Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

Pernah berpikir pindah ke layanan VPS hosting? Jika iya, maka artikel ini akan membantu Anda menemukan jawabannya. Migrasi dari shared hosting ke VPS hosting memang banyak manfaatnya. Namun pindah ke layanan VPS bukanlah perkara sederhana. Ada banyak hal yang mesti dipahami, khususnya agar beli VPS hosting jadi tidak sia-sia.

Jadi sebelum Anda membeli cloud VPS hosting di DewaBiz, Anda mesti mengedukasi diri terlebih dahulu. Selanjutnya jika Anda sudah paham syarat-syarat pindah ke layanan VPS, baru deh Anda bisa memasukan VPS hosting ke keranjang belanja lalu checkout.

 

Pindah ke Layanan VPS Hosting? Seberapa Pentingkah?

Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

Sebelum Anda pindah ke layanan VPS hosting, mari kita mulai dari yang paling dasar terlebih dulu. Ya, mari kita bahas dulu apa itu shared hosting dan VPS hosting! Sebelum pindah ke cloud VPS DewaBiz, tentu sebelumnya Anda menggunakan shared hosting, betul? Terkecuali jika traffic website Anda sudah terlalu membludak, maka Anda bisa langsung melakukan pembelian cloud VPS hosting di DewaBiz.

Hosting merupakan salah satu elemen paling penting dalam pembuatan website. Namun sayangnya, masih banyak yang belum mendalami hosting lebih jauh. Apalagi bagi newbie yang baru beli hosting dan domain, memang agak bingung dengan hosting. Banyak pemula yang belum tahu jenis hosting seperti apa yang dibutuhkan.

Baca juga: Bisa Bayar Hosting DewaBiz di Alfamart!

Kebanyakan orang memulai eksplorasi pembuatan website untuk pertama kali dengan membeli shared hosting. Mengapa? Karena dibanding jenis hosting lain, shared hosting ini harganya paling murah. Selain itu, berbagai setup bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Shared hosting merupakan satu server hosting yang digunakan beramai-ramai.  Jadi didalam shared hosting, ada banyak website didalamnya. Oleh karena itu, resource yang ada didalamnya dibagi rata ke setiap user. Karena dibagi rata, maka sebagai pemilik website, Anda mendapatkan ruang penyimpanan dan bandwidth yang terbatas.

Efek buruk dari penggunaan shared hosting yaitu mengenai pembagian resource. Jika ada salah satu website yang mendapatkan traffic melimpah dan menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan, maka ada yang mesti dikorbankan. Ya, dalam kasus tersebut, pasti ada website yang akhirnya down karena tidak kebagian resource.

Jadi apa bedanya shared hosting dengan VPS (virtual private server)? Nah pada prinsipnya VPS ini hampir sama dengan shared hosting, namun pada fungsi dan manfaatnya itu berbeda. VPS ini masih menggunakan satu server, namun karena dibuat dengan konsep virtual, maka setiap user mendapatkan satu resource khusus.

 

Ya, lewat sistem partisi, maka setiap user mendapatkan sejumlah resource tetap (dedicated). Berikut ini adalah beberapa poin yang membedakan shared hosting dengan VPS.

  • Tidak Tumpang Tindih

Meskipun menggunakan satu server yang sama, namun VPS merupakan satu space khusus, sehingga tidak tumpang tindih dengan pengguna server lain.

  • Tidak Perlu Berbagi Resource Dengan Yang Lain

Pada dasarnya, setiap VPS memiliki resource independen. Jadi Anda tidak lagi dipusingkan dengan kelebihan traffic dan space dari pengguna lain.

  • Fleksibel

Tergantung dari penyedia hosting tempat kamu membeli VPS, Anda bisa upgrade sumber daya VPS jika dibutuhkan. Misalnya Anda ingin menambahkan RAM atau CPU.

  • Kontrol Penuh

Dengan memiliki cloud VPS murah dan berkualitas, Anda bisa mendapatkan kontrol penuh atas resource yang Anda miliki.

 

Mengapa Anda Mesti Pindah ke Layanan VPS Hosting

Pindah ke Layanan VPS Hosting? Perhatikan Panduan Berikut Ini!

Meskipun VPS hosting ini banyak poin plusnya, namun sangat penting untuk memastikan bahwa Anda pindah layanan pada waktu yang tepat. Jika Anda upgrade shared hosting ke VPS terlalu cepat, maka ada banyak kerugian yang Anda dapatkan. Khususnya soal budget, dimana Anda mesti keluar budget banyak namun feedback-nya tidak terlalu seberapa. Nah kapan sih waktu yang tepat bagi Anda untuk pindah ke layanan VPS hosting? Cek jawabannya di bawah ini!

  • Website Jadi Lambat

Setelah berbulan-bulan lamanya, Anda akan menemukan bahwa loading website jadi lambat. Hal ini disebabkan karena resource semakin berkurang dikarenakan beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut yaitu traffic semakin meningkat, file gambar dan video yang semakin menumpuk, dan berbagai script yang ada didalam website.

Agar Anda lebih mudah mengecek resource hosting, coba cek di control panel. Jika resource semakin menipis, maka sudah waktunya Anda pindah ke layanan VPS hosting.

  • Hampir Mencapai Batas Bandwidth

Resource paling mahal dari hosting yaitu bandwidth. Ya, bandwidth merupakan kapasitas data transfer website. Bandwidth dalam shared hosting ini digunakan beramai-ramai, jadi website Anda bisa saja down karena tidak kebagian bandwidth. Jika sudah hampir mencapai batas bandwidth, ada baiknya Anda segera pindah layanan ke VPS hosting di dewabiz.com.

VPS ini tak hanya menyediakan bandwidth independen yang bisa digunakan secara bebas, namun juga sangat fleksibel untuk urusan resource. Jika sudah mencapai batas resource, misalnya bandwidth, maka Anda bisa upgrade VPS.

  • Website Butuh Sistem Keamanan Yang Lebih Kuat

Kebanyakan penyedia hosting memang menyediakan SSL untuk shared hosting. Namun tetap saja, shared hosting ini tidak cocok untuk website yang membutuhkan sistem keamanan yang kuat. Misalnya Anda ingin membangun e-commerce, maka sangat tidak disarankan untuk menggunakan shared hosting.

Selain karena mesti berbagi resource dengan user lain, sistem keamanan shared hosting juga sangat tipis. Lebih mudah bagi hacker untuk menerobos sistem keamanan website dengan shared hosting, dibanding dengan website yang sudah VPS. Jadi agar data-data penting tetap terjaga, sebaiknya Anda pindah layanan ke VPS hosting.

  • Anda Punya Website Forum

Jika Anda punya website forum, maka sebaiknya segera pindah layanan ke VPS hosting. Mengapa? Website forum ini memiliki kecenderungan menghisap bandwidth yang lebih besar. Jadi potensi terjadinya down semakin meningkat jika Anda menggunakan shared hosting.

Selain itu, website berjenis forum ini sangat rentan terkena serangan hacker (baik itu berbentuk spamming maupun DDoS). Jadi bagi Anda yang punya situs forum, segera beralih ya ke VPS hosting.

  • Anda Ingin Lebih Bebas

Jika Anda merasa bahwa Anda kehilangan kebebasan saat menggunakan shared hosting, maka sudah saatnya beralih ke cloud VPS hosting! Anda memiliki kontrol penuh atas hosting, dan tidak ada seorang ‘pun yang bisa mengatur apapun yang ada didalam hosting. Anda bisa install software apapun yang Anda mau, menjalankan sistem operasi yang berbeda, dan lain-lain.

 

Pindah ke layanan VPS hosting merupakan opsi yang paling cerdas asalkan Anda tahu waktu yang tepat untuk memulainya. Untungnya, Anda sudah membaca ulasan di atas. Jadi Anda bisa menentukan kapan mesti membeli VPS hosting. Jika Anda mau ‘hijrah’ dari shared hosting ke VPS hosting, cek layanan cloud VPS hosting dari DewaBiz.

DewaBiz menyediakan cloud VPS paling berkualitas dengan harga terjangkau. Apapun paket cloud VPS yang Anda pilih, Anda akan mendapatkan unlimited bandwidth. Keren bukan? Jika Anda punya pertanyaan mengenai VPS, Anda bisa mengecek artikel lain yang ada di website DewaBiz atau menghubungi layanan IT support.

Related Posts