fbpx

Inilah Cara Membuat Daftar Isi Blog Pada WordPress

Apabila saat ini Anda adalah pengguna dan sering menulis , maka membuat daftar isi artikel merupakan sesuatu yang layak Anda lakukan. Daftar isi merupakan sebuah daftar yang berisi sub-judul di dalam artikel Anda. Lalu apa sebenarnya fungsi daftar isi ini? dan seperti apa cara membuat daftar isi di WordPress?

Sederhananya, dengan adanya daftar isi ini tentulah akan membantu pengunjung untuk bisa mendapatkan bagian dari artikel yang ingin mereka baca. Kerap sekali pembaca tidak ingin membaca keseluruhan artikel, namun hanya bagian tertentu. Seperti ketika misalnya Anda tengah ke pasar dan ingin membeli ikan, tentu lebih baik jika Anda tahu di mana toko ikan daripada harus berkeliling pasar, bukan?

WordPress ini sendiri pun tidak menyertakan daftar isi sebagai fitur default, yang berarti Anda harus menambahkan sendiri daftar isi melalui dari pihak ketiga. Plugin Table of Content dapat diperoleh dengan mudah di WordPress Anda. Berikut penjabarannya mengenai cara membuat daftar isi blog di WordPress.

Fungsi Daftar Isi di WordPress

Jika heading biasanya berfungsi untuk mengatur struktur konten artikel, daftar isi ini berisi justru berisi kumpulan heading atau judul, yang ada pada suatu postingan di blog atau .

Dimana fungsinya daftar isi ini, untuk memudahkan para pengunjung, yang sedang membaca konten artikel. Daftar isi ini pun nyatanya berguna, pada saat Anda membuat tulisan atau artikel pada suatu postingan atau halaman, yang panjangnya sekitar 1000- 2000 kata.

Baca Juga :  Mudah! Cara Membuat Multisite dengan Subdomain

Cara Membuat Daftar Isi Blog di WordPress Otomatis

Cara membedakan wordpress gratis dengan yang berbayar sebenarnya mudah saja, wordpress gratis daftarnya melalui wordpress.com sedangkan selft daftarnya melalui wordpress.org. Jika ingin tahu seperti apa cara membuat daftar isi blog di WordPress, ikuti langkah berikut:

  1. Pertama silahkan masuk pada blog wordpress Anda.
  2. Kemudian di bagian Dashboard silahkan pilih Page lalu pilihlah Add New Page.
  3. Berikutnya isi judul dengan Daftar isi atau Sitemap, kemudian pilihlah bagian HTML lalu setelah itu ketikkan (archives).
  4. Terakhir klik Publish kemudian lihatlah hasilnya, nanti akan muncul semua arsip blog Anda.

Cara Membuat Daftar Isi Blog di WordPress dengan Cara Self Hosting

Apabila misalnya Anda menggunakan wordpress selft hosted maka akan diajak dengan berbagai plugin gratis maupun berbayar yang sangat mudah digunakan. Disinni Anda tinggal instal plugin dan melakukan pengaturan sederhana.

Untuk cara membuat daftar isi blog di WordPress maka Anda bisa menggunakan plugin WP Sitemap Page, dimana plugin ini nantinya akan membantu menampilkan daftar isi yang Anda inginkan. Untuk lebih jelasnya berikut langkahnya:

  1. Pertama instal pluginnya terlebih dahulu, lalu kemudian silahkan masuk menu Plugins – Add New. 
  2. Selanjutnya lakukan pencarian dengan mengetikkan WP Sitemap Page, dan apabila sudah muncul maka selanjutnya silahkan instal dan aktifkan plugin tersebut.
  3. Jika sudah berhasil, waktunya untuk memasang di blog yaitu dengan cara masuk menu Pages – Add New
  4. Apabila nanti sudah terbuka, silahkan isi judul dengan Daftar Isi atau Sitemap, kemudian ketikkan shortcode berikut [wp_+sitemap_page only=”post”] (nanti silahkan hapus tanda + merah) yang ada pada halaman artikel. 
  5. Jika sudah selesai klik tombol Publish untuk menyimpan.

Cara Setting Plugin Daftar Isi

  1. Jika nanti sudah terinstall dengan baik, selanjutnya pilih menu Settings – pilih Table Of Contents.
  2. Nanti di menu General, Anda bisa atur daftar isi secara umum.
  3. Lalu di bagian Minimal Count of Headings, digunakan untuk setting minimal judul yang ada di post, untuk nanti menunjukkan daftar isi. Jika kurang dari 2, maka daftar isi tidak dapat ditampilkan.
  4. Begitu juga settingan lainnya, yang mana sebenarnya bisa Anda atur sendiri.
  5. Jika misalnnya ingin secara otomatis daftar isi terpasang, maka pada artikel postingan atau halaman, silahkan ceklist pada bagian Auto Insert Table of Contents.
  6. Nanti di bagian Post Types silahkan ceklist pada bagian Post (artikel postingan) atau Page (halaman) apabila mislanya nanti diperlukan.
  7. Terakhir pilih Save Changes.
Baca Juga :  Cara Melihat Tema Web Kompetitor WordPress

Sederhana, Cara Membuat Daftar Isi Blog di WordPress Tanpa Harus Ada Plugin

  1. Pertama buat html anchor pada judul yang ada di artikel. Nanti di bagian Gutenberg editor, pilih blok, convert ke heading, lalu aturlah nama untuk judul tersebut lewat HTML Anchor di sebelah kanan.
  2. Jika ingin memakai classic editor, untuk menambahkan link pada judul, silahkan masuk ke code editor, kemudian tambahkan id link untuk judul yang ada
  3. Selanjutnya ganti header id dan judul sesuai judul yang di buat, lalu kemudian tambahkan juga untuk semua judul yang ada, dan jangan lupa untuk memperhatikan agar h2 atau h3, dst sesuai dengan struktur yang di buat.
  4. Sementara jika ingin membuat daftar isi sangat disarankan untuk membuat dahulu list berupa text atau daftar untuk judul-judul yang ada pada artikel kita.
  5. Lalu tambahkan link, seperti membuat link biasa, hanya dengan alamat link #id. Sehingga dari id-id atau HTML anchor)yang telah di buat sebelumnya, akan menjadi target dari daftar atau resume yang kita buat. 

Tentunya keberadaan daftar isi sangat memudahkan setiap pembaca untuk memahami apa saja poin utama artikel dalam waktu yang singkat. Dengan cara di atas kini website Anda pasti akan jauh lebih menarik. 

No tags for this post.