fbpx

Cara Membuat Akun Email Cyberpanel dengan Mudah

Bagaimana cara membuat memang banyak dicari informasinya sekarang ini. Salah satu keunggulan jika berlangganan hosting serta , yaitu membuat email dengan nama domain unik. Terlebih lagi, kalau Anda memakai hosting menggunakan cyberpanel. Maka, anda dapat membuat akun email cyberpanel 

Email merupakan layanan surat elektronik yang tentu sudah dipakai oleh para pengguna internet. Jika anda mempunyai hosting sendiri, maka akan lebih bagus karena bisa punya email dengan nama domain sendiri. Bukannya dengan nama email gratisan seperti yahoo, gmail dan sebagainya.

Memiliki nama email sendiri juga akan membuatnya semakin lebih kelihatan profesional. Jika anda merupakan pelaku , ini akan meningkatkan kredibilitas website. Orang-orang tentu akan lebih percaya dengan produk yang dipromosikan melalui email perusahaan atau bisnis, dibandingkan dengan email gratisan. 

Cara Membuat Akun Email Cyberpanel Secara Mudah 

Tutorial cara membuat akun email cyberpanel sebenarnya tidak memerlukan waktu lama. Anda dapat membuatnya dengan 4 langkah mudah. Tahapannya mulai dari login ke cyberpanel, akses ke menu email, membuat email, serta mengakses mail cyberpanel.

Sebelum anda mengikuti panduan ini, harap dipastikan sudah maafkan mail server SSL. Jika sudah, sekarang Anda dapat mengikuti panduan lengkap untuk membuat akun email cyberpanel.

1. Masuk Ke Cyberpanel

CyberPanel hosting control panel login screen at port 8090

Cara membuat akun email cyberpanel pertama, Anda dapat masuk ke admin cyberpanel dah dengan memasukkan akses alamat https://IP-server-Anda:8090 di . Berikutnya, Anda bisa menginput username dan password di kolom yang tersedia, dan selanjutnya klik sign in. 

2. Akses Ke Menu Email

Setelah anda login, berikutnya bisa masuk ke halaman dashboard pada cyberpanel. Di halaman tersebut, Anda dapat melihat berbagai menu dan mengakses email melalui dua cara. Pertama, dengan mengaksesnya lewat bagian available function. Cara kedua, bisa melakukannya lewat menu email pada side bar menu. Lalu, Anda dapat memilih sub menu create email.

Baca Juga :  Strategi Pemasaran Makanan yang Efektif Agar Laris Manis

3. Membuat Email Cyberpanel

Create an email address in CyberPanel

Cara membuat akun email cyberpanel selanjutnya yaitu membangun email. Di halaman create email account, Anda bisa mengisikan detail email yang hendak dibuat. Pertama-tama, bisa memilih nama domain yang akan dipakai untuk email. Caranya, dengan lihat di bagian select website.

Selanjutnya, masukkannya username dan password untuk email yang akan anda pakai. Password ini bisa dibuat sendiri ataupun juga di generate oleh sistemnya. Jika memilih generate password, anda jangan lupa menyimpannya di catatan supaya tidak lupa. 

Pastikanlah data data yang diinput sudah benar, kemudian bisa klik create email untuk membuat akun email secara langsung. Jika sudah berhasil dibuat, maka akan ada pemberitahuan atau notifikasinya. Selamat! Email sudah bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan, baik untuk pribadi maupun bisnis. 

4. Mengakses Webmail Cyberpanel

RainLoop email login screen

Cara membuat akun email cyberpanel berikutnya, Anda bisa mengakses email yang sudah dibuat dengan cara memasukkan URL https://namadomain:8090/rainloop pada browser atau bisa juga mengakses sub menu Access Webmail yang terdapat pada menu email.

Anda selanjutnya akan diarahkan ke halaman untuk login email. Input password dan username pada kolom yang tersedia, selanjutnya tekan enter agar bisa mengakses email. 

Manfaat Nama Email Dengan Domain Sendiri Bagi Bisnis

Anda telah mengetahui bagaimana cara membuat akun email cyberpanel. Mungkin juga timbul pertanyaan, untuk apa nama email menggunakan domain sendiri ? Bukannya tersedia layanan gratis seperti Yahoo atau Gmail ?

Menggunakan email dengan nama domain sendiri terutama untuk bisnis merupakan hal yang sangat penting. Apalagi, jika anda mulai merintis bisnis yang memang berhubungan erat dengan alamat email. Saat membuat email dengan asal-asalan saja, tentu kurang mendukung yang Anda jalankan. 

Baca Juga Artikel Berikut : Tutorial Menambah Add-on Domain di CPanel Paling Lengkap

Ada beberapa manfaatnya di saat menggunakan layanan nama email domain sendiri seperti berikut. 

1. Meningkatkan Reputasi

Bagi perusahaan maupun organisasi, punya nama email dengan domain sendiri akan memberikan reputasi atau penilaian yang bagus. Ini akan semakin membuat Anda kelihatan profesional dimata maupun sesama pebisnis. Akhirnya, tingkat kepercayaan semakin tinggi.

Baca Juga :  Tutorial Cara Memindahkan Hosting Wordpress ke Hosting Baru

2. Branding

Cara membuat akun email cyberpanel juga penting dilakukan untuk branding. Memiliki email dengan domain sendiri, akan semakin Anda mudah untuk mempromosikan bisnis. Orang yang menerima email pasti akan melihat siapa pengirimnya dan dari alamat tersebut diketahui apa tujuannya. Penerima email semakin mudah mengenal bisnis Anda. 

3. Untuk Keamanan Data

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan adalah keamanan data yang diterima. Bagaimanapun juga, email perusahaan sifatnya rahasia dan butuh pengamanan ekstra. Oleh karenanya, Anda dianjurkan untuk menggunakan email dengan nama domain dan hosting sendiri. 

4. Memudahkan Pelanggan Untuk Menemukan Anda

Saat pelanggan menerima email, tentunya akan memperhatikan dari mana alamat email itu. Ketika ingin menggali informasi lebih detail tentang bisnis atau perusahaan anda secara otomatis akan mengunjungi alamat domain setelah tanda @. Jadi, semakin memudahkan pelanggan untuk menemukan apa produk yang Anda jual. 

5. Kapasitas Yang Lebih Besar

Layanan Email gratisan misalnya Yahoo maupun Gmail, akan mempunyai batas bandwidth, kapasitas email maupun user pada sebuah grup. Oleh karenanya, dengan menggunakan nama domain email sendiri, akan semakin leluasa untuk anda karena diberikan kapasitas penyimpanan email lebih banyak.  Disamping itu, spesifikasi tinggi dari penyedia layanan hosting akan semakin memudahkan Anda membutuhkan email. 

Informasi tentang cara membuat akun email cyberpanel akan sangat membantu bagi Anda yang yang ingin membuat email tanpa menggunakan layanan gratisan. Berbagai manfaat bisa Anda rasakan, apalagi jika memang merupakan pelaku bisnis. Segala kelebihan tersebut harus dimaksimalkan agar semakin mengembangkan usaha.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Kerja Control Panel Hosting Yang Perlu Diketahui