fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

Hosting

Cara Cek Hosting Web dengan Dua Metode Berbeda

Rianda

Saat mengembangkan website, maka penting untuk melakukan riset kompetitor yang sudah ada sebelumnya. Salah satu metode yang bisa dijalankan adalah dengan mengecek hosting website lainnya. Cara cek hosting web ini tidak sulit dan bisa dijalankan dengan bantuan situs ketiga.

Untuk menjalankan proses ini, maka ada dua metode berbeda yang bisa diikuti. Dua metode yang akan dijabarkan akan disesuaikan dengan masing-masing situs bantuannya. Agar proses pemahamannya lebih mudah, simak rincian proses berikut ini:

Mengecek dengan Situs Host Advice

Untuk metode atau cara cek hosting web pertama, maka bisa dijalankan dengan situs bernama host advice. Karena dijalankan dengan situs bantuan, maka pengguna harus menyiapkan jaringan internet yang memadai. Jika internetnya putus-putus, maka prosesnya juga akan terhambat.

Jika ingin memanfaatkan situs ini, maka setidaknya ada enam langkah utama yang harus dijalankan. Setiap langkah tentunya penting dan tidak bisa disepelekan begitu saja. Penasaran seperti apa proses yang dibutuhkan? Untuk mengetahui detailnya, simak susunan berikut ini:

  • Sebagai langkah awal, pengguna harus masuk dulu ke situs Host Advice dengan alamat situs https://www.hostadvice.com.
  • Setelah masuk ke halaman situs utamanya, maka akan ada tulisan “Tools” yang letaknya di pojok sisi kiri. Pencet saja tombol tersebut untuk menuju halaman selanjutnya.
  • Jika sudah masuk ke halaman baru bernama “Free Hosting Tools”, maka pengguna bisa memilih opsi “Who Is Hosting This Site?”.
  • Kemudian masukkan domain dari web yang ingin dicari. Masukkan domain ke kotak yang bertuliskan “Type the Domain Here”.
  • Jika sudah dimasukkan, maka pencet tombol “Find”.
  • Saat tombol sudah dipencet, maka sistem akan menjalankan proses. Kemudian, akan ada informasi yang muncul untuk dipahami. Mulai dari hosting web, nameservers, CDN, web server, hingga WordPress theme-nya.

Rincian proses di atas tentunya sangat penting untuk dijalankan. Jangan sampai ada satu bagian yang terlewat atau tidak dijalankan. Jika ada yang dilupakan, maka prosesnya tidak akan bisa memberikan hasil yang sesuai dengan proses yang diinginkan.

Mungkin untuk yang masih awam, proses ini bukanlah proses yang mudah atau mungkin membingungkan. Namun jika sudah dijalankan dengan baik dan sesuai urutan, maka prosesnya akan mudah dan tidak akan membingungkan.

Mengecek dengan Situs Who Is

Selain dengan situs Host Advice, pengguna juga bisa memanfaatkan situs Who Is. Proses atau cara cek hosting web dengan situs ini juga bukan proses yang rumit. Namun tetap saja semua prosesnya harus diikuti dengan baik tanpa ada yang terlewat.

Setidaknya ada lima urutan proses yang harus dijalankan. Jika dibandingkan dengan proses di atas, maka pemanfaatan Who Is ini akan jauh lebih singkat. Oleh sebab itu, situs ini juga banyak dipilih untuk difungsikan. Berikut susunan langkah yang harus diterapkan:

  • Langsung saja masuk ke situs Who Is dengan alamat https://www.whois.com.
  • Setelah masuk ke halaman utama, maka langsung saja masuk ke menu “WHOIS”.
  • Saat muncul kotak pengisian domain, isikan saja nama domain dengan benar.
  • Jika sudah, kemudian pencet tombol “Search”. Nantinya, sistem akan menjalankan proses dan melakukan pencarian.
  • Apabila sistem pernah menjalankan proses, maka akan muncul beberapa informasi terkait dengan web tersebut. Mulai dari hosting web, kontak terkait yang lengkap, tanggal daftar, tanggal kadaluarsa, dan yang lainnya.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara cek hosting web dengan dua metode berbeda. Karena sudah ada dua pilihan, maka pengguna bisa menyesuaikan dengan pilihan yang diinginkan. Setiap pilihan tentunya sama-sama berguna asal dijalankan dengan benar.

https://writing.bibme.org/edit/1c6f14f2-299a-4d65-acce-6ee86f1074da/plagiarism

Baca Juga