fbpx

Cara Mengubah Permalink di WordPress yang Aman 

Pastinya bizzie pernah bertemu kata-kata “404 page not found” ketika sedang membuka pada . Ketika menemukan kata-kata tersebut sudah dipastikan bahwa link atau website sedang rusak. 

Tentu saja ketika berada di titik tersebut bizzie merasa kesal. Bahkan apra pemilik website pun juga akan merasa kesal dan panik karena situs atau link nya tidak bisa diakses. 

Ketika rusak akan memberikan pengaruh terhadap traffic website. Selain itu, juga dapat mengganggu kenyamanan dari para pengunjung yang sedang mengakses website tersebut. 

Tanpa disadari dengan permasalahan tersebut juga memberikan dampak terhadap penurunan jumlah pengunjung. Maka dari itu, untuk bizzie yang sedang mengalami hal tersebut bisa langsung mencari cara di

Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara tuntas mengenai beberapa cara mengubah permalink di wordpress. Untuk bizzie yang penasaran bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini. 

Pastinya untuk saat ini banyak sekali cara mengubah permalink di wordpress yang bisa dipilih dan dilakukan. Untuk bizzie yang ingin mengubah bisa menggunakan cara mengubah permalink di wordpress sebagai berikut:

1. Melakukan Reset Struktur Permalink Terlebih Dahulu

Pada cara mengubah permalink di wordpress yang utama adalah melakukan reset struktur terlebih dahulu. Ada beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan cara mengubah permalink di wordpress. Untuk langkah atau caranya adalah:

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan login pada halaman dashboard admin wordpress terlebih dahulu. Pada saat proses login tentunya menggunakan username dan juga
  • Ketika berada di menu utama bisa langsung masuk saja masuk pada menu “settings” dan “permalink”. Dua menu tersebut bisa mengatur
Baca Juga :  Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Membuat Chat Box di Wordpress
  • Mengubah opsi pada menu “common settings” pada menu pengaturan standar. Contohnya bisa dengan menggunakan numeric yang ada di pengaturan permalink wordpress dengan postname. 
  • Disaat perubahan sudah dilakukan bisa langsung memberikan klik pada kolom “save changes”. 
  • Lakukan perubahan lagi pada menu “common settings” ke pengaturan awal standar. Contohnya mengembalikan “common settings” menjadi numeric. Ketika sudah selesai melakukan perubahan bizzie bisa langsung memberikan klik “save changes”. 
  • Cara mengubah permalink di wordpress paling akhir pada kali ini adalah membuka kembali URL. Untuk URL bisa menggunakan yang sebelumnya tidak bisa diakses. 

2. Melakukan Nonaktifkan Plugin 

Terjadinya kerusakan pada permalink ini juga bisa disebabkan karena adanya kendala antar . Ada solusi atau cara mengubah permalink di wordpress yang bisa dilakukan. Untuk cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Login atau masuk terlebih dahulu pada halaman admin wordpress. Untuk cara mengubah permalink di wordpress bisa memilih menu “plugins” dan “installed plugins”. 
  • Pilih menu “deactive” di bagian salah satu plugin yang sebelumnya sudah di install.
  • Lakukan reset permalink seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan. 
  • Mengakses halaman yang sebelumnya telah memberikan petunjuk pesan bahwa website sedang eror atau tidak bisa di akses. 
  • Mengulangi langkah “deactive” secara berulang di beberapa plugin yang tersebut. Pada cara mengubah permalink di wordpress bisa dilakukan secara berulang terus menerus ketika pesan masih tetap muncul. 

Sangat disarankan bizzie selalu melakukan menonaktifkan plugin ketika proses install atau update sedang berlangsung. Ketika sudah berhasil menemukan plugin bisa menyimpulkan terjadinya kerusakan permalink tersebut. 

Berbeda lagi ketika bizzie tetap ingin menggunakan permalink plugin tersebut bisa menggunakan satu cara mengubah permalink di wordpress jalur vip. Maksud dari jalur vip ini adalah menghubungi pihak developer plugin untuk melaporkan permasalahan tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Popup di WordPress

Baca Juga :  Penjelasan Secara Lengkap Cara Memasukkan Google Form Pada Wordpress

3. Melakukan Pergantian File .htaccess

Ketika menggunakan kedua cara mengubah permalink di wordpress tidak berhasil bisa melakukan pergantian file .htaccess. Untuk proses perbaikannya bisa dilakukan dengan menggunakan konfigurasi defaultnya. Berikut beberapa langkah atau cara yang bisa digunakan:

  • Cara mengubah permalink di wordpress pertama bisa langsung saja masuk pada folder utama dari website tersebut. Bizzie bisa melakukan akses dengan menggunakan ftp dari client. File client yang digunakan adalah filezilla. 

Bahkan untuk menemukan file tersebut bisa langsung masuk pada menu “file manager”. Untuk menu “file manager” ini berada di pada website tersebut. 

  • Cara selanjutnya bisa menemukan file .htaccess dengan melakukan klik kanan pada file tersebut. Setelah itu bisa langsung melakukan menu “rename”. 
  • Lakukan penonaktifan terlebih dahulu. Setelah proses penonaktifan bisa langsung menggantinya dengan file baru dan nama berbeda. 
  • Buat file baru dengan nama htaccess sebagai alat pembeda antara yang baru dengan lama. 
  • Pembuatan file baru sudah selesai bisa langsung melakukan klik kanan pada bagian file .htaccess yang baru saja dibuat. Selain itu, juga bisa langsung melakukan salin script pada default file tersebut. 
  • Ketika semua cara mengubah permalink di wordpress sudah dilakukan jangan lupa memilih menu “save changes”. Ketika sudah memberikan klik pada kolom “save changes” maka semua perubahan sudah tersimpan secara otomatis. 
  • Selain itu, untuk cara mengubah permalink di wordpress yang juga bisa dilakukan adalah melakukan pengecekan ulang. Pada saat tahap pengecekan maka bisa melihat permalink masih error atau tidak. 

Bizzie bisa memilih salah satu cara yang menurutnya mudah untuk digunakan dan diterapkan. Jangan memilih cara mengubah permalink di wordpress yang belum paham secara betul. 

Nah, itulah beberapa cara mengubah permalink di wordpress yang bisa dipilih oleh bizzie. Besar harapan dengan penjelasan tersebut bisa membantu bizzie yang sedang membutuhkan.

Baca Juga : Memperbaiki Permalink di WordPress [Mudah dan Lengkap]