Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Hai Bizzie, kali ini DewaBiz akan berbagi info mengenai kelebihan dan kekurangan Google Adsense. Anda mungkin sering mendengar orang-orang menyebutkan istilah ‘Google Adsense’, namun tidak mengetahui apa itu Google Adsense. Google Adsense pada dasarnya merupakan platform advertising online dimana blogger atau publisher bisa mendapatkan uang lewat layanan Google Adsense.

Bagi Anda yang sedang mencari jawaban yang lengkap mengenai pertanyaan apa itu Google Adsense, berikut ini Anda akan menemukan ulasan lengkap mengenai platform periklanan terbesar di dunia ini.

 

Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense – Jadi Apa itu Google Adsense?

Kelebihan dan Kekurangan Google Adsense

Banyak orang sudah merasakan legitnya bisnis Google Adsense ini. Anda mungkin pernah melihat blogger yang ‘pamer’ pendapatannya dari hasil bisnis Google Adsense di media online, seketika Anda pun bertanya apa itu Google Adsense dan bagaimana cara kerjanya?

Google Adsense merupakan program periklanan CPC (Cost Per Click) dimana seseorang harus menempelkan kode iklan Adsense di situsnya. Iklan-iklan yang muncul merupakan iklan yang relevan dengan tema situs tersebut, misalnya situs tersebut bertemakan teknologi, maka iklan yang muncul juga iklan yang bertemakan teknologi.

Pemilik situs akan mendapatkan sejumlah uang jika ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut. Sistem pendapatan dari Google Adsense yaitu profit-sharing, publisher mendapatkan 68% pendapatan dan sisanya untuk Google.

 

Bagaimana Cara Kerja Google Adsense?

Nah setelah Anda mengetahui sekilas apa itu Google Adsense, Anda pun seharusnya bertanya tentang cara kerjanya. Bisnis Google Adsense ini memiliki cara kerja yang cukup simpel. Pertama advertiser (pengiklan) menempatkan pesanan iklannya di Google Ads (platform periklanan khusus untuk advertiser).

Baca juga: Cara Daftar Google Adsense Untuk Pemula

Nah pesanan iklan dari advertiser tersebut diteruskan Google menuju platform periklanan lainnya yang khusus untuk publisher yaitu Google Adsense. Situs-situs yang telah terdaftar Google Adsense ‘lah yang akan memperlihatkan iklan-iklan dari advertiser tersebut.

 

Google Ads -> Google Adsense -> Pemilik Situs

 

Kelebihan Google Adsense

Banyak blogger dan publisher yang setia dengan Google Adsense karena memiliki banyak keunggulan dibanding platform advertising online lainnya. Berikut beberapa kelebihan Google Adsense dibanding platform periklanan lainnya:

  • Tidak membutuhkan keahlian khusus (cocok bagi pemula sekalipun).
  • Sangat mudah mendapatkan uang (terutama jika situs Anda memiliki banyak konten dan juga memiliki banyak pengunjung).
  • Tidak ada minimum traffic.
  • Iklan benar-benar relevan dan tertarget.
  • Tidak ada pihak ketiga yang ikut ambil bagian.
  • Modalnya sangat kecil.
  • Visual iklan yang terlihat sangat rapi dan profesional.
  • Nilai per kliknya sangat besar (terbesar diantara platform periklanan online lainnya).

Kekurangan Google Adsense

Google Adsense memang rajanya platform periklanan bagi para publisher, namun tentunya Adsense juga memiliki kekurangan, berikut poin-poinnya:

  • Proses mendapatkan uang dalam jumlah banyak lumayan susah (Anda harus membuat banyak artikel berkualitas, backlink, desain website, dan lainnya).
  • Iklan tidak bisa diformat sesuai keinginan kita.
  • Google bisa memberlakukan banned (larangan menampilkan iklan) kapanpun Google mau, terutama jika situs Anda terdeteksi banyak kecurangan.

 

Nah itulah kelebihan dan kekurangan Google Adsense, bagaimana Bizzie sudah paham bukan? Bagi Anda yang masih bingung mengenai apa itu Google Adsense, maka Anda bisa membaca artikel ini. Bisnis online satu ini bisa dibilang merupakan bisnis online paling profitable. Namun tentu Anda mesti mempelajarinya lebih jauh. Jika Anda ingin belajar bisnis Google Adsense, Anda bisa mengikuti berbagai tutorial didalam menu blog DewaBiz.

Related Posts