fbpx

Cara Membuat Toko Online Di WordPress Termudah untuk Seller Pemula

Saat ini ramai orang yang menerapkan strategi untuk marketing digital dengan cara berjualan secara . Hanya saja sebagian besar dari mereka sekedar berjualan lewat sosial media serta marketplace. Padahal faktanya berjualan di toko secara daring bisa lebih menguntungkan. Sebab Bizzie bisa dengan bebas mengelolanya berdasarkan keperluan itu sendiri. Contohnya Bizzie bebas membuat kampanye untuk promosi, branding produk dan lainnya.

Bizzie tak perlu takut saat membuat situs toko online sendiri. Terlebih saat ini cara membuat toko online sangat mudah dilakukan. Sebagai calon penjual Bizzie hanya memakai CMS atau Content Management System seperti WordPress. Setelah itu toko online milik Bizzie pun siap dalam waktu hitungan menit saja. Hal menariknya lagi, Bizzie juga bisa melakukan kustomisasi terhadap desain. 

Termudah, Inilah Cara Membuat Toko Online Bagi Seller Pemula

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini Bizzie dapat membuat situs toko online dengan cara yang relatif mudah. Bahkan Bizzie pun tidak perlu harus memahami tentang coding sedikit pun. Terdapat beberapa langkah yang perlu diikuti guna membuat situs toko online yakni:

1. Memesan hosting serta domain

Cara membuat toko online pertama yang harus Bizzie lakukan yaitu mempunyai hosting serta domain untuk usaha toko daring milik Bizzie. Hosting sendiri merupakan tempat guna menyimpan situs sehingga bisa diakses lewat . Sementara domain merupakan alamat yang dituliskan agar bisa membuka suatu situs. Bagi Bizzie yang belum mempunyai hosting maupun domain dapat memakai layanan hosting di penyedia terkait.

Dengan layanan dari penyedia hosting, biasanya Bizzie tak perlu memikirkan tentang hal teknis misalnya kecepatan dan keamanan. Pasalnya hal itu nantinya ditangani secara langsung oleh tim dalam penyedia tersebut.. Selain itu Bizzie bisa bebas untuk menambah fitur maupun mengganti tema guna mempercantik penampilan tokonya.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Debug WordPress

2. Menginstal situs wordpress

Berikutnya dalam cara membuat toko online adalah Bizzie perlu menginstal situs wordpress secara manual apabila membeli hosting maupun domain pada penyedia yang belum mempunyai auto install. Berikut adalah cara untuk menginstal situs wordpress yang dapat Bizzie ikuti:

  1. Pertama silahkan lakukan login ke hosting memakai username serta yang telah dikirimkan menuju email milik Bizzie.
  2. Kemudian tekan install now.
  3. Lalu pada bagian Setup, pilihlah nama domain di kolom Choose Domain serta kosongkan pada kolom bernama In Directory.
  4. Jangan lupa isi dengan nama toko Bizzie serta deskripsi yang sesuai brand.
  5. Selanjutnya dalam cara membuat toko online yaitu buat username serta kata sandi untuk login ke dalam dashboard wordpress dan tekan install.
  6. Apabila tahap instalasi berhasil akan muncul tampilan secara detail mengenai URL situs toko online Bizzie.

Baca Juga Artikel Berikut : 5 Fitur Toko Online yang Wajib Ada Di Toko Online Anda

3. Melakukan pengaturan pada website

Walaupun pada tahap instalasi, Bizzie telah menulis nama serta deskripsi situs toko daring, tak jarang tampilannya masih belum tampak sempurna. Oleh sebab itulah Bizzie juga perlu merubahnya pada bagian pengaturan. Pertama-tama dalam cara membuat toko online ini yaitu silahkan merubah nama serta deskripsi situs, setelah itu Bizzie juga perlu merubah pengaturan pada permalink toko onlinenya.

4. Mengganti pada tema dalam website

Berikutnya yaitu mengganti tampilan pada website toko online milik Bizzie. Hal ini bertujuan agar tampilan situs tersebut tampak lebih menarik. Bizzie dapat melakukan kustomisasi terhadap desain dengan memakai tema yang ada dalam WordPress. Adapun tema website itu dapat Bizzie pakai baik secara gratis ataupun berbayar sekalipun. 

5. Menginstal plugin woocommaerce

Selanjutnya dalam cara membuat toko online sehingga memiliki fitur yang terbilang lengkap. Adapun fitur tersebut contohnya payment gateway, pencarian produk, cart dan masih banyak lagi. Hal inilah mengapa begitu disarankan agar Bizzie melakukan instalasi terhadap plugin . Plugin satu ini dapat merubah situs toko daring Bizzie menyerupai website marketplace sampai sepenuhnya. Selain itu plugin tersebut dapat Bizzie install tanpa mengeluarkan biaya atau gratis.

Baca Juga :  Perbedaan VPS dan Dedicated Server untuk Web Profesional

Anda juga akan membutuhkan WordPress yang sudah mendukung WooCommerce agar bisa menampilkan produk-produk Anda dengan baik.

Salah satu theme WooCommerce yang bisa Anda coba adalah Cepatlakoo, sebuah theme WooCommerce yang sangat cocok untuk membuat toko online dengan berbagai fitur yang sangat cocok dengan pasar lokal di Indonesia.

6. Melakukan pengaturan terhadap woocommerce

Sesudah berhasil menginstalnya, Bizzie dapat mengatur Woocommerce untuk melengkapi fitur dalam website toko online tersebut. Bizzie bisa mengatur mata uang yang akan digunakan pada piilhan Currency. Selain itu seller juga dapat merubah pengaturan untuk semua hal yang berkaitan lewat tab Products. 

Bukan hanya itu, dalam cara membuat toko online ini Bizzie juga dapat mengatur tentang metode pembayaran, akun pelanggan, email yang akan masuk ke admin serta customer, tindakan selama tahap checkout juga banyak hal lain.

7. Mengisi toko online dengan konten berupa produk

Kini seluruh plugin pun sudah terpasang serta pengaturan telah Bizzie ubah. Maka cara membuat toko online untuk berjualan selanjutnya yaitu mengisi dalam toko online tersebut dengan barang dagangan yang hendak dijual. Cara untuk menambahkan produknya sendiri terbilang mudah, yaitu dengan masuk dalam dashboard WordPress lalu isi semua informasi terkait produk yang tersedia dalam langkah berikutnya secara otomatis.

8. Melakukan pengaturan pada halaman utama

Selain beberapa hal sebelumnya, melakukan pengaturan terhadap tampilan dalam halaman utama termasuk bagian penting dalam tahap pembuatan situs toko daring. Bizzie pun bisa mengatur halaman utama supaya tampilan pada situs toko online Bizzie tampak semakin menarik. 

9. Memakai payment gateway

Sesungguhnya apabila Bizzie telah melakukan semua cara membuat toko onlinedi atas, otomatis toko daring sudah siap penjual pakai. Namun supaya memudahkan tahap pembayaran konsumen maka bisa saja coba untuk memakai payment gateway.

Itulah beberapa cara membuat toko online terlengkap dan termudah untuk seller pemula sekalipun.

Baca Juga Artikel Berikut : 6 Rekomendasi Pilihan Plugin WordPress untuk Toko Online

[adv]