fbpx

Cara Membuat Privacy Policy di Blog yang Harus Diketahui

Bagi Bizzie yang sering berselancar dalam dunia mengunjungi beberapa yang ada dalam mungkin tidak asing dengan . Meskipun Bizzie tidak begitu mengerti istilahnya namun ketika bahwa terdapat tulisan berupa beberapa poin yang jumlahnya cukup banyak memuat mengenai kebijakan privasi suatu website. 

Nah, itulah yang kemudian disebut dengan privacy policy. Ternyata untuk membuat privacy policy bukanlah hal yang rumit. Pada ini, kita akan mengupas tuntas apa yang dimaksud dengan privacy policy sekaligus segala hal yang berkaitan dengan cara membuat privacy policy di . Silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini tentang cara membuat privacy policy di blog ya!

Pengertian Dari Privacy Policy

Sebelum membahas mengenai cara membuat privacy policy di blog, maka ada baiknya terlebih dahulu Bizzie mengetahui apa yang dimaksud dengan privacy policy agar mengetahui konteks dan tujuannya seperti apa. Privacy policy merupakan suatu istilah yang digunakan untuk memberikan informasi mengenai cara sebuah website mengelola informasi yang berkaitan dengan para pengunjung. 

Hal ini juga tergantung pada informasi seperti apa yang akan dipakai sekaligus bahkan digunakan. Privacy policy ini kerapkali dikenal dengan istilah kebijakan privasi. Dan ada banyak sekali website yang saat sudah menerapkan kebijakan privasi ini sebelum Bizzie dapat mengakses website tersebut. 

Beberapa website yang menggunakan privacy policy atau kebijakan privasi ini menginginkan beberapa privasi yang berhubungan dengan Bizzie. Salah satu contohnya seperti nama, tanggal lahir, email, alamat IP, nomor telepon, bahkan informasi lainnya sesuai dengan keperluan dari website yang bersangkutan ingin mendapatkan data pengunjung website dalam hal apapun itu. Sejujurnya segala informasi yang sudah diberikan ini bisa digunakan saat seorang pengunjung ada di website. 

Baca Juga :  Langkah  Memilih Web Hosting yang Cocok untuk Bisnis

Jika Bizzie sebagai pengunjung yang bersangkutan, maka Bizzie bisa memilih untuk menaati kebijakan privasi sebelum membuat akun atau registrasi akun bahkan melakukan aksi berlangganan atau subscription yang ada. Beberapa website menganggap hal mengena kebijakan privasi sangat penting untuk ditekankan karena persetujuan privasi setiap individu yang wajib untuk dilindungi oleh berbagai pihak. 

Keuntungan Privacy Policy

Setelah menjabarkan panjang lebar mengenai dari privacy policy maka saat ini giliran manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan privacy policy sebelum benar-benar masuk ke dalam pembahasan langkah atau cara membuat privacy policy di blog. Adapun keuntungan dari privacy policy, yaitu:

1. Membuat website mendapatkan kepercayaan pengunjung

Salah satu alasan mengapa ada banyak sekali website yang kemudian menggunakan halaman kebijakan privasi dan belajar bagaimana cara membuat privacy policy di blog adalah hal ini dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung yang datang ke website Bizzie. Rasa percaya dari pengguna dan pengunjung website akan naik jika bisa mengetahui data privasi seperti apa yang diberikan dan diminta. Sebab sebelum memberikan data privasi maka Bizzie diberikan pilihan untuk melakukannya atau tidak.

2. Patuh pada regulasi atau peraturan yang ada

Kebijakan privasi dianggap sebagai tolak ukur patuh atau tidaknya pemilik website dengan regulasi atau hukum yang ada di internet. Dengan adanya halaman kebijakan privasi atau privacy policy maka dapat diminimalisir mengenai penyalahgunaan data pengunjung website seperti contohnya jual beli data pengguna maupun pelanggaran-pelanggaran lainnya.

3. Syarat bagi Google AdSense, Adwords dan Analytics.

Jika Bizzie ingin merasakan pelayanan AdSenser, Adwords, maupun Analytics maka syarat utama adalah Bizzie harus menggunakan halaman kebijakan privasi atau privacy policy pada website Bizzie. Sebab tentu saja perusahaan sekelas dengan Google tidak akan pernah mau berurusan dengan hukum atau ketidakpatuhan akibat dari penyalahgunaan data pengunjung yang datang ke website Bizzie. Jadi untuk bisa memanfaatkan layanan ini, Bizzie harus menyertakan halaman privacy policy terlebih dahulu.

Baca Juga :  Begini Cara Login ke Cpanel Website dan Blog dengan Cepat dan Aman

Baca Juga Artikel Berikut : Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Cara Membuat Privacy Policy Di Blog

 Akhirnya saat ini Bizzie akan mengetahui langkah dan cara membuat privacy policy di blog yang gratis dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Simak beberapa cara membuat privacy policy di blog berikut ini ya. 

  • Silahkan pergi ke situs Privacy Policy Online dan pilih Free Generators
  • Tunggu beberapa saat akan ada tiga pilihan menu disana, kemudian pilih tulisan privacy policy generator
  • Silahkan melakukan pengisian beberapa data berupa nama website milik Bizzie dan dari website tersebut kemudian klik tombol next
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul beberapa pertanyaan yang harus Bizzie jawab mengena Google Adsense, cookies dan pihak ketiga. Pertanyaan itu sebagai penentu nantinya kebijakan privasi seperti apa yang akan tertera.
  • Lakukan pengisian terhadap kolom country dan state kemudian pilih next
  • Masukkan alamat email milikmu dan pilih tulisan create privacy policy
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul preview teks privacy policy dan pilih copy to clipboard
  • Masukkan data untuk login dan buat halaman baru
  • Pada tulisan block editor maka Bizzie bisa memilih versi code editor
  • Pilih titik tiga yang lokasinya terletak pada ujung kanan atas dan pilih Code Editor
  • Copy paste kode tersebut dan jangan luput untuk memberikan judul privacy policy yang ada

Nah, itu dia langkah yang bisa Bizzie lakukan jika ingin membuat halaman privacy policy atau kebijakan privasi. Cara membuat privacy policy di blog ini tidaklah rumit karena secara otomatis Bizzie sudah langsung menyalin kode unik dan mendapatkan peraturan mengenai kebijakan privasi. Namun selain itu Bizzie juga bisa menggunakan format atau teks privacy policy tersendiri dan menyesuaikan beberapa hal yang Bizzie inginkan. 

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mudah Menaikkan Rating Blog