fbpx

Cara Install CloudPanel di Debian 10 Buster

adalah sebuah kontrol panel yang memudahkan anda mengelola secara praktis. Kontrol panel ini berbasis PHP berkinerja tinggi yang dibuat khusus untuk mengelola layanan VPS. Panel ini dibangun di atas PHP dan menggunakan Nginx dan MySQL. Sangat mudah untuk menginstal menggunakan skrip instalasi yang menangani semua permasalahan dari proses menginstal dan mengkonfigurasi paket yang diperlukan agar semuanya berfungsi seperti yang diharapkan.


CloudPanel menyediakan pelayanan yang mudah di managed yang memungkinkan anda mengelola layanan yang mencakup:
1. Manajemen basis
2. Manajemen
3. Manajemen pengguna
4. Manajemen Pekerjaan Cron
5. Keamanan


CloudPanel mendukung layanan utama seperti Cloud, Amazon Services, dan Digital Ocean. Dalam ini, kami akan menunjukkan kepada anda bagaimana cara menginstal CloudPanel di 10.

Persyaratan

Berikut ini adalah persyaratan yang diperlukan untuk menginstal CloudPanel:

  1. Sistem Operasi Debian 10 Buster
  2. Minimal 1 core CPU
  3. Minimal 2GB RAM
  4. Untuk DISK nya minimal 15GB

Baca Juga : Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

Cara Install CloudPanel di Debian 10

Untuk memulai, masuk ke server Debian 10 Anda sebaiknya perbarui daftar paket di sistem anda. Selain itu, anda dapat meningkatkan semua paket ke versi terbarunya. Beberapa paket akan diperlukan selama pemasangan Kontrol panel.
Langkah Langkah instalasi nya sebagai berikut:

  • Setelah persyaratan ada, masuk ke server anda dan jalankan skrip instalasi CloudPanel sebagai berikut menggunakan perintah curl.
apt install curl wget sudo -y 
curl -sSL https://installer.cloudpanel.io/ce/v1/install.sh | sudo bash 
  • Skrip secara otomatis menginstal dan mengatur semua komponen yang diperlukan oleh kontrol panel termasuk Nginx, PHP, MySQL, Percona, dan banyak paket, dependensi tambahan lainnya. ketika pemasangan dan penyiapan paket berlangsung membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit.
  • Setelah instalasi selesai, anda akan mendapatkan pemberitahuan di bawah ini dengan rincian tentang bagaimana anda dapat mengakses kontrol panel CloudPanel.
Baca Juga :  5 Rekomendasi Website Download Lagu Gratis
Instal CloudPanel di Debian
  • Untuk mengakses kontrol panel CloudPanel , buka browser anda dan telusuri alamat server-IP Anda:
https://server-ip:8443

Anda akan mendapatkan peringatan seperti yang ditunjukkan di bawah ini yang memberi tahu anda bahwa web yang anda coba akses berpotensi berbahaya dan dapat mengekspos anda ke serangan cyber. Alasan peringatan ini adalah bahwa CloudPanel belum dienkripsi menggunakan sertifikat SSL.

Peringatan SSL CloudPanel
  • Kemudia klik tombol ‘Advanced’ dan pilih untuk terus menjelajahi server Anda.
  • Selanjutnya anda akan diminta untuk membuat akses user Admin. Kemudian isi sesuai data pribadi anda dan klik Create User.
Create user Admin CloudPanel
  • Selanjutnya, masuk dengan akses login nama pengguna dan kata sandi Anda yang sudah anda buat.
CloudPanel Admin Login


Ini mengantar Anda ke dasbor CloudPanel seperti yang ditunjukkan.

Dasbor CloudPanel
  • Halaman beranda dasbor menampilkan informasi umum server seperti nama host, IP host, dan sistem Operasi. Anda juga mendapatkan metrik sistem seperti penggunaan CPU dan memori, pemanfaatan disk, dan rata-rata menu yang ditampilkan di dasbor terpisah.

Demikian untuk artikel dari saya yang mungkin dapat membantu anda. Untuk order VPS anda bisa langsung menuju ke link dewabiz.com/vps-super-compute/

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Mendatangkan Traffic ke Website