fbpx

Tips Memilih Layanan VPS Terpercaya

Saat mengelola website, terkadang menggunakan VPS sangatlah penting. Inilah tips memilih layanan yang bisa dicoba agar mendapatkan fasilitas yang sesuai.

VPS atau yang sering disebut dengan Virtual Private Server adalah salah satu alat yang digunakan untuk menyimpan dan menjadikan sebagai server. Ketika sudah menggunakan VPS maka tidak banyak lagi sumber daya manusia yang digunakan karena tidak memberikan pengaruh terhadap web server maupun pengguna lainnya. 

Memilih VPS memerlukan beberapa pertimbangan khusus agar bisa lebih efektif dan efisien. Pada saat memilih VPS berguna agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian dan di harapkan bisa beroperasi sesuai dengan yang di harapkan. 

Proses penggunaan VPS sangat mudah dan bisa langsung digunakan untuk para pemula, apalagi untuk anda yang sudah paham betul mengenai perintah dasar linux akan merasa sangat mudah. 

Untuk menentukan dan memilih VPS bukan menjadi hal mudah artinya harus menggunakan beberapa tips memilih layanan VPS agar tidak sampai salah di kemudian hari. Penggunaan VPS akan lebih mudah digunakan lagi ketika menggunakan panel seperti WHM atau Webuzo. 

Macam-Macam Tips Memilih Layanan VPS

Pasti dari kalian belum tentu bisa menentukan bagaimana cara menentukan layanan VPS karena ada beberapa hal yang harus di perhatikan agar tidak sampai salah memilih. 

Pasti tambah penasaran bukan apa saja tips memilih layanan VPS yang bisa anda gunakan agar sampai tidak salah pilih dan berdampak buruk di kemudian hari. Daripada semakin membuat kamu penasaran mari langsung saja di bahas secara detail mengenai tips memilih layanan VPS secara baik, benar dan mudah. 

Menentukan Tujuan 

Tips memilih layanan VPS paling utama adalah anda harus benar-benar menentukan mengenai tujuan penggunaan layanan tersebut agar tidak terjadi salah pilih. 

Baca Juga :  8 Cara Memilih VPS Yang Terbaik

Tentunya VPS tidak hanya melulu digunakan untuk menyimpan dan menjalankan wesb saja akan tetapu juga ada banyak hal yang bisa di lakukan dengan menggunakan VPS. Selain menjadi web hosting VPS juga bisa digunakan untuk menghubungkan layanan of things atau (IOT). 

Sistem Operasi 

Untuk tips memilih layanan VPS selanjutnya adalah harus memperhatikan sistem operasi yang tersedia. Sistem operasi menjadi salah satu faktor penting untuk di ketahui terlebih dahulu, karena ada juga beberapa penyedia jasa layanan VPS yang hanya bisa di lakukan dalam satu sistem operasi saja dan akan tetapi juga ada juga layanan VPS yang menyediakan kedua sistem operasi Windows dan Linux. 

Ketika anda memasang agar lebih mendapatkan hasil maksimal bisa menggunakan sistem operasi windows dan tentunya server yang digunakan juga windows. Saat ini untuk penyedia layanan jaringan VPS sangat susah di temukan dan kebanyakan VPS dengan jaringan Linux. 

RAM dan CPU 

Pada tips memilih layanan VPS  tentunya akan menambahkan beberapa jumlah situs dari website di dalam nya dan untuk jumlahnya cukup banyak sampai dengan ratusan bahkan ribuan. 

Baca Juga Berikut : Cara Agar IP VPS Tidak Terdeteksi Spam

Selain itu, pada tips memilih layanan VPS dengan memperhatikan RAM dan CPU bisa juga menambahkan beberapa sekaligus. Akan tetapi hal yang perlu di ingat oleh anda bahwa kapasitas dari RAM dan CPU ada batas maksimal nya. 

Untuk batasan pada RAM dan CPU bergantung pada paket yang akan digunakan. Sedangkan untuk VPS bisa dikatakan efektif bisa berjalanan di layanan di kapasitas 4 GB. Semakin tinggi paket RAM dan CPU yang digunakan, maka semakin banyak pula situs web yang bisa di tambahkan tanpa harus mengalami overload. 

Baca Juga :  4 Cara Menghapus Akun Instagram Secara Permanen & Lupa Password

Penyimpanan 

Trik memilih layanan VPS pada penyimpanan memiliki dua tipe yang di tawarkan oleh anda yaitu hard disk dan atau (Solid State ). Ketika anda memilih penyimpanan menggunakan hard disk maka akan di kenakan biaya lebih murah. Akan tetapi lebih bisa maksimal lagi ketika menggunakan jaringan layanan VPS dengan menggunakan SSD. 

Penyimpanan SSD mempunyai kecepatan lebih tinggi dibandingkan penyimpanan tradisional. Selain itu, pada tahap ketahanan dalam menangani kegagalan pada saat menggunakan SSD menjadi faktor positif ketika menggunakan layanan jaringan VPS. 

Anggaran Biaya 

Pada saat akan menggunakan jaringan layanan VPS maka anda harus memperhatikan mengenai biaya yang harus di keluarkan oleh para penggunanya. Untuk tips memilih layanan VPS anda harus menyesuaikan anggaran sudah di tetapkan dan melihat-lihat terlebih dahulu beberapa tawaran yang diberikan oleh para penyedia layanan tersebut. 

Ada beberapa layanan VPS yang mempunyai harga tinggi sampai dengan rendah, untuk harga yang diberikan mulai sekitar Rp.100.000,00 dan tertinggi mencapai di Rp.10.000.000,00. 

Hal penting harus di ketahui juga adalah anda jangan sampai ragu ketika harus mengeluarkan biaya lebih banyak karena layanan jaringan VPS tidak sesuai dengan spesifikasi. 

Jangan sampai anda memaksa budget dalam membeli sebuah jaringan VPS dengan spesifikasi terbaik akan tetapi spesifikasi hanya standar, sehingga masih membutuhkan bantuan server layanan lain agar lebih bisa berjalan secara maksimal. 

Baca Juga Artikel Berikut : 10+ Alasan Mengapa VPS Dewabiz Terbaik

Saat ini anda tidak perlu merasa kebingungan lagi ketika harus memilih jaringan VPS karena ada banyak solusi yang bisa kamu lakukan dan salah satunya adalah membaca penjelasan di atas mengenai beberapa tips memilih layangan VPS, semoga dapat memberikan manfaat dan wawasan untuk anda.