otomotif serta elektronik dengan komisi 1%, dan untuk kategori lainnya sebesar 2%. 

Selain itu nilai komisi maksimal yang bisa didapatkan untuk setiap kategori sebesar Rp 50.000 serta pihak Tokopedia sewaktu-waktu bisa mengubah persentase dan nominal komisi. 

5. Tiket.com

Perusahaan yang memiliki program affiliate yaitu Tiket com. Perusahaan ini bergerak di bidang bisnis travel, seperti penjualan tiket pesawat, kereta api, booking hotel, dan lainnya. 

Sama seperti program affiliate di perusahaan lain, untuk mendapatkan komisi anda perlu mengundang orang lain untuk menjual produk yang Anda tawarkan. 

Komisi yang didapatkan dari Tiket.com berbeda-beda tiap kategori,  misalnya tiap penjualan tiket pesawat memperoleh komisi sebesar Rp10.000, untuk booking hotel mendapat komisi sebesar 40% dengan total transaksi yang berhasil berkisar 1-49 transaksi, 42.5% untuk total 50-90 transaksi, 50% untuk rentan 100-149 transaksi, 55% pada total 150-499 transaksi, dan 60% untuk lebih dari 500 transaksi. 

Proses penarikan komisi dari tiket.com ini dapat dilakukan tiap bulan. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke dashboard lalu pilih menu untuk menarik komisi. Proses pencarian akan memakan waktu paling lambat selama 14 hari kerja. 

Itulah beberapa perusahaan yang memiliki program affiliate dan patut anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan. 

Baca Juga