fbpx

Mudah! Cara Membuat Multisite dengan Subdomain

Cara membuat multisite dengan subdomain sangatlah mudah. Bagi anda yang sedang mencari tahu langkah – langkah membuatnya, kali ini kami akan memberikan berbagai penjelasan lengkap tentang hal tersebut. Oleh karena itu, jangan sampai ketinggalan informasi ini.

Multisite adalah kumpulan dari beberapa website dengan menggunakan satu dan satu dashboard. Didalamnya terdapat beberapa website yang dibedakan kembali dari subdomainnya masing – masing. Sebagai contoh, adanya websitesaya.net menjadi domain utama, blogwebsite.net, info.websitesaya.net, about.websitesaya.net dan masih banyak lagi lainnya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas multisite dengan website berbasis menggunakan subdomain. 

Apa  Itu WordPress Multisite? 

Cara membuat multisite dengan subdomain yang sangat mudah akan memungkinkan anda dapat mengelola beberapa website menggunakan satu domain dengan satu dashboard di WordPress. Lalu, apa sih sebenarnya WordPress Multisite itu? 

WordPress Multisite merupakan sebuah fitur bawaan dari WordPress yang memberikan ijin kepada user guna membuat beberapa website dalam satu akun yang sama. Anda dapat mengelola ribuan bahkan jutaan website, mengelola tema, peran dan fitur dengan menggunakan WordPress Multisite.

Saat ini WordPress sedang populer dikarenakan keberadaan instalasi yang hampir sama dengan WordPress regular. Multisite memiliki beberapa struktur file, folder dasar serta code base sama dengan milik WordPress regular. Disamping itu anda hanya perlu untuk menginstall tema dan yang sesuai menggunakan dashboard utama. Kemudian tema dan plugin pun dapat dipergunakan oleh beberapa website menggunakan jaringan milik anda. 

Baca Juga :  9 Tips Memilih Tema WordPress Terbaik

Manfaat Menggunakan WordPress Multisite 

  1. Anda dapat mengelola ribuan bahkan ratusan website menggunakan satu instalasi 
  2. Update tema, plugin serta script dapat dilakukan sekali saja dikarenakan seluruhnya dapat dilakukan secara langsung menggunakan network admin atau dashboard utama milik super admin
  3. Anda dapat mengelola setiap sub-direktori atau subdomain di root domain menggunakan dashboard utama 
  4. Pada masing – masing dashboard terdapat admin sendiri sehingga anda tidak akan kesulitan untuk mengurus beberapa website di dalam Multisite WordPress.

Kelebihan Menggunakan WordPress Multisite 

1. Network admin 

Network admin berfungsi untuk mengelola setting yang ada di dalam skala jaringan besar guna dilakukan pendistribusian kepada beberapa didalamnya. 

2. Super admin 

Admin menjadi pemegang peran paling tinggi dalam WordPress regular dikarenakan admin dapat mengatur aksis untuk author lainnya, menginstall tema, plugin dan beberapa fitur lain didalam dashboard. Sedangkan pada WordPress Multisite, super admin menjadi pemegang peran paling tinggi yang akan memberikan akses kepada seluruh admin untuk mengelola situs dalam multisite. 

3. Tema dan plugin 

Tema dan plugin yang ada di dalam hanya dapat diinstal oleh super admin melalui network admin. Namun, tema dan plugin yang telah diinstal tetap akan tersedia dan dapat diaktifkan oleh setiap situs pada jaringan. Untuk melakukan aktivasi, super admin dapat mengaktifkan seluruhnya secara langsung menggunakan dashboard network admin. 

Cara membuat multisite dengan subdomain

1. Tahap persiapan 

Cara membuat multisite dengan subdomain yang pertama adalah melakukan persiapan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk persiapan yakni : 

1.Menyiapkan domain utama dan subdomain 
2.Melakukan backup file wp-config-php dan .htaccess

Baca Juga Artikel Berikut : Tips Memilih Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda

2. Mengaktifkan multisite mode 

Cara membuat multisite dengan subdomain berikutnya adalah mengaktifkan multisite mode yang ada. Anda dapat membuka file wp-config.php dengan cara pilih wp-config.php dan klik kanan kemudian klik edit. Selanjutnya pilih “/* that’s all, stop editing! Happy blogging. */” dengan menekan tombol ctrl+f melalui keyboard. 

3. Melakukan instalasi networdk WordPress Multisite 

Apabila kode tersebut telah ditambahkan, cara membuat multisite dengan subdomain selanjutnya adalah mereload WordPress. Kemudian klik network setup pada menu tools. Anda dapat memilih sub domains untuk membuat multisite dengan subdomain dan tambahkan network title dan network admin . Berikutnya klik install. 

Baca Juga :  Theme Toko Online Gratis Yang Dihadirkan Oleh Wordpress

4. Mengganti file wp-config.php dan .htaccess

Setelah klik install anda akan diarahkan menuju halaman dengan banyak kode. Beberapa kode tersebut harus di copy dan paste pada wp-config.php ataupun .htaccess dengan tujuan untuk membuat multisite dengan subdomain dapat terbentuk sukses. 

1. Cara untuk mengganti file wp-config.php yakni : 

Copy kode tersebut dan buka , kemudian pilih file manager. Selanjutnya klik public_html di bagian sidebar sebelah kiri dan pilih file wp-config.php. Klik kanan dan klik edit, kemudian cari “*/that’s all, stop editing! Happy blogging/*” dengan menggunakan tombol ctrl + f di keyboard. Terakhir anda dapat menempelkan atau paste kode. Jangan lupa untuk klik save changes apabila telah selesai melakukan penggantian. 

2. Cara mengganti file .htaccess 

Langkah pertama yakni copy kode dan buka control panel, lalu pilih file manager. Selanjutnya klik public_html di bagian sebelah kiri dan pilih file .htaccess. berikutnya klik kanan dan klik edit. Lakukan paste kode yang telah di cope pada file .htaccess. jangan lupa untuk save changes apabila telah usai melakukan penggantian. 

5. Membuat wildcard subdomain

Cara membuat multisite dengan subdomain berikutnya adalah membuat wildcard. Untuk membuat subdomain WordPress dan sinkron atau sesuai. Anda dapat mengikuti untuk membuat wildcard subdomain pada Hosting. 

6. Multisite dengan subdomain telah siap 

Kini website multisite dengan menggunakan subdomain telah siap. Anda dapat mulai membuat website baru pada subdomain di domain utama. Jika masih tidak dapat dibuka. Tidak perlu khawatir karena terdapat masa propagasi domain. 

Baca Juga Artikel Berikut : Ketahui Jenis-jenis Domain dan Fungsinya

Itulah beberapa informasi dan cara membuat multisite dengan subdomain bagi anda yang sedang kebingungan mencari langkah – langkah apa yang harus dilakukan. Selamat mencoba!