fbpx

Cara Agar IP VPS Tidak Terdeteksi Spam

Pada dasarnya cara IP tidak terdeteksi spam terbilang mudah terlebih untuk para pengguna. Tak jarang para pengguna VPS kerap mengalami kegagalan dalam mengirimkan . Selain itu tak jarang para pengguna justru mendapatkan mail bounce. Sebagai informasi, biasanya hal tersebut terjadi lantaran sebelumnya email VPS milik Anda sudah terdeteksi melakukan upaya spam. Jika banyak pengguna VPS mengalami hal ini tentu saja cukup mengkhawatirkan.

Sebab seperti kita ketahui, email yang sudah terdeteksi sebagai spam akan berada dalam folder terpisah. Sehingga sebagai pengirim, email milik Anda tak bisa masuk ke dalam kotak masuk penerimnya. Hal ini tentu mengkhawatirkan apalagi jika email yang Anda kirimkan sangatlah penting malah tak bisa langsung dibuka oleh kalangan penerima. Namun kini tak perlu khawatir sebab terdapat langkah tersendiri agar IP VPS milik Anda tak akan terdeteksi spam.

Inilah Cara-Cara IP VPS Tidak Terdeteksi Spam yang Mudah

Adapun cara IP VPS tidak terdeteksi spam  di bawah ini dapat para pengguna lakukan sesudah melakukan tahap pembersihan untuk VPS milik Anda. Setelah VPS sudah dibersihkan, silahkan langsung saja mengikuti tahap tertentu agar IP VPS Anda tak lagi terdeteksi sebagai spam. Dengan demikian penerima email yang Anda kirimkan bisa langsung menemukan pesan berbentuk email tersebut dalam folder kotak masuk dan tidak berada dalam file terpisah.

1. Langkah agar IP VPS tak terdeteksi sebagai spam

Agar IP VPS Anda tak lagi terdeteksi sebagai spam, berikut ini adalah tutorial termudah yang bisa dilakukan oleh kalangan pemula sekalipun antara lain:

  1. Tahapan pertama, silahkan Anda mengecek IP VPS terlebih dahulu lewat platform bernama mxtoolbox.
  2. Setelah mxtoolbox terbuka, cara IP VPS tidak terdeteksi spam selanjutnya adalah tuliskan VPS milik Anda lalu lanjutkan dengan tekan menu Blaclist Check.
  3. Sesudah itu nantinya terlihat IP address yang terblokir oleh sejumlah spam security. Anda dapat menekan detail pada salah satu di antara pilihan yang tersedia. Setelahnya silahkan Anda cari yang nantinya melakukan block. Adapun dalam kasus cara IP VPS tidak terdeteksi spam ini adalah Barracuda Central, lalu tekan link agar bisa menuju situsnya.
  4. Kemudian cari menu bertuliskan Removal Request, lalu isikan sesuai kolom yang tersedia. Adapun data tersebut yaitu IP address vps milik Anda, nomor telepon yang masih aktif. Data berikutnya yaitu email yang dapat dipakai untuk verifikasi, emailnya sendiri bebas selama masih aktif. Data terakhir adalah alasan Anda melakukan removal
Baca Juga :  Inilah Cara Memasang Histats Secara Mudah dan Cepat 

Pada cara IP VPS tidak terdeteksi spam ini, lakukan request untuk removal terhadap seluruh spam security yang telah melakukan listing. Agar bisa melakukan proses request removal untuk spam security lain langkahnya akan serupa atau hampir sama.

Baca Juga Berikut : Cara Mudah Migrasi Website ke VPS Hosting

2. Mengatasi IP VPS yang terdeteksi spam

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengikuti langkah lainnya agar IP VPS tak terdeteksi spam. Cara tersebut antara lain:

  1. Pertama silahkan buka alamat situs https://www.spamhaus.org/lookup/
  2. Sesudah itu masukkan IP VPS addres milk Anda, lanjutkan dengan tekan Lookup.
  3. Kemudian cara IP VPS tidak terdeteksi spam selanjutnya adalah perhatikan hasil lookup tersebut. Apabila IP VPS masuk dalam daftar blacklist SBL maka termasuk dalam spam.
  4. Agar bisa menghapus dari jajaran blacklist SBL dan tidak terdeteksi sebagai spam, silahkan tekan tombol SBLCSS.
  5. Pada laman form, silahkan Anda masukan informasi tertentu  seperti IP VPS address milik Anda, lalu hostname IP VPS serta email apa saja yang masih aktif.
  6. Setelah itu jangan sampai lupa untuk checklist pada Chapcha.
  7. Lalu tekan tombol process, nantinya Spamhaus mengirimkan Anda kode konfirmasi ke email yang dituliskan sebelumnya. Karena itulah penting untuk menuliskan email yang masih berstatus aktif dalam cara IP VPS tidak terdeteksi spam.
  8. Sesudah Anda menekan tombol Proccess dalam cara tadi, nantinya tampil halaman css ip removal berupa formulir konfirmasi.
  9. Dalam halaman itu silahkan isi lagi informasi yaitu IPS VPS address mlik Anda serta kode konfirmasi yang berasal dari spam haus dan sudah dikirimkan lewat email.
  10. Langkah selanjutnya dalam cara IP VPS tidak terdeteksi spam yaitu tekan tombol konfirmasi.
  11. Apabila sukses nantinya tampil halaman yang bertuliskan CSS removal successful.
Baca Juga :  Rekomendasi 10+ Situs Short Url untuk Memperpendek Link

Sebagai informasi, penghapusan IP VPS dari jajaran SBL agar tak terdeteksi sebagai spam membutuhkan waktu paling lama 1 x 24 jam. Namun waktunya bisa lebih cepat yang tergantung berdasarkan reputasi rekam jejak dari IP VPS milik Anda. Biasanya jika sudah kerap masuk dalam jajaran blacklist spamhaus, untuk upaya penghapusan nantinya memerlukan waktu relatif lama. 

Adapun staus penghapusan IP VPS dari list situs spamhaus dapat Anda lihat atau monitor dalam halaman check lookup seperti yang ada di awal tadi. Apabila saat dilakukan pengecekan dalam cara IP VPS tidak terdeteksi spam masih terdapat tulisan berwarna merah maka masih dalam tahap delisting ip vps dalam layanan spamhaus.

Namun apabila sudah berhasil untuk upaya penghapusan IP VPS dari spamhaus maka list hasil lookup atau tulisannya berubah menjadi warna hijau. Sesudah IP VPS berhasil dihapus dari list tersebut silahkan coba tes melakukan pengiriman email.

Itulah beberapa cara IP VPS tidak terdeteksi spam  mudah yang dapat Anda lakukan untuk terhindar dari pemblokiran.

Baca Juga Artikel Berikut : Cara Meningkatkan Security VPS di Cloud Dengan Mudah