fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

Cara Kerja Share Hosting Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangan 

Wiliam

Berbeda lagi dengan hosting, cara kerja share hosting memiliki ketentuan sendiri. Share hosting merupakan salah satu jenis web hosting yang banyak digunakan user karena harganya yang murah serta cukup mudah dan tidak merepotkan. Mengetahui cara kerjanya berfungsi agar keamanan website lebih terjaga dari pencurian data.

Sistem kerja share hosting atau yang disebut hosting bersama adalah membagi sumber daya dan ruang penyimpanan server yang tersedia dan disediakan oleh provider hosting. Sebelum beralih pada cara kerjanya, ada baiknya mengetahui kelebihan dan kekurangannya sebagai pertimbangan baik buruknya menggunakan share hosting.

Kelebihan Share Hosting

Berdasarkan cara kerja share hosting, maka diketahui bahwa share hosting memiliki beberapa kelebihan. Dimana kelebihan tersebut antara lain adalah:

1. Pengguna Bisa Mengelola Website

Sangat diketahui bahwa manfaat atau kelebihan share hosting yang paling utama adalah user atau pengguna bisa mengelola website. Bizzie tidak perlu mengelola hosting atau bahkan server itu secara langsung, karena ada provider yang bisa membantu. Sehingga, Bizzie bisa langsung mengurus website dan kontennya.

2. Harga Murah

Diketahui bahwa share hosting memang memiliki kelebihan dengan harga murahnya. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan share hosting khususnya yang memang memiliki budget minim dan terbatas. Harga juga menjadi patokan bagi seseorang untuk mengelola websitenya dengan baik.

3. Cocok Untuk Website Bisnis

Selain murah, dalam cara kerja share hosting juga sangat cocok untuk website bisnis. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang memang menggunakan share hosting untuk websitenya dan share hosting didominasi oleh para pebisnis yang sekarang ini sudah mulai menggunakan website.

4. Akses ke Control Panel

Keuntungan lainnya adalah Bizzie bisa mengakses ke control panel tanpa melakukan sistem pengoperasian yang sulit. Dengan bisa mengoperasikan dan mengaksesnya, maka Bizzie bisa memanfaatkan banyak fitur setelahnya. Diantaranya fitur install CMS, pengelolaan email, dan banyak lagi.

Kekurangan Share Hosting

Dimana ada kelebihan, pasti ada kekurangan dalam hal cara kerja share hosting. Kali ini, kekurangannya mungkin masih bisa diatasi seperti misalnya:

1. Kurang Aman

Kekurangan yang paling fatal bagi sebuah share hosting adalah keamanan datanya. Masalahnya, kekurangan yang satu ini terdapat pada share hosting yang begitu dibizzielkan oleh website. Share hosting kurang aman sebagai penyimpanan data, dan juga tidak aman karena disalahgunakan saat pengguna melakukan akses pada fiturnya.

2. Sering Mengalami Gangguan

Melihat cara kerjanya, share hosting juga tidak jarang bisa mengalami gangguan atau crash. Artinya, jika server sedang rusak maka pengaruhnya pada semua pengguna yang juga mengalami gangguan pada website. Sehingga, akan mempengaruhi juga terhadap kondisi website.

3. Kontrol Server Terbatas

Kontrol server terbatas juga termasuk dalam kekurangan pada cara kerja share hosting, karena tidak ada banyak ruang yang tersedia. Sehingga, akses terhadap server bagi pengguna memang dibatasi. Meskipun ada akses pada kontrol server, tapi tetap dibatasi oleh penyedia jasa share hosting.

4. Ruang Penyimpanan Terbatas

Meskipun memiliki ruang penyimpanan khusus untuk server, tapi share hosting memiliki ruang penyimpanan yang terbatas. Terbatas yang dikatakan disini adalah bahwa Bizzie harus berbagi lagi pengguna lain terkait fasilitas dari hosting.

5. Tidak Bisa Menggunakan Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Saat menggunakan aplikasi, ada kekurangan yang berkaitan dengan hal tersebut. Yaitu, user tidak bisa menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Bizzie hanya bisa menggunakan aplikasi dan software yang disediakan provider hosting, selain itu tidak bisa. Karena, bisa berdampak pada user lainnya.

Cara Kerja Share Hosting

Begitu Bizzie mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya, maka Bizzie bisa menganalisa bagaimana cara kerja share hosting. Adapun cara kerjanya adalah:

1. Pendaftaran Domain

Pertama kali dilakukan adalah pendaftaran domain, yaitu dengan mendaftar pada pihak penyedia jasa hosting tersebut. Tentunya hal ini dilakukan untuk membuat domain Bizzie sudah bisa digunakan.

2. Mendapatkan Space Server

Setelah domain terdaftar melalui layanan share hosting, maka selanjutnya Bizzie akan mendapatkan yang namanya space server. Fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan data secara keseluruhan. Bagi masing-masing pengguna, tempat penyimpanan itu memang sangat dibutuhkan.

3. Berbagi Server

Bukan hanya menyimpan data pada server yang harus Bizzie lakukan, tetapi selanjutnya adalah Bizzie harus berbagi nama server yang dipakai dengan pengguna/ user lainnya. Yaitu, mulai dari ruang drive yang disediakan, RAM serta kecepatan pemrosesannya.

Pihak jasa share hosting memang menggunakan mesin sebagai server khusus, tapi tidak bisa dihindari bahwa sumber dayanya memang digunakan oleh banyak kliennya. Semua akun sebagai pengguna di server akan berbagi sumber daya tersebut sebagai komputasi server web.

Namun, meskipun harus berbagi seperti itu tapi masing-masing file pengguna situs web akan tersimpan secara rapi dan terpisah pada server masing-masing di pohon direktori tersendiri setiap pengguna.

4. Bisa Mengakses Ke Control Panel

Hal dan cara kerja yang terakhir adalah bisa mengakses ke control panel, yaitu selain mendapatkan file pengguna masing-masing yang tersimpan maka para pengguna juga mendapatkan akses ke control panel websitenya. Seperti halnya bisa mengelola email, upload file, install CMS, dan banyak lagi aktivitas lain.

Itulah cara kerja share hosting secara urut yang dimulai dari mengetahui dan memaparkan kelebihan dan kekurangan share hosting tersebut hingga melakukan semua tahapan cara kerjanya. Sehingga, tidak ada hal yang tertinggal saat Bizzie menggunakan layanan share hosting.

Baca Juga