fbpx

Cara Cek Backlink Kompetitor Secara Mudah!

Pada saat melakukan optimasi , ada banyak cara yang bisa bizzie gunakan untuk mendapatkan dengan kualitas terbaik. Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan cukup lama dengan para praktisi SEO adalah melakukan mata-mata dan mencari tahu sumber baclink dari kompetitor. 

Untuk bizzie yang masih baru masuk di dalam dunia SEO tidak di pungkiri ketika masih bingung dengan cara kompetitor. Melakukan pengecekan bakclink sendiri bisa di lakukan dengan menggunakan beberapa cara. 

Cara Cek Backlink Kompetitor 

Ketika akan melakukan cara cek backlink kompetitor bizzie bisa memanfaatkan beberapa tools atau yang sering disebut dengan Backlink Checker. Ada beberapa tools lain yang bisa bizzie gunakan sebagai berikut:

1. Ahrefs 

Cara cek backlink  kompetitor paling pertama bizzie bisa menggunakan bantuan tools dari Ahrefs. Ahrefs merupakan salah satu tools bakclink checker yang bisa bizzie gunakan untuk melakukan pengecekan backlink milik kompetitor. Pada tools ini banyak di pergunakan oleh para praktisi SEO. 

Penggunaan tools Ahrefs ini sangat mudah karena bizzie hanya perlu memasukkan alamat website tersebut pada kotak site explorer. Setelah bizzie memasukkan halaman bizzie bisa langsung disajikan secara lengkap mengenai jumlah dan sumber backlink milik kompetitor. 

Pada saat bizzie menggunakan tools satu ini tidak hanya diberikan data backlink saja akan tetapi ada beberapa informasi penting lainnya yang akan diberikan. Untuk beberapa informasi yang bizzie dapatkan lainnya adalah nilai PA dan DA, anchor, organic , reffering domain dan masih banyak lainnya. 

2. Moz Link Explorer 

Cara cek backlink kompetitor kedua bizzie bisa menggunakan tools dari Moz . Moz Link sendiri masih menjadi salah satu tools yang banyak di pergunakan oleh para praktisi SEO karena dapat diandalkan. 

Baca Juga :  Scan Virus Di Cpanel, Virus bye!

Cara penggunaan Moz Link Explorer adalah sangat mudah karena bizzie hanya perlu memasukkan alamat website milik kompetitor pada kotak pencarian. Ketika bizzie sudah berhasil memasukkan website milik kompetitor bizzie harus menunggu beberapa menit untuk mendapatkan nilai PA dan DA, anchor text dan lain-lain. 

3. SEMRush 

Cara cek backlink kompetitor ketiga bizzie bisa menggunakan tools SEMRush. SEMRush adalah tools yang mempunyai fungsi untuk mengetahui backlink dari para kompetitor. Untuk cara penggunaanya sama dengan beberapa tools yang sebelumnya. 

Sebelum menggunakan tools bizzie bisa melakukan copy backlink dari kompetitor dan langsung memasukkan pada kolom yang sudah tersedia. Pada saat bizzie sudah memasukkan backlink harus menunggu beberapa saat sampai dengan muncul data metrik dari tools tersebut. Data-data penting yang bizzie dapatkan mulai dari backlink, anchor text, organic traffic dan masih banyak lainnya. 

Para praktisi SEO tentunya sudah tidak asing lagi dengan beberapa tools yang sudah disebutkan di atas. Gunakan salah satu pilihan tools yang sudah di jelaskan di atas agar dapat membantu bizzie dalam mengetahui backlink dari para kompetitor. 

4. Majestic

Cara cek bakclink kompetitor keempat adalah bizzie bisa menggunakan tools chceker dari Majestic. Pada saat bizzie menggunakan tools tersebut akan diberikan banyak analisis mengenai kualitas website yang didasarkan mengenai strategi link buliding sebelumnya. 

5. Pi Datametrics

Pi Datametrick adalah salah satu tools untuk melakukan cara cek baclink kompetitor dalam membantu menjawab kebutuhan perusahaan dalam mengukur SEO. 

Pada saat menggunakan tools yang satu ini bizzie akan mendapatkan data mengenai ringkasan performa traffic, peringkat halaman website, mesin pencarian dan keefektifan dalam melakukan champaign. 

Baca Juga Berikut : Kelebihan & Kekurangan Search Engine Optimization (SEO)

Manfaat Cek Bakclink Kompetitor 

Setelah bizzie melakuakn cara cek backlink kompetitor yang sudah disebutkan di atas maka akan ada beberapa manfaat yang akan didapatkan. Untuk penjelasan lebih jelas mengenai manfaat cek backlink kompetitor bizzie bisa simak di bawah ini:

Baca Juga :  Cara Menginstal Wordpress via cPanel

1. Membantu Dalam Penerapan Strategi ATM 

Manfaat utama pada saat bizzie melakukan cara cek bakclink kompetitor adalah mempermudah ketiak akan melakukan starategi ATM. Untuk singkatan ATM sendiri adalah Amati, Tiru dan Modifikasi. 

Pada saat  melakukan pengecekan backlink milik kompetitor maka bizzie akan diberikan banyak referensi serta informasi mengenai bagaimana cara untuk melakukan link building. Link builidng adalah satu teknik yang digunakan untuk membangun bakclink. 

2. Dapat Membantu Untuk Antisipasi Pada Saat Ranking Halaman Menurun 

Era perkembangan seperti sekarang ini mengakibatkan persaingan semakin ketat dan sulit. Para praktisi SEO sudah tidak asing lagi dengan kejadian ranking halaman mengalami penurunan dan ada beberapa cara yang bisa bizzie gunakan dalam masalah satu ini. 

Pada saat melakukan pengecekan bakclink kompetitor mendapatkan satu manfaat. Untuk satu manfaat tersebut adalah bizzie akan diberikan informasi menegani keyword apa saja yang sedang di incar oleh kalangan kompetitor. Setelah bizzie mendapatkan informasi tersebut maka bizzie bisa mengatisipasi dalam penggunaan keyword. 

3. Memberikan Rancangan Strategi Outranking Website Kompetitor 

Untuk manfaat terakhir pada cara cek bakclink kompetitor adalah bizzie akan diberikan kemudahan untuk menyusun strategi outranking dari website kompetitor. Outranking yang dimaksud pada kesempatan kali ini adalah strategi yang mempunyai fungsi untuk menggeser posisi atau peringkat dari halaman website kompetitor. 

Dengan melakukan kegiatan analisa maka bizzie akan diberikan kekuatan lagi dalam pemilihan backlink, jenis konten dan bobot konten. Cara lain yang bisa digunakan bizzie bisa memberikan banyak bakclink agar mengarah ke halaman website bizzie. 

Sekian ulasan singkat mengenai cara cek bakclink kompetitor dan semoga dapat membantu bizzie yang sedang membutuhkan informasi mengenai hal tersebut. 

Baca Juga Artikel Berikut : Inilah 5 Cara Riset Keyword yang Mudah