fbpx

Daftar Cloud Depa by Dewabiz - Dapatkan Saldo Gratis Secara Cuma Cuma!

VPS

Bizzie Harus Tahu, Begini Cara Membuat Subdomain di VPS!

Wiliam

Cara membuat subdomain di VPS menjadi sebuah ilmu dasar yang perlu diketahui, lho, Bizzie! Sebuah website yang dikelola tentu harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Hal ini dilakukan agar laman tersebut terlihat menyenangkan dan memudahkan pengunjungnya. Tentunya Bizzie paham, sebuah website yang rumit akan terlihat menjengkelkan.

Seperti yang sudah Bizzie ketahui, menyusuri website menjadi kegiatan yang sudah sangat lumrah dilakukan. Bahkan setiap harinya, pasti Bizzie sempatkan untuk berselancar. Lalu apakah Bizzie mengetahui hal yang membuat sebuah website terlihat menarik? Jika belum, maka simak cara membuat subdomain di VPS di bawah ini!

Langkah Sebelum Memahami Cara Membuat Subdomain di VPS

Sebuah website tentu tidak bisa terlepas dari domain dan juga subdomain. Domain dan subdomain menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Kedua hal ini dimanfaatkan oleh Bizzie dalam mengatur website agar mudah dan nyaman untuk dilihat. Selain membuat domain, perlu diketahui pula cara membuat subdomain di VPS.

Sebelum memasuki bagian tentang cara membuat subdomain di VPS, Bizzie perlu mengetahui terlebih dahulu fungsi dari subdomain. Subdomain memiliki bermacam-macam kegunaan. Salah satunya adalah mengelola sebuah website yang dimiliki oleh Bizzie. Misalkan jika Bizzie memiliki website sekolah, maka dapat mengatur subdomain khusus seperti dokumentasi kegiatan, kemudian struktur organisasi, dan sebagainya.

Dengan begitu, website yang sudah ada dapat dikembangkan agar bisa diakses dan dilihat dalam versi mobile atau akses ponsel. Tidak hanya itu, pengaturan bahasa yang beragam dalam laman tersebut juga bisa diatur! Kenyamanan dalam mengakses website ini tentu akan semakin mempermudah sobat Bizzie lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara membuat subdomain di VPS.

Cara Membuat Subdomain di VPS dengan Menggunakan Webmin

Terdapat berbagai cara membuat subdomain di VPS yang bisa diikuti oleh sobat Bizzie. Salah satunya adalah dengan melalui Webmin. Webmin merupakan salah satu panel yang biasa digunakan untuk membuat subdomain. Kelebihan dari menggunakan panel ini adalah sifatnya yang tidak bisa langsung sehingga tidak hanya subdomain saja yang bisa dibuat.

1. Melakukan Step Awal Berupa Login

Langkah paling awal yang harus Bizzie lakukan adalah memastikan bahwa Apache Web Server sudah terinstal. Sesudah terpasang maka Apache webserver harus berjalan atau running di VPS milik Bizzie. Selain itu Bizzie juga harus mengunduh Webmin di VPS Centos atau Debian. Hal ini menjadi salah satu bagian dari cara membuat subdomain di VPS melalui Webmin.

Setelah itu, Bizzie perlu memasukkan 2 command secara berurutan. Command pertama adalah “mkdir/home/sub.domain.com/” dan command kedua adalah “mkdir/home/sub.domain.com/www/exit”. Setelah itu, Bizzie dapat login ke Webmin di VPS Centos atau Debian, dan memilih menu Server kemudian opsi Apache Web Server.

2. Melakukan Step pada Webmin

Setelah login dan memilih opsi Apache Web Server, cara membuat subdomain di VPS yang selanjutnya adalah memilih menu “Create virtual host”. Pada opsi “Document root”, Bizzie ketik folder via putty atau /home/sub.domain.com/www/. Kemudian pada opsi “Server name”, Bizzie dapat ubah nama situs dengan subdomain yang diinginkan. Formatnya adalah sebagai berikut: subdomain.com.

Langkah selanjutnya adalah memilih opsi “Create new” dan klik opsi “Apply Changes” yang terletak di pojok kanan atas. Langkah terakhir adalah membuat A Records pada subdomain. Setelah seluruhnya Bizzie terapkan, maka tunggu beberapa saat. Secara otomatis, subdomain pun sudah siap untuk digunakan.

Cara Membuat Subdomain di VPS dengan Menggunakan Webuzo

Tidak hanya melalui Webmin saja, cara membuat subdomain di VPS juga bisa dilakukan melalui Webuzo. Pembuatan subdomain dengan Apache harus melalui konfigurasi virtual host. Namun dengan server Webuzo pengaturan bisa Bizzie lakukan dengan lebih simpel sehingga memudahkan proses pembuatan subdomain.

Langkah pertama yang harus Bizzie lakukan dalam cara membuat subdomain di VPS adalah melakukan login ke dalam panel Webuzo milik Bizzie. Setelah itu, Bizzie pilih menu “Domain” dan klik opsi “Add on Domain”. Bizzie harus menulis nama domain, kemudian pada kolom di bawahnya Bizzie hanya perlu menambah kata ‘sub’ tepat di depan nama domain. Kemudian klik opsi “Add Domain”

Setelah itu, Bizzie harus memastikan bahwa nama server VPS sudah diupdate ke dalam domain tersebut. Setelah menunggu beberapa saat hingga propagasi selesai, domain sudah bisa diarahkan ke VPS. Sungguh langkah yang sangat mudah, bukan? Mulai sekarang, Bizzie dapat mengubah subdomain website sendiri.

Cara Membuat Subdomain di VPS dengan Menggunakan cPanel

Cara membuat subdomain di VPS selanjutnya adalah dengan menggunakan server cPanel. Seperti kedua cara di atas, langkah pertama yang harus Bizzie lakukan yaitu masuk atau login ke dalam cPanel. Setelah itu, baru bisa melanjutkan ke step berikutnya. Bizzie dapat memilih icon “Subdomains”.

Setelah itu, Bizzie harus memasukkan prefix yang berasal dari subdomain baru. Nama domain tersebut harus berhubungan dengan subdomain yang sudah Bizzie pilih. Setelah itu sebuah direktori dengan nama sama persis dengan nama subdomain Bizzie akan otomatis muncul. Nama dari direktori tersebut bisa Bizzie ubah kapanpun. Langkah terakhir adalah klik opsi “Create”. Maka subdomain baru pun sudah hadir.

Demikian sekilas informasi khusus untuk Bizzie mengenai cara membuat subdomain di VPS. Setelah mengetahui informasi ini, Bizzie bisa mulai kembali untuk mengembangkan website orisinil karya Bizzie! Tidak lupa untuk terus belajar dan mengupdate ilmu agar laman buatan Bizzie semakin menarik, ya!

Baca Juga